Jadwal interview kerja udah di depan  mata, tapi kamu masih bingung juga caranya memperkenalkan diri waktu wawancara? Nggak perlu bingung lagi, di artikel ini Englishvit akan ngasih tahu kamu cara perkenalan diri untuk interview kerja. Tell me about yourself atau perkenalkan diri kamu bakalan jadi pertanyaan pertama dan pertanyaan wajib ditanyakan saat interview kerja oleh HRD.

 

Cara kamu menjawab pertanyaan ini krusial banget loh buat kelancaran interview. Kenapa sih cara kita memperkenalkan diri itu penting? Seperti saat kita memperkenalkan diri dengan orang baru, kita pasti ingin diingat dan diperhatikan. Begitu pula saat interview kerja, supaya kamu diingat oleh HRD, kamu harus menyiapkan jawaban yang memorable, impressive, and interesting agar bisa menarik perhatian HRD.

 

Sebelum masuk ke contoh cara memperkenalkan diri, kita bahas dulu yuk point-point informasi apa aja yang wajib ada saat kamu memperkenalkan diri. Check it out!

 

Hal-hal yang harus disebutkan saat memperkenalkan diri

 

 

1. Mengucapkan terima kasih atau salam

Sebagai awalan, kamu bisa mengucapkan terima kasih kepada interviewer atas kesempatan undangan interview kerja yang telah diberikan. Point pertama ini sebenarnya tidak harus disebutkan, tapi bisa jadi option lain agar terdengar lebih sopan oleh HRD. Kamu bisa menggantinya dengan mengucapkan salam, seperti good morning.

 

Contoh:

  • First of all I would like to thank you for giving me the chance to interview. (Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah memberi saya kesempatan untuk wawancara.)

 

  • Thank you so much for giving me the opportunity to join this interview. (Terima kasih banyak telah memberikan saya kesempatan untuk mengikuti wawancara ini.)

 

2. Menyebutkan nama

Kalau kamu tidak mau mencantumkan ucapan terimakasih, menyebutkan nama bakalan jadi hal pertama yang kamu lakukan saat perkenalan diri. Kamu bisa menyebutkan nama panjangmu dan nama panggilan mu lho. Supaya interviewer juga jadi tahu gimana cara manggil kamu dengan nyaman.

 

Contoh:

  • Let me introduce myself. I’m Toni Sugandi, and you can call me Gandi. (Izinkan saya memperkenalkan diri. Saya Toni Sugandi, Anda bisa memanggil saya Gandi.)

 

  • My name is Toni Sugangi. People usually call me Gandi. (Nama saya Toni Sugangi. Orang-orang biasanya memanggil saya Gandi.)

 

  • I’m Toni Sugandi. You can call me Gandi. (Saya Toni Sugandi. Anda bisa memanggil saya Gandi.)

 

 

3. Riwayat pendidikan terakhir

Kalau kamu fresh graduate, di bagian ini kamu hanya perlu menyebutkan jurusan kuliah, nama kampus atau universitas, dan tahun kelulusanmu. Kalau kamu sudah pernah kerja kamu bisa menyebutkan tempat terakhir kamu bekerja.

 

Contoh: 

  • I graduated from the University of Indonesia in 2020 with a major in Communication Studies. (Saya lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2020 dengan jurusan Ilmu Komunikasi.)

 

  • I am a fresh graduate majoring in English Literature from University of Indonesia. (Saya seorang lulusan baru jurusan Sastra Inggris dari Universitas Indonesia.)

 

4. Sebutkan skill atau kemampuan kamu

Jadikan part ini sebagai part dimana kamu ‘menjual’ skill yang kamu miliki, agar bisa diterima kerja pastikan skill yang kamu sebutkan ini adalah skill yang berhubungan atau nyambung dengan pekerjaan yang kamu lamar.

