Dapet undangan kerja interview kerja pakai bahasa Inggris? Ini dia hal-hal yang perlu kamu persiapkan agar sukses lolos interview kerja. Interview kerja pakai bahasa Inggris udah bukan lagi jadi hal yang baru. Nggak cuma perusahaan internasional lho, sudah banyak juga perusahaan lokal dari Indonesia yang ngewajibin pelamarnya buat dateng dan ikut interview tapi pakai bahasa Inggris.

 

Supaya nggak gugup saat interview kerja, coba deh ikutin tips-tips dari Englishvit berikut ini. Check it out!

 

 

Sebelum interview

Jadwal interview kerja pasti diberitahukan beberapa hari sebelum interview. Nah, kamu bisa manfaatin beberapa hari ini untuk nyiapin diri dan mental buat interview yang akan datang. Ini dia tips yang Englishvit rekomendasiin buat kamu lakuin sebelum ikut interview kerja.

 

1. Mencari tahu informasi tentang perusahaan

Step ini penting banget buat kamu lakuin sebelum wawancara kerja. Pastiin sebelum interview, kamu sudah riset dan paham betul tentang seluk beluk perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Dengan riset informasi, kamu jadi bisa menjawab pertanyaan dengan lebih lancar karena sudah paham dengan apa yang interviewer maksud. Kalau informasi tentang perusahaan dan posisi hanya ada dalam bahasa Inggris, kamu jadi punya waktu untuk menerjemahkan dan memahaminya.

 

2. Hafalkan kosakata tentang pekerjaan yang kamu lamar

Tiap posisi kerja di perusahaan pasti punya istilah-istilah tertentu yang spesifik sesuai dengan pekerjaannya. Ada baiknya kamu mencari tahu dan menghafalkan kosakata bahasa Inggris itu. Tips ini bakalan ngebantu waktu kamu jawab pertanyaan. Interviewer pasti sekali atau dua kali pasti akan bertanya hal-hal teknis tentang pekerjaan yang kamu lamar. Jika kamu tidak tahu istilah-istilah itu dalam bahasa Inggris, kamu bisa kebingungan saat menjawab pertanyaan nantinya.

 

 

3. Latihan menjawab pertanyaan interview sendiri

Tips ini adalah tips terpenting buat lolos interview kerja, yaitu perbanyaklah latihan atau ngelakuin mock up interview. Apa sih fungsinya? Supaya kamu terbiasa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kira-kira bakal muncul di interview. Tips ini juga bakal berguna banget ngilangin nervous karena kamu dateng di interview dengan keadaan siap. Kalau kamu lancar jawab pertanyaannya, hal ini juga bakal jadi nilai plus buat kamu lho!

 

4. Menyiapkan pertanyaan untuk interviewer

Sebelum interview berakhir, biasanya interviewer akan ngasih kamu kesempatan buat bertanya tentang perusahaan, atau tentang pekerjaan yang kamu lamar. Manfaatin kesempatan ini buat ‘cari muka’ dengan interviewer, kalau kamu bener-bener excited dan pengen kerja dengan perusahaan itu. Kamu bisa tanya tentang gaji, jam kerja, working environment, pengumuman hasil interview, dan lain-lain. Dengan nyiapin pertanyaan, kamu nggak bakal bingung lagi nantinya saat dikasih kesempatan nanya.

 

 

Saat interview

Waktu hari H interview ada juga beberapa hal yang wajib kamu ketahui dan persiapkan lho.

 

1. Usahakan untuk tepat waktu dan well prepared

Interview kerja adalah cara kamu untuk memperkenalkan diri ke perusahaan. Jadi, kamu harus meninggalkan kesan baik pula saat interview! Jangan sampai terlambat datang! Pastikan kamu sudah siap 30 menit sebelum interview dimulai. 

 

Cek koneksi internet kamu jika interview kerja diadakan lewat video call. Dan jangan lupa pula untuk berpakaian yang rapi dan sopan. Kalau ada, pastikan kamu memakai pakaian yang sesuai panduan dresscode interview dari perusahaan. 

 

2. Dengarkan baik-baik pertanyaan dari pewawancara

Nervous saat interview kerja itu wajar kok. Tapi jangan sampai rasa nervous kamu itu bikin kamu ngeblank dan jadi nggak fokus dengan pertanyaan yang diberikan oleh recruiter. Keep calm and focus! Jangan sampai kamu menjawab b, padahal recruiter nanyain a. Interview ini mungkin bakal jadi usaha terakhir kamu buat dapet kerja. So, do your best!

 

 

Sesudah Interview

Proses interview kamu nggak begitu aja selesai setelah kamu interview lho. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah wawancara kerja selesai.

 

1. Mengirimkan ucapan terimakasih ke pewawancara

Setelah wawancara selesai, kamu bisa pakai momentum ini buat mencuri perhatian HRD dengan mengirimkan ucapan terima kasih, lho! Sebutkan dalam pesan atau email yang akan kamu kirimkan kalau kamu menghargai kesempatan interview yang sudah diberikan oleh perusahaan. Tinggalkan impresi baik ke recruiter kalau kamu adalah calon karyawan yang sopan.

 

2. Menanyakan kelanjutan hasil interview

Kalau HRD belum juga memberikan kamu kabar tentang hasil wawancara yang sudah kamu lakukan di waktu yang sudah dijanjikan, kamu bisa lho menanyakannya langsung dengan HRD tersebut. Menanyakan hasil interview pun juga ada aturannya lho. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri dan menyebutkan tanggal interview yang sudah kamu lakukan sebelumnya, agar mempermudah HRD mencari informasi tentang diri kamu.

 

 

Nah, itu dia tips-tips yang bisa kamu lakuin buat persiapan interview kerja pakai bahasa Inggris. Semoga tips-tips di atas bisa bantu kamu lolos buat dapet pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan.

 

Buat para fresh graduate yang baru pertama kali akan ikut interview kerja, pasti kalian sering mengalami beberapa hal ini:

  • Cemas tidak bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara
  • Tidak percaya diri dengan pengalaman diri sebelum mendaftar kerja
  • Kurang paham cara menghubungi recruiter
  • Takut kurang persiapan saat interview

 

Masalah-masalah di atas bisa diatasi kalau kamu ikut program Job Interview Hack di Englishvit, lho! Apa itu program Job Interview Hack? Job Interview Hack adalah program khusus yang dibuat untuk mengupas tuntas tips persiapan interview kerja dengan bahasa Inggris. 

 

Program ini dibuat langsung oleh HRD yang sudah berpengalaman menginterview pelamar kerja, lho! Jadi, materi interview kerja yang diberikan pun pasti valid dan akan sangat membantu kamu untuk lolos ke tahap penerimaan kerja selanjutnya. 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Job Interview Hack, yaitu:

  • Cara mengirim email agar dibaca oleh HRD 
  • Kisi-kisi cara menjawab pertanyaan HRD dengan tepat saat interview
  • Trik ‘menjual’ pengalaman diri ke HRD
  • Persiapan agar sukses lolos interview kerja

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program Job Interview Hack Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Job Interview Hack

 

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, tapi pengen tanya-tanya lagi info seputar program Job Interview Hack, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS.