Englishvit.com - Cara mengucapkan salam adalah hal pertama yang dipelajari dalam tiap bahasa karena kalimat tersebut digunakan untuk memulai percakapaan atau perkenalan. Tetapi, kalau kamu ingin memberikan perkenalan yang mengesankan, ada banyak cara untuk memberikan salam atau greeting dalam bahasa Inggris.



Formal Greetings

Kamu dapat menggunakan formal greeting untuk keperluan resmi seperti job interview, business meeting, berkomunikasi dengan atasan, berbicara dengan orang baru, klien, ataupun orang tua, seperti contoh di bawah ini untuk memulai percakapan:


Good Morning / Good Afternoon / Good Evening

"Good morning" biasanya digunakan dari pukul 5:00 a.m sampai 12:00 p.m. Sedangkan "Good afternoon" biasanya digunakan dari pukul 12.00 p.m hingga 6:00 p.m. Dan "Good evening" digunakan setelah jam 6 sore atau saat matahari terbenam.

Ingatlah bahwa "Good evening" bukanlah salam. Dalam komunikasi formal, “good evening” digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal. For example:

·         It was nice to meet you. Goodnight!

·         Goodnight! See you tomorrow.

Biasanya, good morning/good afternoon/good evening diikuti dengan nama orang. Contohnya:

·         Good morning, Tom

·         Good afternoon, Ms. Partridge

·         Good evening, Kelly


Nice to meet you / Pleased to meet you

Ini adalah salah satu contoh salam hormat yang dapat digunakan untuk membalas seseorang yang kita temui untuk pertama kalinya. For example:

·         A: Good morning. I’m Alex White.

·         B: Nice to meet you, Mr. White.

Saat bertemu dengan seseorang, umumnya kita berjabat tangan selama beberapa detik. Dalam kesempatan ini, katakanlah “Pleased to meet you”.


How have you been?

Ini adalah cara sopan untuk bertanya “How are you?” saat lama tak berjumpa dengan orang tersebut. Gunakanlah pertanyaan ini hanya kepada orang yang pernah kita temui sebelumnya. Contoh:

·         A: How have you been?

·         B: I’ve been busy working a lot. How about you?


Informal Greetings

Ketika berbicara dengan tetangga atau mengobrol dengan rekan kerja saat rehat kopi, kamu dapat gunakan sapaan yang informal berikut ini:


Hello / Hi / Hey

"Hello" dan "Hi" adalah sapaan paling populer untuk situasi informal. Umumnya, diikuti dengan nama orang tersebut, seperti:

·         Hello, Michel. How are you?

·         Hi, Monica. Nice to see you!


How are you doing? / How’s it going?

Inilah cara casual untuk menanyakan "How are you?" .Biasanya diikuti jawaban singkat seperti:

·         A: Hello, Amanda! How are you doing?

·         B: Fine, thanks. And you?


Nice to see you / It’s great to see you / Good to see you

Kalau kamu sudah lama tidak melihat seseorang atau bertemu seseorang secara tidak terduga, gunakan salah satu sapaan ramah ini. Contohnya:.

·         Hello, Veronica. Nice to see you there.


Long-time no see / It’s been a while

Ungkapan ini umumnya digunakan untuk menyapa teman lama atau memulai percakapan dengan orang yang sudah lama tidak ditemui. Ungkapan ini sering kali diikuti dengan pertanyaan seperti “How are you?” sebagai cara yang bagus untuk memulai obrolan ringan tentang apa yang telah terjadi sejak pertemuan terakhir.

·         A: Hey, John! Long-time no see. How are you?

·         B: I’m fine, thanks! What’s new?

·         A: Hi, Taya. How’s it going?

·         B: Good thanks.

·         A: I haven’t seen you for ages.

·         B: Yes, it’s been a while.


Slang Greetings

Slang greeting atau sapaan gaul biasanya digunakan dalam percakapan yang santai dan bersahabat. Misalnya, saat bertemu dengan teman baik atau kerabat yang lebih muda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengucapkan slang greeting:


Yo!

Sapaan ini berasal dari budaya hip-hop Amerika tahun 1990-an yang masih umum digunakan di AS hari ini.


What’s up?

Sapaan gaul ini sangat umum digunakan baik secara langsung maupun melalui pesan teks. Sapaan santai ini seringkali digunakan untuk menyapa atau menanyakan kabar rekan kerja, anggota keluarga ataupun teman.


Itulah beberapa sapaan formal, informal dan slang yang dapat kamu gunakan sehari-hari. Mana nih yang sering kamu gunakan? Kalau ada sapaan lainnya yang belum disebutkan, boleh banget kamu tulis di komen ya!