 

Contoh: 

  • I applied for this teacher position because I have all the teaching skills required for this job. (Saya melamar posisi guru ini karena saya memiliki semua keterampilan mengajar yang dibutuhkan  pekerjaan ini.)

 

  • Although I'm not an English graduate, I have adequate skill in both written and spoken English. (Meskipun saya bukan lulusan bahasa Inggris, saya memiliki keterampilan yang memadai dalam bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan.)

 

5. Pengalaman kerja atau organisasi yang relevan

Part ini bisa kamu gabung dengan menyebutkan skill yang kamu punya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, skill dan pengalaman kerja atau organisasi kamu harus saling nyambung satu sama lain. Jangan sampai daftar sebagai content writer tapi malah nyebutin pengalamanmu sebagai teacher. Big no banget!

 

Contoh: 

  • I am a member of a writing forum and I used to be the Head of the Forum for a year. I also won a National Writing Competition in 2019. Some of my articles are also published in national newspapers. I currently work as a freelance translator. (Saya adalah anggota forum kepenulisan dan saya juga pernah menjadi ketua forum tersebut selama setahun. Saya juga pernah memenangkan Lomba Karya Tulis Nasional pada tahun 2019. Beberapa artikel saya juga dimuat di surat kabar nasional. Saat ini saya bekerja sebagai penerjemah lepas.)

 

 

Nah, itu dia kurang lebih point-point yang harus ada saat memperkenalkan diri saat interview. Yuk, langsung aja kita masuk ke bagian contoh cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja pakai bahasa Inggris. Check it out!

 

Contoh cara memperkenalkan diri sebagai saat interview kerja

 

- Contoh 1

My name is Poppy Dewi Pertiwi. I'm a fresh graduate from Universitas Pendidikan Indonesia with a major in Elementary School Teacher Education. I have had several teaching experiences in the past. 

 

Before I graduated university, I was working as an English tutor for elementary students for 2 years. I have also actively joined community services in slum areas in Bandung to teach English to kids around that area since I was in my first year of university.

 

(Artinya: Nama saya Poppy Dewi Pertiwi. Saya lulusan baru dari Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Saya memiliki beberapa pengalaman mengajar. 

 

Sebelum saya lulus dari universitas, saya sudah bekerja sebagai tutor bahasa Inggris di sekolah dasar selama 2 tahun. Saya juga aktif mengikuti pengabdian masyarakat di daerah kumuh di Bandung untuk mengajar bahasa Inggris pada anak-anak di daerah itu sejak saya masih di tahun pertama perkuliahan.)

 

- Contoh 2

Thank you so much for giving me the opportunity to join this interview. I'm Budi Susanto. You can call me Santos. I am seeking an opportunity to work with Englishvit as English Teacher. My professional experience as a teacher leads me to want to work for your company.

 

I have a master degree in English Education. Over the past 7 years, I've worked as a teacher in a formal and informal setting. My biggest achievement is that I could train one of my students to be a champion in a national English speech competition. During this period, I have learned so much about how to create a better envirom=nment to teach English in a non-English speaking country.

 

(Artinya: Terima kasih banyak telah memberikan saya kesempatan untuk mengikuti wawancara ini. Saya Budi Susanto. Anda bisa memanggil saya Santos. Saya mencari kesempatan untuk bekerja dengan Englishvit sebagai guru bahasa Inggris. Pengalaman profesional saya sebagai guru membuat saya ingin bekerja untuk perusahaan Anda.

 

Saya memiliki gelar master dalam Pendidikan Bahasa Inggris. Selama 7 tahun terakhir, saya telah bekerja sebagai guru di lingkungan formal dan informal. Prestasi terbesar saya adalah saya bisa melatih salah satu siswa saya untuk menjadi juara dalam kompetisi pidato bahasa Inggris tingkat nasional. Selama periode saya mengajar, saya telah belajar banyak tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk bisa mengajar bahasa Inggris di negara yang tidak berbahasa Inggris.)

