Cara mengubah active sentences menjadi passive sentences dalam bahasa Inggris sebenernya nggak susah lho! Kalimat pasif dalam bahasa Inggris sering disebut passive voice atau passive sentence

 

Kalimat dalam bahasa Inggris umumnya ditulis dalam struktur kalimat aktif lho. Lalu, apa fungsi dari penggunaan passive voice? Dalam passive voice, kalimat tersebut lebih fokus untuk menerangkan hasil dari sebuah tindakan daripada subjek yang melakukan tindakan.

 

Bagaimana cara membuat kalimat pasif bahasa Inggris? Yuk, langsung aja simak penjelasannya di bawah ini!  

 

Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Pasif dalam Bahasa Inggris

Kalimat pasif dalam bahasa Inggris digunakan untuk mengubah fokus kalimat pada objek yang dikenai tindakan. Maka dari itu, semua kalimat yang akan diubah menjadi passive voice harus mempunyai objek. Jika tidak punya objek, otomatis kalimat itu tidak bisa dipasifkan.

 

Secara umum, kalimat bahasa Inggris selalu diawali dengan subjek yang merupakan orang atau benda yang melakukan sebuah tindakan. Dalam passive voice, susunannya akan dibalik 180 derajat! Objek di kalimat itu akan diubah menjadi subjek dalam kalimat bahasa Inggris.

 

Agar lebih paham, perhatikan contoh di bawah ini!

 

Kalimat aktif: I read a book. (Aku membaca buku)

Kalimat pasif: A book is read by me. (Sebuah buku dibaca olehku.)

 

Dalam contoh di atas, benda yang menerima tindakan adalah objek a book, dan yang melakukan tindakan adalah subjek I. Kita bisa mengubah kalimatnya dengan menjadikan a book sebagai subjek dalam kalimat pasif, karena benda tersebut yang dikenai tindakan.

 

Secara singkat, berikut adalah rumus untuk membuat kalimat pasif dalam bahasa Inggris.

 

Kalimat Aktif

S + VERB + OBJEK

Kalimat Pasif

S + TO BE + V3

 

Contoh kalimat pasif dalam bahasa Inggris

  • Kalimat aktif: He writes a poem for his girlfriend. (Dia menulis puisi untuk pacarnya.)

Kalimat pasif: This poem is written by him for his girlfriend. (Puisi ini ditulis olehnya untuk pacarnya.)

 

  • Kalimat aktif: Somebody else does his homework. (Orang lain yang mengerjakan PR nya.)

Kalimat pasif: His homework is done by somebody else. (PR nya dikerjakan orang lain.)

 

  • Kalimat aktif: I have bought a car. (Aku membeli sebuah mobil.)

Kalimat pasif: A car has been bought by me. (Sebuah mobil telah ku beli.)

 

Kalimat Bahasa Inggris yang Tidak Memiliki Bentuk Passive

Nggak semua kalimat aktif dalam bahasa Inggris bisa diubah dalam bentuk pasif lho! Ada pengecualian dalam beberapa tipe kalimat bahasa Inggris karena tidak bisa dipasifkan. Berikut adalah tipe-tipe kalimat bahasa Inggris yang tidak bisa diubah menjadi passive voice atau kalimat pasif.

 

1. Kalimat nominal

Kalimat nominal adalah kalimat yang terdiri dari subjek (subject) dan pelengkap (complement) tanpa kata kerja (verb). Dalam kalimat nominal, penggunaan to be berfungsi sebagai pengganti dari kata kerja untuk menghubungkan subjek dan pelengkap. 

 

To be yang berfungsi menjadi penghubung yaitu kata is, am, are, was, were, have, has, had, been, be. Jadi, tipe kalimat ini tidak bisa dipasifkan ya!

 

Contoh kalimat:

  • She is beautiful. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Dia cantik

  • My little sister is very clever. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Adik perempuanku sangat pintar.

  • We are very tired. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Kami sangat lelah.

 

2. Kalimat dengan intransitive verb

Kalimat bahasa Inggris yang menggunakan intransitive verb tidak memiliki objek ya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika sebuah kalimat tidak memiliki objek, maka kalimat itu tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif. 

 

Beberapa contoh dari intransitive verb, yaitu appear (muncul), agree (setuju), arrive (tiba), continue (melanjutkan), cry (nangis), die (mati), exist (ada), grow (tumbuh), happen (terjadi), leave (pergi), lie (bohong), listen (mendengarkan), panic (panik), smile (tersenyum) dan masih banyak lagi!

 

Contoh kalimat:

  • She smiled at me proudly. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Dia tersenyum bangga padaku.

  • She lied about her age. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Dia berbohong tentang usianya.

  • Manda agrees with him about this matter. (tidak bisa dipasifkan)

Artinya: Dia setuju dengannya tentang masalah ini.

 

Itulah penjelasan tentang cara mengubah kalimat aktif dalam bahasa inggris menjadi kalimat pasif. Ternyata gampang kan? Buat kalian yang pengen belajar lebih lanjut tentang aturan grammar khususnya yang sering dipakai saat speaking, yuk gabung kelas Grammar for Speaking di Englishvit!

 

Di kelas Grammar for Speaking kamu akan belajar dan memahami cara penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan. Setelah ikut kelas Grammar for Speaking, kamu dijamin bisa:

  • Tidak kesulitan memahami percakapan karena paham teori grammarnya
  • Nggak lagi diketawain orang karena salah grammar
  • Bisa ngomong cas cis cus karena nggak lagi takut membuat kalimat yang salah

 

Tertarik buat belajar bahasa Inggris bersama di Englishvit? Langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class Grammar for Speaking. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara GRATIS terkait program dengan admin DI SINI ya! See you in one of our classes!