englishvit.com – Sebagai pemula yang baru belajar bahasa Inggris, terdapat Daily Expression untuk percakapan sehari-hari. Expressions ini umumnya selalu dipakai oleh native speakers dan juga bisa kamu gunain di daily conversation. Dari expressions ini dipastiin bisa bantu untuk improve your speaking skill. Simak Artikelnya!

Daily expressions in English

Sebelum kita bahas, kamu harus tau dulu apa itu Daily expression. Daily Expression merupakan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris yang umum digunakan untuk percakapan sehari-hari. “Good morning.” “Nice to meet you.” dan “Have a good day.” merupakan contoh sebagian dari Daily Expressions. Fyi, ada banyak banget loh bentuk-bentuk dari Daily Expression. Tapi untuk memudahkan kamu, Englishvit sudah list 20 Daily Expressions yang umum digunakan untuk daily conversation. 

1. Do you like …? (Apakah kamu suka …?)

Expression ini digunakan untuk bertanya ke orang lain, bisa nanyain apa yang disuka, hobi, atau lain-lain. Untuk ngejawabnya, kamu bisa pakai “yes”, “no”, atau “yes, I like …”

Berikut contoh kalimatnya:

  1. Ebi, do you like Indonesian food? (Apa kamu suka makanan Indonesia?)
  2. Yes, I like Sate Ayam. (Ya, aku suka sate ayam.)

2. Have you been to the United States? (Apakah kamu pernah ke Amerika Serikat?)

Expression ini dipakai untuk nanyain apakah orang laing pernah pergi ke suatu tempat. Kamu bisa langsung tanyain secara spesifik dengan menyebutkan nama tempat ataupun nama negara yang mau ditanyain. Adapun contoh dalam kalimat yaitu:

  1. Have you been to Jogja? (Apa kamu pernah ke Jepang?)
  2. Yes, I have. (Ya, aku pernah.)

 

  1. Have you been to Thailand? (Apa kamu pernah ke Thailand?)
  2. No, I haven’t yet. But I want to. (Tidak, aku belum pernah. Tetapi aku pengen.)

3. How are you? (Apa kabar?)

daily expression

Daily Expression yang satu ini digunakan untuk bertanya kabar, atau kamu juga bisa pake menyapa seseorang dengan expression ini. Kalo dapet pertanyaan ini, gak harus jawabnya pake “I’m fine thank you, and you?” karena jawaban ini pun udah jarang banget dipake sama native speakers. Jadi kamu bisa ganti dengan “Good!” atau “I’m good. How are you?” Berikut contoh kalimatnya:

  1. Hi, how are you? (Hai, Ebi. Apa kabar?)
  2. Hi, I’m good. How are you?” (Hai, aku baik. Apa kabar?)

4. What did you say? (Apa yang kamu katakan?)

Kamu bisa pake expression ini pas kamu meminta orang lain ngulangin apa yang diomongin mereka bisa karena kamu gak denger atau kurang jelas. Contoh kalimatnya adalah:

  1. Sorry, what did you say? (Maaf, kamu ngomong apa?)
  2. What did you just say? (Apa yang kamu omongin tadi?)

5. What’s this? (Apa ini?)

Expression selanjutnya digunain ketika kamu mau nanyain sesuatu ke orang lain. “What’s this?” lebih kedengeran natural daripada “what is this?”. Contoh penggunaan expression ini adalah:

  1. Excuse me, miss. What’s this? (Permisi, nona. Ini apa?)
  2. It’s Strawberry jam. (Ini selai stroberi.)

6. What’s your name? (Siapa namamu?)

Expression selanjutnya adalah “what’s your name?” yang dipake untuk nanyain nama orang lain. Biasanya expression ini dipake pas pertama kali ketemu orang lain. Sama kayak sebelumnya, penggunaan expression “what’s your name?” lebih natural dibanding “what is your name?”. Untuk ngejawabnya, langsung aja sebut nama seperti “I’m (your name)” atau juga pake kalimat lengkap “my name is (your name)”. Jika dalam percakapan menjadi:

  1. Hello, what’s your name? (Halo, nama kamu siapa?)
  2. I’m Alissa. (Aku Alissa.)

 