 

 

- Contoh 3

Good morning. My name is Wawan Kurniawan. And people usually called me Awan. I just graduated from Binus University majoring in Visual Communication Design. During my time as a student, I was quite active in the design communities on and off campus. In the communities, I learned many things and trained my skills in the field of design. 

 

I also had an internship at PT. AVO Innovation Technology and works as a graphic designer in the social media section. From the various experiences I have, I hope to join the Sociolla team, especially in the graphic designer position.

 

(Artinya: Selamat pagi. Nama saya Wawan Kurniawan dan biasa dipanggil Awan. Saya baru saja lulus dari Universitas Binus dengan jurusan Desain Komunikasi Visual. Selama menjadi mahasiswa, saya cukup aktif dalam komunitas desain di dalam maupun luar kampus. Di sini, saya belajar banyak hal dan mengasah kemampuan dalam bidang design. 

 

Saya juga sempat magang di PT. AVO Innovation Technology dan bekerja sebagai graphic designer di bagian media sosial. Dari berbagai pengalaman yang saya miliki, saya berharap bisa bergabung dengan tim Sociolla khususnya di posisi graphic designer.)

 

- Contoh 4

Good afternoon. My name is Kenny Permata Sari. I am currently still active as a 6th semester student majoring in Computer Science at Gadjah Mada University. My background in majors and achievements prompted me to register as a Junior Web Developer Intern at Englishvit.

 

Since the first semester, I have been actively working as a freelance web developer. Last semester, I won an award as 1st place in a web programming competition organized by the Ministry of Research, Technology and Higher Education. I hope my experience will help me to be accepted as an intern at Englishvit.

 

(Artinya: Selamat siang. Perkenalkan nama saya Kenny Permata Sari. Saya saat ini masih aktif sebagai mahasiswa semester 6 jurusan Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Latar belakang jurusan dan prestasi yang saya miliki mendorong saya untuk mendaftar sebagai Junior Web Developer Intern di Englishvit.

 

Sejak semester 1, saya sudah aktif bekerja sebagai freelance web developer. Di semester lalu, saya berhasil memenangkan penghargaan sebagai juara 1 lomba web programming yang diselenggarakan oleh Kementerian Ristekdikti. Saya berharap pengalaman yang saya miliki bisa membantu saya agar diterima sebagai staf magang di Englishvit.)

 

Itulah contoh cara menjawab pertanyaan tell me about yourself saat wawancara kerja bahasa Inggris. Hopefully, artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang sudah kampu impikan. Good luck, guys!

 

Buat para sobat Englishvit yang baru pertama kali akan ikut interview kerja, apakah kalian ngerasa ngalamin beberapa hal ini?

  • Cemas tidak bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara
  • Tidak percaya diri dengan pengalaman diri sebelum mendaftar kerja
  • Kurang paham cara menghubungi recruiter
  • Takut kurang persiapan saat interview

 

Masalah-masalah di atas bisa diatasi kalau kamu ikut program Job Interview Hack di Englishvit, lho! Apa itu program Job Interview Hack? Job Interview Hack adalah program khusus yang dibuat untuk mengupas tuntas tips persiapan interview kerja dengan bahasa Inggris. 

 

Program ini dibuat langsung oleh HRD yang sudah berpengalaman menginterview pelamar kerja, lho! Jadi, materi interview kerja yang diberikan pun pasti valid dan akan sangat membantu kamu untuk lolos ke tahap penerimaan kerja selanjutnya. 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Job Interview Hack, yaitu:

  • Cara mengirim email agar dibaca oleh HRD 
  • Kisi-kisi cara menjawab pertanyaan HRD dengan tepat saat interview
  • Trik ‘menjual’ pengalaman diri ke HRD
  • Persiapan agar sukses lolos interview kerja

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program Job Interview Hack Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Job Interview Hack

 

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, tapi pengen tanya-tanya dulu info seputar program Job Interview Hack, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS.