Kamu punya mimpi untuk kuliah di luar negeri? Atau kerja di luar negeri? Salah satu skill yang wajib kamu persiapkan sebelum tinggal di luar negeri adalar skill speaking atau skill ngobrol dengan bahasa Inggris.

 

Kenapa skill speaking itu penting? Skill ini nantinya akan membantu kamu untuk survive lho. Kalau kamu lancar ngobrol bahasa Inggris, kamu bisa bertanya dan mendapat informasi dengan lebih mudah. Gimana caranya supaya bisa lancar ngobrol pakai bahasa Inggris? Yuk, simak tips and trick-nya di bawah ini!

 

Tips Lancar Ngobrol Bahasa Inggris Sehari Hari Buat Pemula!

 

1. Cobalah untuk relax saat speaking

Sebenernya nervous atau gugup saat ngobrol dengan orang lain itu wajar banget terjadi, apalagi ngobrol pakai bahasa Inggris tingkat nervous-nya bisa makin tinggi lagi. Supaya lancar saat ngobrol pakai bahasa Inggris, cobalah untuk santai. 

 

Kalau kamu santai hal-hal yang sedang kamu pikirkan akan lebih mudah diucapkan. Tapi kalau kamu panik, biasanya perkataan yang ingin diucapkan akan sulit keluar karena panik. So, try to relax when you’re in a conversation! 

 

Ngobrol bahasa Inggris bukanlah ujian speaking bahasa Inggris kok lho, jadi kamu nggak perlu nervous dan panik! Just be confident!

 

Buat antisipasi supaya nggak grogi waktu speaking pakai bahasa Inggris, Englishvit juga punya video tips yang bisa bantu kamu ngatasin grogi saat speaking. Langsung aja klik video di bawah ini ya!

 

 

2. Hafalkan lebih banyak lagi vocabulary

Tips yang kedua yaitu hafalkan vocab sebanyak mungkin! Penguasaan vocabulary ini juga berpengaruh dengan tips selanjutnya lho. Apa kira-kira pengaruhnya? Jadi, gini, kalau kamu nggak hafal banyak vocab bahasa Inggris. Bisa ditebak kalau kamu akan nervous saat speaking. Cara ngobrol bahasa Inggris kamu pun jadi tidak lancar.

 

Baca juga: Cara Mudah Menghafal Vocabulary

 

Ditengah-tengah obrolan kamu pasti akan sering bilang a, e, a, e (filler). A, e, a, e yang kamu ucapkan saat ngobrol itu bisa membuat orang yang mendengar ucapanmu jadi tidak mengerti dengan apa yang kamu bicarakan. 

 

Build your vocabulary! Hafalkan lebih banyak lagi vocab bahasa Inggris agar saat ngobrol kamu tidak banyak berhenti untuk memikirkan kata apa yang harus dipakai saat speaking!

 

 

3. Luangkan waktu untuk rutin praktik

Cara paling ampuh untuk lancar saat ngobrol bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak praktik. Dengan praktik kamu akan jadi terbiasa membuat kalimat bahasa Inggris sambil mengucapkannya. 

 

Cara ini juga akan melatih kamu untuk berpikir dengan bahasa Inggris. Seringnya orang-orang kesulitan saat ngobrol dengan bahasa Inggris karena harus nge-translate kata ke bahasa Inggris. Praktik bisa mempercepat proses kamu membuat dan mengucapkan kalimat bahasa Inggris.

 

Praktik ngobrol pakai bahasa Inggris nggak cuma bisa melatih skill speaking lho, tapi juga bisa sekaligus ngelatih skill listening memahami kalimat orang lain yang bicara dengan bahasa Inggris. 

 

 

Praktik harus dilakukan sesering mungkin ya. Carilah orang yang bisa bahasa Inggris dan mau diajak ngobrol dengan bahasa Inggris. Lakukan beberapa hal ini saat kamu praktik ngobrol dengan bahasa Inggris.

 

4 Kunci Penting saat Praktik Speaking Bahasa Inggris!

 

1. Tirukan cara bicara native speakers

Meniru native speakers saat bicara cocok untuk kamu yang kurang pede karena punya aksen bahasa Indonesia yang kental. Bagaimana caranya agar bisa terdengar seperti native? Caranya bisa dilakukan dengan nonton interview atau wawancara berbahasa Inggris di YouTube. 

