Sebagai pemula, kamu pasti kebingungan mencari materi dasar belajar bahasa Inggris yang harus dipelajari terlebih dahulu. Padahal mempelajari materi dasar itu penting sebagai pondasi agar mempermudah kamu melanjutkan materi-materi yang lebih sulit dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu di masa depan.

Buat yang masih bingung mencari materi dasar belajar bahasa Inggris, kamu bisa cek materi-materi dasar belajar bahasa Inggris di bawah ini.

1. Tenses

Pemakaian tenses menunjukkan waktu terjadinya suatu peristiwa di masa lampau, sekarang, atau masa depan. Selain itu dengan tenses kamu bisa menyampaikan ide-ide yang kompleks dan memperjelas komunikasi dengan orang lain. 

Sebagai pemula kamu perlu tau dua tenses dasar yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari yaitu simple present tense dan simple past tense. Cek penjelasan dibawah ini untuk tau cara pemakaian simple present tense dan simple past tense dan contohnya!

a. Simple Present Tense 

Simple present tense adalah satu-satunya tense yang menggunakan kata kerja bentuk pertama. Tense ini digunakan untuk membicarakan tentang fakta, kebiasaan, atau hal-hal yang biasa terjadi.

Rumus kalimat simple present tense: S + V1/V1+s/es + O

Contoh  kalimat simple present tense:

  • I like chocolate. (Saya suka coklat.)
  • She always walks to work. (Dia selalu berjalan ke tempat kerja.)
  • There are twelve months in a year. (Ada dua belas bulan dalam satu tahun.)
  • Simple past tense digunakan untuk menggambarkan aktivitas yang sudah terjadi di masa lampau.

b. Simple Past Tense

Rumus kalimat simple past tense: S + V2 + O

Contoh kalimat simple past tense:

  • I forgot to take out the trash. (Aku lupa membuang sampah.)
  • I saw a movie yesterday. (Kemarin aku nonton film.)
  • The police caught me on my way home last night. (Polisi menangkap saya dalam perjalanan pulang tadi malam.)

2. Vocabulary

Menghafal vocab memang harus kamu lakukan di step awal saat belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak hafal banyak vocab, kamu akan kesulitan saat berlatih berbicara maupun menulis dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mulai menghafal dengan mempelajari vocab yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari, seperti tentang waktu, makanan, benda-benda yang kamu pakai sehari-hari, tempat tinggal, pakaian, dan lain-lain.

Belajar menghafal vocab bisa kamu lakukan juga secara tidak sadar saat membaca teks bahasa Inggris atau mendengarkan orang berbicara dengan bahasa Inggris. Kalau kamu punya hobi nonton film, kamu bisa mencoba nonton film dengan subtitle bahasa Inggris supaya vocab kamu bertambah banyak.

3. Pronunciation

Bahasa Inggris memiliki cara pengucapan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Seringkali orang yang baru memulai belajar bahasa Inggris merasa tidak pede berbicara bahasa Inggris karena takut salah cara pengucapan.

Kamu bisa melatih pronunciation dengan latihan rutin membaca teks bahasa Inggris dengan suara keras setiap hari setidaknya selama lima menit. Saat membaca dengan suara keras, kamu tidak perlu berkonsentrasi untuk menyusun kalimat sehingga kamu bisa fokus pada cara pengucapannya saja. Cara ini akan melatih organ vokal (bibir, tenggorokan, dan lidah) kamu menjadi terbiasa mengucapkan kosakata bahasa Inggris. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur text to voice di Google Translate untuk mempelajari cara pengucapan kosakata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

4. Conversation

Kebanyakan pemula sering kesulitan saat speaking. Padahal kemampuanmu akan meningkat pesat jika kamu sering bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Siapa pun yang bisa berbicara bahasa Inggris bisa menjadi guru bahasa Inggris kamu, lho. Berikut beberapa cara membangun percakapan dengan bahasa Inggris:

  • Cara untuk menanyakan kabar dengan bahasa Inggris:

How are you? / How are you doing? (Gimana kabarmu?)

How’s it going? (Apa kabar?)

What’s up? (Apa kabar?)

 

  • Cara menjawab saat ditanya kabar dengan bahasa Inggris:

I’m well. How are you? (Saya baik. Apa kabar?)

Fine, thanks. And yourself? (Baik, terima kasih. Dan kamu?)

 

  • Cara memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris:

My name is __. What’s your name? (Nama saya __. Siapa namamu?)

Hi, I am __. I come from __. (Halo, saya ___. Saya dari __)

I have worked at Englishvit since 2021. (Saya sudah bekerja di Englishvit sejak 2021)

I'm responsible for managing the company's social media. (Saya bertanggung jawab mengelola media sosial perusahaan.)

  • Cara meminta tolong dengan bahasa Inggris:

Can you help me? (Bisakah kamu membantuku?)

Could you do me a favor? (Bisakah kamu membantuku?)

Would you mind helping me? (Maukah kamu membantuku?)

Do you know anything about ____? (Apakah kamu tahu tentang ____?)

 

Sekarang udah tau kan materi-materi dasar bahasa Inggris untuk pemula yang harus kamu kuasai? Dengan mempelajari materi-materi dasar ini kamu sudah punya fondasi kemampuan berbahasa Inggris, lho!

Kalau kamu masih bingung nih mau mulai belajar bahasa Inggris darimana, ikut aja live class English for Basic di Englishvit. Di kelas English for Basic, kamu akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA yang nantinya akan jadi landasan buat untuk menguasai bahasa Inggris. Selain guru yang profesional, kamu juga bisa bertemu teman-teman dari berbagai daerah dan background untuk saling praktek bahasa Inggris bersama loh. Seru kan? Klik DI SINI untuk mendaftar.