  1. Hi, what’s your name? (Hai, siapa namamu?)
  2. My name is Alissa. (Namaku Alissa.)

7. What’s your phone number? (Berapa nomor teleponmu?)

Kalau mau nanyain nomor telepon orang lain, expression yang satu ini bisa banget dipake. Namun, lebih baik kalo kamu nanya nomor telepon bukan pas pertama kali kenalan atau baru ketemu. Nah, kalo udah nanyain nih nomor teleponnya, untuk ngeresponnya bisa jawab dengan “It’s (phone number)” atau dengan “My phone number is (phone number).” Contoh kalimatnya adalah:

  1. What’s your phone number? (Nomormu berapa?)
  2. My phone number is … (Nomorku…)

 

  1. Hi, what’s your phone number? (Hai, nomor teleponmu berapa?)
  2. It’s … (Nomorku …)

8. Where did you learn English? (Dimana kamu belajar Bahasa Inggris?)

Expression selanjutnya digunain pas kamu mau nanyain orang lain dimana dia belajar bahasa Inggris. Kalo ditanya gini bisa dijawab dengan langsung nyebutin tempat atau nama les kamu belajar, dan kamu bisa jawab belajar sendiri ataupun melalui online. Jika dibuat dalam kalimat menjadi:

  1. Ebi, your English is good. Where did you learn English? (Ebi, Bahasa Inggrismu bagus sih. Kamu belajar Bahasa Inggris dimana?)
  2. I learn English from Englishvit. (Aku belajar Bahasa Inggris di englishvit.)

9. Where do you work? (Dimana tempatmu bekerja?)

Kalimat selanjutnya digunakan untuk nanya dimana orang lain bekerja. Cara ngejawabnya, yaitu “I work for (company name).” atau “I work at (company name).” Contoh percakapannya yaitu:

  1. Wulan, where do you work? (Wulan, kamu kerja dimana?)
  2. I work for ABC Company. (Aku kerja di perusahaan ABC.)

10. Where’s the bathroom/restroom? (Dimana letak kamar mandi?)

Expression yang satu ini, “where’s the bathroom?” atau “where’s the restroom?" bisa digunakan kalo kamu nanyain dimana toilet atau kamar kecil. Jika dibuat dalam kalimat menjadi:

  1. Alissa, do you know where’s the bathroom? (Alissa, kamu tahu toilet dimana?)
  2. Oh, it’s in the corner of the room. (Oh, toilet ada disudut ruangan.)

11.  I really appreciate (that). (Aku menghargai itu)

Unsplash.com

Expression “I really appreciate that …” bisa digunakan untuk ganti kalimat “Thank you so much”. Expression ini berarti kamu bener-bener menghargai pertolongan orang lain. Selain berarti terima kasih, ungkapan ini bisa berarti menolak permintaan seseorang secara halus dengan nambahin kata “but” dan alasanmu menolaknya.

  • Thank you! I really appreciate that! (Terima kasih! Aku sangat menghargai itu!)
  • I still can’t find my book, but I really appreciate your help. (Aku tetap gak bisa nemuin bukuku, tapi aku hargai bantuanmu.)

12. You did a great job! (Good Job)

pexels.com

Ketika ada temenmu yang menang lomba, dapet beasiswa, atau berhasil selesain tugas, kamu bisa pake expression ini untuk mengucapkan selamat untuk pencapaian mereka. Dan untuk merespon, kamu bisa bilang “Thank you” atau “Thank you so much, …”

  • The exam was really hard, but you did a great job! (Ujiannya susah sih, tapi kamu udah ngelakuin yang terbaik!)
  • Finally! the project is done. We did a great job! (Akhirnya projek ini selesai. Kita ngelakuin pekerjaan yang hebat!)

13. I would like to know (Aku pengen tahu)

Expression selanjutnya yang umum digunakan adalah “I would like to know" yang mana digunakan ketika kamu mau nanya ke orang lain tentang hal tertentu. Bisa aja nanyain tentang orang, barang, atau hal lain. Contoh penggunaannya yaitu:

  • I would like to know about it, would you tell me? (Aku mau tahu tentang itu, mau kasitau gak?)
  • I would like to know a lot more before we talk to her. (Aku mau tahu lebih banyak sebelum kita ngomong sama dia.)

14. You look great today (Kamu keren hari ini)

Expression selanjutnya adalah “you look great today yang digunakan untuk memuji orang lain karena penampilannya. Ini termasuk kalimat pujian atau compliment. Dalam kalimat menjadi:

  • I must say you look great today. (Kamu kelihatan keren sih hari ini.)
  • Did you cut your hair? You look great today. (Kamu potong rambut? Kelihatan keren hari ini.)