 

Dari video itu kamu bisa mempelajari gerak-gerik, ekspresi wajah, bentuk mulut native speakers di video. Saat mengucapkan kalimat atau kosakata tertentu saat dua orang sedang bercakap-cakap. Kamu bisa meniru pronunciation yang ada di video untuk dipraktikkan agar suara kamu terdengar seperti native speakers asli dan tidak medok lagi.

 

2. Obrolkan topik-topik yang kamu sukai

Saat membicarakan yang hal-hal yang disukai, kamu pasti akan lebih banyak ngomong dan excited karena sedang membicarakan hal-hal yang relatable banget buat kamu. Saat ngobrol pun, kita sering lupa waktu karena asyik dengan topik yang kita suka. 

 

Nah, kamu bisa terapkan cara ini saat belajar conversation, lho. Bukalah obrolan tentang hal-hal yang kamu dan partner latihan speaking kamu sukai seperti hobi, makanan kesukaan, pengalaman liburan, dan lain-lain, sehingga percakapanmu dengan bahasa Inggris akan berlangsung lama.

 

 

3. Gunakan bahasa gaul dalam bahasa Inggris

Bahasa gaul dalam bahasa Inggris biasanya disebut slang. Penggunaan slang ini bisa membuat kamu terdengar makin mirip dengan native speakers lho. Selain itu, saat baru mulai belajar bahasa Inggris, kebanyakan orang sering hanya fokus dengan grammar. 

 

Akibatnya banyak juga orang yang merasa takut speaking karena takut salah grammar. Grammar sebenarnya penting untuk dipelajari, tapi jika speaking grammar bukanlah segalanya. Yang terpenting, kamu bisa menyampaikan informasi ke lawan bicara dengan jelas.

 

Kebanyakan native speakers menggunakan slang saat sedang ngobrol apalagi untuk komunikasi sehari-hari. Ada baiknya kamu membiasakan diri dengan slang yang digunakan oleh native speakers saat mereka berbicara agar makin lancar saat speaking.

 

4. Mencari partner latihan speaking yang suportif

Pernah nggak lagi latihan ngomong pake bahasa Inggris terus dikatain sok Inggris? Semoga kamu nggak pernah mengalaminya, ya. Saat kamu sedang belajar bahasa Inggris, kamu perlu banget cari partner yang sedang belajar bahasa Inggris juga. Jadi, kalian bisa saling mensupport satu sama lain. 

 

Partner latihan kamu juga bisa membantu kamu mengoreksi kesalahan kamu saat bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Setiap percakapan bahasa Inggris yang kamu lakukan akan membantu meningkatkan kemampuan speaking kamu dari waktu ke waktu. Be proud of your progress, guys!

 

Nah, itulah beberapa tips dan cara-cara yang bisa kamu lakukan agar cepat lancar ngobrol bahasa Inggris untuk keperluan percakapan sehari-hari. Jangan lupa untuk mempraktikkan tips-tips di atas agar skill speaking kamu cepat meningkat seperti native speaker!

 

Buat kalian yang pengen jago speaking buat percakapan sehari-hari, Englishvit punya program Daily Conversation lho yang cocok buat kamu. Kelas Daily Conversation didesain khusus buat membantu kamu meningkatkan speaking skill buat komunikasi sehari-hari. 

 

Di program Daily Conversation, kamu akan dapat materi dan bisa belajar speaking dengan langsung praktik dengan materi lengkap dan topik percakapan yang paling sering dipakai percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

 

Hanya dalam waktu 1 bulan aja, kamu udah bisa lancar speaking lho! Setelah ikut kelas Daily Conversation, kamu dijamin bisa:

  • Lebih percaya diri untuk ngomong pakai bahasa Inggris
  • Pengetahuan vocabulary dan expressions sehari-hari makin bertambah
  • Tidak kesulitan memahami percakapan bahasa Inggris
  • Pronunciation semakin lancar

 

Menarik, kan? Tunggu apalagi? Langsung aja klik DI SINI buat join program Daily Conversation

 

Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa langsung menghubungi admin di bawah ini untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai jumpa di kelas!