Ini dia contoh deskripsi diri untuk CV dalam bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan. Deskripsi diri biasanya ada pada bagian paling atas dalam CV.

 

Bagian ini adalah perkenalan singkatmu kepada HRD untuk menunjukkan kalau kamu pantas mendapat pekerjaan yang kamu lamar. Dalam bahasa Inggris, deskripsi diri dikenal dengan istilah resume summary.

 

Biasanya deskripsi diri hanya terdiri dari 3 sampai 5 baris yang berisi rangkuman skill, pengalaman, dan pencapaian kamu yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar. Sebelum ke bagian contoh, yuk kita bahas terlebih dahulu hal-hal yang biasa dituliskan dalam deskripsi diri CV.

 

Hal-hal yang perlu ditulis dalam deskripsi diri CV

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, deskripsi diri adalah rangkuman singkat dari CV-mu. Karena merupakan sebuah rangkuman, jadi bagian ini tidak perlu ditulis banyak-banyak ya cukup singkat aja. Apa saja yang harus dicantumkan dalam deskripsi diri CV?

 

1. Tuliskan jabatan atau pengalaman kerja, magang, atau organisasi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar

2. Menyebutkan skill atau kemampuan yang kamu miliki yang mendukung posisi yang kamu lamar

3. Jelaskan secara singkat tugas yang kamu lakukan selama bekerja, magang, atau berorganisasi untuk membantu perusahaan mencapai target

4. Sebutkan pencapaian selama bekerja yang pernah kamu dapatkan (contoh: menaikkan followers IG perusahaan sebanyak 500 ribu dalam 2 minggu)

 

Tips menulis deskripsi diri dalam CV

Mencari pekerjaan memang nggak mudah. Puluhan bahkan ratusan orang saling berebut buat dapetin satu posisi pekerjaan. So, CV yang kamu buat harus outstanding sebisa mungkin untuk bisa menarik perhatian recruiter agar memilih kamu sebagai kandidat terpilih. Terapkan beberapa tips ini saat menulis deskripsi diri CV.

 

a. Awali deskripsi diri dalam CV mu dengan profesimu. Kalau kamu fresh graduate kamu bisa sebutkan gelar dan universitas tempat kamu belajar.
b. Tuliskan secara spesifik tentang pencapaian dan kontribusimu di pekerjaan atau pengalaman sebelumnya.
c. Menggunakan kalimat simple past tense (bentuk lampau) dengan sudut pandang orang ketiga (third person)
d. pastikan poin-poin yang ada dalam deskripsi diri CV relevan atau nyambung dengan pekerjaan yang kamu lamar.
e. Jangan bohong!

 

Setelah tahu hal-hal apa saja yang perlu disebutkan dalam deskripsi diri CV dan tips and trick cara menulis deskripsi diri CV, yuk langsung aja kita ke bagian yang paling kalian tunggu-tunggu yaitu contoh teks deskripsi diri untuk CV. Check it out!

 

 

Contoh Deskripsi Diri Bahasa Inggris untuk CV

 

Contoh 1

Recently graduated with a degree in business administration and a GPA of 3.5 looking for a position as a Sales Admin.

 

Having great communication skills, both oral and written, with a basic understanding of sales and marketing. Capable of working in a fast-paced and demanding environment.

 

(Artinya: Baru saja lulus dengan gelar di bidang administrasi bisnis dan IPK 3,5 mencari posisi sebagai Admin Penjualan. 

 

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dengan pemahaman dasar tentang penjualan dan pemasaran. Mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan menuntut.)

 

 

Contoh 2

Enthusiastic, highly-motivated Economics student with proven leadership capabilities, who likes to take initiative and seek out new challenges.

 

(Artinya: Mahasiswa Jurusan Ekonomi yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, suka mengambil inisiatif dan mencari tantangan baru.)

 

Contoh 3

Experienced Customer Service Representative with over 3 years of professional experience assisting customers in solving issues. 

 

Awarded Employee of the Month three times. Keen to support Englishvit in becoming a Sales Admin through proven customer support skills.

 

(Artinya: Customer service berpengalaman dengan lebih dari 3 tahun pengalaman profesional membantu pelanggan dalam memecahkan masalah. Dianugerahi karyawan terbaik sebanyak tiga kali. 

 

Ingin mendukung Englishvit untuk menjadi Admin Penjualan melalui keterampilan dukungan pelanggan yang telah terbukti.)

 

 

Contoh 4

A recent graduate with a degree in  Elementary School Teacher Education with a teaching certification, capable of teaching math and English to children between the ages of 7 and 18 years old. 

 

Highly adept at various teaching techniques and ensures quality teaching by following the standards, while making the learning environment fun and conducive to learning.

 

(Artinya: Lulusan baru dengan gelar Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan sertifikasi mengajar, mampu mengajar matematika dan bahasa Inggris untuk anak-anak antara usia 7 sampai 18 tahun.

 

Sangat mahir dalam berbagai teknik pengajaran dan memastikan pengajaran berkualitas dengan mengikuti standar, sambil membuat lingkungan belajar menyenangkan dan kondusif.)

 

 

Contoh 5

Hard-working house-keeper with 3+ years of experience. Having experiences in working as a house-keeper in hotels, as well as private residences. 

 

Proven having great time-management skills and deep familiarity with all cleaning materials and tools.

 

(Artinya: Pengurus rumah tangga pekerja keras dengan pengalaman 3+ tahun. Pengalaman masa lalu termasuk bekerja sebagai pengurus rumah tangga di hotel, serta tempat tinggal pribadi. 

 

Terbukti memiliki keterampilan manajemen waktu yang hebat dan familiar dengan semua bahan dan alat pembersih.)

 

Nah itu dia contoh-contoh teks deskripsi diri yang biasa dipakai dalam CV. Kamu bisa memakai contoh-contoh teks di atas untuk dipakai di CV kamu lho. Kamu hanya perlu mengganti informasi sesuai dengan informasi diri kamu.

 

Membuat deskripsi diri di CV akan lebih mudah lagi kalau kamu bisa bahasa Inggris lho. Jago bahasa Inggris sekarang ini juga sering jadi syarat untuk mendaftar pekerjaan. Tertarik untuk belajar bahasa Inggris bersama Englishvit? 

 

Yuk, konsultasikan kebutuhanmu dan kesulitanmu saat belajar bahasa Inggris secara GRATIS bersama admin di Englishvit. Klik DI SINI menghubungi admin! See you in one of our classes!