englishvit.com - Informasi beasiswa kali ini datang dari negara Uni Eropa, yaitu Erasmus+. Beasiswa Erasmus+ merupakan program Uni Eropa (UE) bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga yang diberikan khusus untuk mahasiswa, doktor dan dosen yang berminat melanjutkan studi, mengajar atau melakukan penelitian di Eropa. Beasiswa ini memberi kesempatan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2/S3 di 2 atau lebih negara yang ada di Eropa.

Program-program yang Ditawarkan Beasiswa Erasmus+

Erasmus Mundus Joint Master Degrees (EMJMD)

Merupakan salah satu program dari Erasmus+. Program ini dibuka untuk mahasiwa S1 yang ingin melanjutkan studi di 2 negara Eropa atau lebih. Program Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degrees terdiri dari 60-120 European Credit Transfer System (ECTS) dengan masa kuliah selama 1-2 tahun.

Adapun program studi yang bisa diambil, meliputi: Ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informatika, pendidikan dan pengajaran, teknik, humaniora, hukum, dan lainnya.

Erasmus Mundus Joint Doctorate Degrees (EMJD)

Sama seperti program Master, program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa S2 yang ingin melanjutkan studi di 2 negara atau lebih di Eropa.

Persyaratan Beasiswa Erasmus+

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  • Mahasiswa Internasional.
  • Tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota Uni Eropa manapun.
  • Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dan lainnya) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di negara anggota Uni Eropa.
  • Telah menyelesaikan pendidikan tingkat kesarjanaan yang relevan sebelum batas waktu pendaftaran program EMJMD atau EMJD.
  • Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus+.
  • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa, termasuk Indonesia.
  • Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun.
  • Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;
  • Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian

Cakupan Biaya Beasiswa Erasmus+

Beasiswa Erasmus+ ini termasuk kategori fully funded yang menanggung seluruh biaya kamu selama studi, mulai dari biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dan biaya akomodasi. Adapun rincian biaya tanggungan beasiswa terdiri dari:

  • Untuk program mahasiswa S-2: € 24.000 per mahasiswa/i tahun atau € 48.000 per mahasiswa/i untuk jangka waktu dua tahun.
  • Untuk program mahasiswa S-3, masing-masing kandidat: € 7.500 (biaya perjalanan), tanpa tugas laboratorium: € 10.800 (36 bulan) – dengan tugas laboratorium: € 21.600 (36 bulan), Kontrak kerja € 2.800/ bulan atau tunjangan € 1.400/ bulan
  • Untuk para akademisi: sebesar € 14.800 per orang / 3 bulan (akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dan lainnya).

Kapan Program Beasiswa Erasmus+ dibuka?

Pada umumnya, beasiswa ini dibuka antara bulan Oktober-Januari. Namun setiap program studi memiliki ketentuan dan persyaratan berkas yang berbeda-beda.

Jadi pastikan kamu mengunjungi situs EMJMD pilihan kamu untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Katalog EMJMD 

Itulah penjelasan mengenai Beasiswa Erasmus+. Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Tetapkan terlebih dahulu jurusan, universitas, atau negara yang kamu minati.
  • Lihat jumlah kuota beasiswa dari konsorsium. Semakin banyak lebih baik.
  • Lihat apakah Anda memenuhi kriterianya.
  • Salin alamat website, brosur, email, atau telpon, untuk login/komunikasi sewaktu-waktu.
  • Mendaftar lebih cepat lebih baik.

Kalau kamu ingin mendaftar beasiswa di luar negeri, pastikan juga kamu sudah mempunyai sertifikat bahasa TOEFL karena hampir kebanyakan beasiswa meminta dokumen persyaratan berupa sertifikat TOEFL/IELTS. 

Ngomongin TOEFL, kalau kamu ingin tahu jumlah skor TOEFL kamu saat ini, kamu bisa coba nih ikut program Tes TOEFL Online dari englishvit.

Tes TOEFL Online ini setara dengan program TOEFL ETS dan juga kamu akan mendapat sertifikat yang diakui secara nasional lho!

Kamu bisa langsung cek situs englishvit.com dan melihat program Tes TOEFL Online yang ingin kamu ambil. Jika kamu ingin mengetahui berapa skor kamu saat ini ataupun ingin melamar pekerjaan dan membutuhkan persyaratan TOEFL, langsung aja cek program Tes TOEFL nya yaa.