15. Do you have any recommendations? (Apa kamu punya saran?)

pexels.com

Arti dari expression ini adalah “Kamu punya rekomendasi?” yang biasa dipakai untuk meminta rekomendasi kepada orang lain, seperti tempat, makanan, atau hal lainnya. Contohnya adalah, pas kamu lagi di restoran dan ingin pesen makanan tapi kamu gak tau mau pilih menu apa, sampai akhirnya kamu minta rekomendasi dari pelayan. 

  • I want to go on vacation to Lombok, do you have any recommendations for the place I must visit? (Aku mau liburan ke Lombok, kamu punya rekomendasi tempat yang harus aku datangi?)
  • Do you have any recommendation? (Kamu punya rekomendasi?)

16. Can I try this on? (Boleh aku coba yang ini?)

Expression yang satu ini sering banget dipake pas kamu lagi shopping. Ketika kamu nemuin baju atau sepatu yang kamu suka, kamu pengen nyobain apakah cocok sama kita atau enggak. Expression ini kurang lebih berarti “Boleh cobain yang ini?” Atau kamu juga bisa ngomong “I want to try this on.” yang berarti “Aku mau mencoba ini.”

  • Can I try this on? (Boleh aku coba ini?)
  • I want to try this on(Aku ingin coba yang ini.)

17. I have a reservation (Aku sudah reservasi)

Kalau kamu lagi di restoran atau hotel expression ini wajib kamu ucapin karena kamu sudah duluan booking tempat atau kamar.  Karena expression ini berati kalau kamu udah melakukan reservasi atau pemesanan.

  • Hello, I have a reservation. It’s at 7 o’clock, the name is Linda. (Halo, saya sudah reservasi untuk jam 7, atas nama Linda.)
  • I have a reservation at Novotel Hotel. (Aku sudah reservasi di Novotel Hotel.)

18. Please wait a minute (Tolong tunggu sebentar)

pexels.com

Expression “Please wait a minute” digunain pas kamu meminta orang lain untuk nunggu. Selain pake kata “a minute”, kamu bisa gunain kata “a second” di depan ataupun di belakang kata “please”.

  • Wait a second, please. I forgot my wallet. (Tunggu bentar. Dompetku kelupaan.)
  • Please wait a minute, I’ll call her for you. (Tolong tunggu sebentar, aku akan panggil dia.)

19. Could you take a picture of me, please? (Boleh minta tolong fotoin?)

Expression ini digunain untuk minta tolong orang lain fotoin kamu misalkan kamu lagi traveling atau ada acara. Selain expression ini, kamu bisa ngomong “Would you mind taking a picture of me, please?” yang sama-sama artinya “Boleh minta tolong fotoin?”

  • Excuse me, would you mind taking a picture of us, please? (Permisi, keberatan gak kalau saya minta tolong fotoin?)
  • Sir, could you take a picture of me, please? (Pak, bisa minta tolong fotoin saya?)

20. Are you free this weekend? (Apa kamu senggang akhir pekan?)

Expression terakhir adalah “Are you free this weekend?” yang digunain pas kamu mau nanya orang lain apakah senggang di akhir pekan. Biasanya expression ini sering dipakai untuk mengajak orang lain pergi.

  • Sarah, are you free this weekend? (Sarah, apa kamu ada waktu luang akhir pekan ini?)
  • The movie will come out on Saturday, are you free this weekend? (Filmnya keluar hari Sabtu, apakah kamu punya waktu luang?)

Ini dia list Daily Expressions untuk percakapan sehari-hari. Namun, semua expressions ini kalo gak dipelajari ya sama aja bohong kan. Apalagi kalo belajarnya gak ada partner atau tutor yang bakal ngarahin kita selama belajar.

Biar makin maksimal, kamu bisa nih ikut belajar di Englishvit dan pilih kelasnya sesuai kebutuhan kamu sama bahasa Inggris. Selain dapat ilmu dari tutor berpengalaman, kamu juga akan dapat teman baru yang bisa belajar bahasa Inggris bareng. Segera daftarkan diri kamu di situs englishvit.com atau chat langsung dengan admin DISINI untuk konsultasi program kelas yang kamu butuhkan yaa. Jangan sampai ketinggalan untuk daftar kelasnya dan mari belajar bahasa Inggris bersama-sama. Sampai ketemu di kelas!