Hi!

Hello!

Good afternoon, all!

 

•••

 

Kalian pasti udah nggak asing lagi sama ungkapan di atas kan? Yes, bener banget! Ungkapan hi, hello dan good afternoon adalah sedikit contoh dari banyaknya kalimat sapaan atau greeting dalam bahasa Inggris. 

 

Greeting paling sering diucapkan saat kita bertemu pertama kali atau saat bertemu lagi dengan orang yang baru kita temui lagi. Secara umum greeting bahasa Inggris dibagi menjadi 2 yaitu greeting dengan cara formal dan informal. 

 

Yuk, langsung aja kita bahas tentang caranya greeting dalam bahasa Inggris. Check it out!

 

Cara Greeting Formal Bahasa Inggris

Formal greeting atau sapaan resmi biasanya digunakan saat menyapa atasan, orang yang lebih tua, atau seseorang yang belum kamu kenal. Selain itu, situasi atau kondisi juga mempengaruhi penggunaan sapaan bahasa Inggris lho.

 

Kalau kamu sedang presentasi di depan orang lain, interview, atau sedang dalam kegiatan resmi lainnya, biasanya formal greeting yang lebih sering digunakan daripada informal greeting. So, orang yang diajak ngobrol dan situasi mempengaruhi jenis greeting yang akan dipakai. Got it? 

 

Greeting formal untuk percakapan

 

1. Good morning/good afternoon/good evening

Good morning, good afternoon, dan good evening adalah contoh sapaan yang digunakan untuk memberi menyapa orang lain tergantung pada waktu saat kamu menyapa. Good morning dipakai untuk menyapa pada jam 00.00 pagi sampai jam 12 siang. 

 

Good afternoon dipakai untuk menyapa pada jam 12 siang hingga jam 6 sore, dan good evening dipakai untuk menyapa setelah jam 6 sore. Good morning, afternoon, dan evening juga bisa dipakai untuk sapaan informal lho!

 

2. How do you do?

Sapaan ‘how do you do?’ adalah salah satu kalimat sapaan yang paling tepat untuk menyapa orang yang baru ditemui pertama kali. Biasanya orang menanggapi sapaan ini dengan mengulang ucapan how do you do?, atau menjawab dengan sapaan lain, seperti I'm doing well, thank you atau fine.

 

3. Nice to meet you

Kalau sapaan yang satu ini biasanya diucapkan setelah kamu dan teman ngobrol yang baru kamu kenal itu sudah saling berkenalan satu sama lain. Nice to meet you beda ya penggunaannya dengan kata nice to see you!

 

Nice to meet you hanya dipakai kalau kamu baru pertama kali bertemu orang itu. So, kalau kamu udah kenal orangnya, kamu bisa ucapkan nice to see you atau nice to see you again.

 

4. How have you been?

Suka awkward nggak kalau ketemu temen lama? Atau tiba-tiba jadi bingung mau ngomong apa? Nggak perlu bingung lagi! Ucapkan aja kalimat sapaan ‘how have you been?’ ke temen atau kenalan lama kamu itu. 

 

Biasanya sapaan ini akan dijawab dengan dengan ucapan lain, seperti:

  • Good!
  • Great!
  • Never been better!
  • I’ve been really busy.
  • dan masih banyak lagi!

 

Mau belajar lebih lanjut tentang expressions-expressions buat percakapan bahasa Inggris? Gabung di kelas Daily Conversation yuk! Klik DI SINI buat daftar atau konsultasi ke admin!

 

Cara Greeting Informal Bahasa Inggris

Informal greeting biasanya digunakan di situasi yang lebih santai ya! Normalnya, orang-orang memakai kalimat sapaan informal untuk ngobrol dengan orang yang sudah dikenal, dengan teman, sahabat, atau keluarga. 

 

Walaupun namanya informal tapi kalimat sapaan ini masih tetap sopan ya! So, it is okay kalau kalian mau gunakan ke orang yang lebih tua asalkan memang sudah kenal dekat. Got it?

 

Greeting informal untuk percakapan

Saat ngobrol dengan tetangga, teman, atau ngobrol dengan teman kerja saat lunch, kamu bisa memakai kalimat sapaan informal ya. Berikut adalah contoh-contoh greeting informal dalam bahasa Inggris.

 

1. Hello / Hi / Hey 

Kamu pasti udah hafal kan sama sapaan ini? Hello, hi, dan hey jadi kalimat sapaan yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris untuk situasi informasl. Biasanya orang-orang memakai sapaan ini dengan menyebutkan nama orang yang di sapa.

 

Contoh:
Hi, Manda!
Hello, Astri! 

 

2. Morning! / Afternoon! / Evening!

Nah, kalau kamu mau menyapa orang sesuai dengan waktu saat itu, kamu bisa menggunakan ungkapan sapaan morning, afternoon, atau evening. Kalau di luar negeri, orang-orang sering pakai sapaan ini saat sekedar ketemu orang yang mereka kenal tapi nggak punya waktu untuk ngobrol.

 

3. How are things? / How’s it going?

How are things? dan how’s it going? bisa dibilang bentuk informal dari kalimat sapaan how are you?. Familiar kan sama sapaan yang satu itu? Sapaan ini dipakai untuk menanyakan kabar ya! Biasanya setelah menyapa dengan hi, hello, hey, morning, afternoon, atau evening, orang-orang menambahkan kalimat ini untuk bertnaya kabar.

 

4. What’s up? = Lebih sering digunakan orang-orang di Amerika. Biasanya sering disingkat menjadi 'sup

5. What’s new? = Digunakan untuk menyapa orang yang sudah lama tidak bertemu

6. Long time no see. = Untuk menyapa teman lama atau memulai percakapan dengan seseorang yang sudah lama tidak bertemu

7. It’s good to see you. = untuk menyapa seseorang yang sudah lama tidak bertemu atau menyapa saat bertemu seseorang secara tidak terduga 

 

Itulah penjelasan lengkap tentang cara greeting dalam bahasa Inggris secara formal dan informal. Sekarang sudah tahu kan gimana caranya menyapa orang pakai bahasa Inggris? Ungkapan dalam bahasa Inggris nggak cuma greeting lho, masih banyak banget macamnya! 

 

Yuk, belajar lebih lanjut tentang ungkapan-ungkapan yang sering dipakai di percakapan sehari-hari di kelas Daily Conversation! Di kelas Daily Conversation, kamu bakalan belajar speaking langsung praktik tentang bahasa Inggris sehari-hari. 

 

Di Englishvit, 75% pembelajarannya fokus untuk lebih banyak praktik speaking lho, dan nggak cuma teori-teori melulu. So, kamu jadi punya kesempatan untuk menerapkan teori yang sudah diajarkan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara langsung.

 

Setelah belajar di Englishvit kamu dijamin bisa langsung cas cis cus ngobrol pakai bahasa Inggris. Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat join kelas Daily Conversation.