Perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat dan artinya untuk memperkenalkan diri kepada orang untuk pertama kalinya. Hal pertama yang kita lakukan saat bertemu orang baru adalah memperkenalkan diri.

 

Nggak jarang kita dipaksa harus memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris pada orang lain, karena tuntutan pekerjaan atau pendidikan. Bagaimana caranya memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris? 

 

Nggak perlu bingung lagi, guys, karena di artikel ini kita akan membahas secara lengkap cara memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris. Simak cara dan contohnya di bawah ini!

 

 

Apa saja isi perkenalan diri dalam bahasa Inggris?

Isi dari perkenalan diri bahasa Inggris bisa berbeda-beda sesuai dengan orang yang sedang kamu ajak bicara. Isi perkenalan dengan teman sekelas akan berbeda dengan isi perkenalan diri dengan perkenalan diri saat di kantor.

 

Meskipun isinya berbeda, perkenalan diri dengan bahasa Inggris pasti berisi tiga poin penting, yaitu salam, nama, dan informasi diri. Yuk, kita bahas satu per satu.

 

1. Salam (greeting)

Salam atau greeting adalah pembuka atau pengantar sebelum kamu memperkenalan diri ke orang lain. 

 

Contoh salam atau greeting dalam bahasa Inggris:

  • Hello atau hi 

(Artinya: Halo)

 

  • Good morning, everyone. It’s a pleasure to be here. 

(Artinya: Selamat pagi semuanya. Senang rasanya bisa berada di sini.)

 

  • Hi, everyone. Let me introduce myself. 

(Artinya: Halo semuanya. Izinkan saya memperkenalkan diri.)

 

  • Good morning ladies and gentleman, I would like to introduce myself. 

(Artinya: Selamat pagi semuanya, saya ingin memperkenalkan diri.)

 

  • I don't think we've met. May I introduce myself? 

(Artinya: Sepertinya kita belum pernah bertemu. Bolehkah saya memperkenalkan diri?)

 

  • Good afternoon, everyone. Please let me introduce myself. 

(Artinya: Selamat siang semuanya. Izinkan saya memperkenalkan diri.)

 

 

2. Nama (name)

Setelah mengucapkan salam, kamu bisa langsung menyebutkan nama kamu, ke orang yang kamu ajak kenalan. Berikut contoh-contohnya.

 

Contoh cara menyebutkan nama dalam bahasa Inggris.

  • My name is Poppy. 

(Artinya: Nama saya Poppy.)

 

  • I am Poppy

(Artinya: Saya Poppy.)

 

  • My name is Poppy Pertiwi. You can call me Poppy atau Everyone calls me Poppy.

(Artinya: Nama saya Poppy Pertiwi. Kalian bisa memanggilku Poppy atau Semua orang memanggilku Poppy.)

 

  • My full name is Poppy Pertiwi. Please call me Poppy

(Artinya: Nama lengkap saya Poppy Pertiwi. Tolong panggil aku Poppy.)

 

 

3. Informasi diri (self information)

Nah, untuk poin yang satu ini bisa berbeda-beda tergantung siapa dan dimana kamu memperkenalkan diri. Di bagian ini kamu bisa menyebutkan asal sekolah atau kampus, jurusan, hobi, pekerjaan sebelumnya, umur, tempat tinggal, dan lain-lain.

 

Sebagai contoh, misalnya kamu sedang memperkenalkan diri saat wawancara kerja. Selain memberi salam dan menyebutkan nama, kamu bisa menyebutkan jurusan kamu saat kuliah, tempat kamu berkuliah, keahlian, pengalaman kerja atau magang, dan alasan mendaftar pekerjaan tersebut.

 

 

20 Contoh perkenalan diri bahasa inggris singkat dan artinya

Setelah tahu hal-hal apa saja yang harus kamu disebutkan saat memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, berikut adalah contoh teks perkenalan diri bahasa Inggris.

 

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kelas baru

 

Contoh 1

Good morning, new friends. My name is Poppy Pertiwi. Everyone calls me Poppy.  I am thirteen years old. I live in Depok which is ten minutes from our school. I hope we all can be friends in this new school.

 

Artinya:

(Selamat pagi, teman-teman baru. Nama saya Poppy Pertiwi. Semua orang memanggilku Poppy. Aku berusia tiga belas tahun. Aku tinggal di Depok, sepuluh menit dari sekolah kita. Aku harap kita semua bisa berteman di sekolah baru ini.)

 

Contoh 2

Hello, everyone. I would like to introduce myself. My name is Poppy Pertiwi. I am from Bali. I chose English Education as my major because I want to learn how to be a great teacher for children in Indonesia. I hope we all can learn together and graduate becoming teachers. 

 

Artinya:

(Halo semuanya. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Poppy Pertiwi. Saya dari Bali. Saya memilih Pendidikan Bahasa Inggris sebagai jurusan saya, karena saya ingin belajar bagaimana menjadi guru yang hebat untuk anak-anak di Indonesia. Semoga kita semua bisa belajar bersama dan lulus menjadi guru.)

 

 

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja

 

Contoh 3

Good morning Ma'am. First of all, thanks for giving me the opportunity to introduce myself. My name is Poppy Pertiwi. You can call me Poppy. I am a fresh graduate from University of Indonesia, majoring in Communication Studies. 

 

My experience as an public relation intern in Inna Garuda Hotel led me to apply as a customer service. I have great public skills and I am able to work under pressure. 

 

I hope my experience and skill would lead me to be able to join as an employee in your company.

 

Artinya:

(Selamat pagi Bu. Pertama-tama, terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Poppy Pertiwi. Anda bisa memanggil saya Poppy. Saya lulusan dari Universitas Indonesia, jurusan Ilmu Komunikasi.

 

Pengalaman saya sebagai pegawai magang di Hotel Inna Garuda mengantarkan saya untuk melamar sebagai customer service. Saya memiliki keterampilan publik yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan.

 

Saya berharap pengalaman dan keterampilan saya akan membawa saya untuk dapat bergabung sebagai karyawan di perusahaan Anda.)

 

Contoh 4

Thank you for inviting me to this job interview. My name is Poppy Pertiwi. I graduated from Indonesia University of Education, majoring in English Education. I have several experiences that are in line with my education. 

I was a tutor in an English course named Englishvit. And I also have been teaching English for free in a slump community around my house.

 

Artinya:

(Terima kasih telah mengundang saya dalam wawancara kerja ini. Nama saya Poppy Pertiwi. Saya lulusan Universitas Pendidikan Indonesia, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Saya memiliki beberapa pengalaman yang sejalan dengan jurusan saya.

Saya dulunya seorang tutor di kursus bahasa Inggris Englishvit. Dan, saya juga pernah mengajar bahasa Inggris secara gratis di komunitas kumuh di sekitar rumah saya.)

 

 

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan orang baru

 

Contoh 5

Hi. I think I saw you at the entrance gate. I'm Poppy, the event organizer of this event. Nice to meet you. How can I call you?

 

Artinya:

(Hai. Kayaknya aku ngeliat kamu di gerbang masuk. Aku Poppy penyelenggara acara ini. senang bertemu denganmu. Kamu bisa dipanggil siapa ya?)

 

Contoh 6

Good morning, all. This is my first day in the office, so I would like to introduce myself.  I am Poppy, the new project manager. I will be working with you all on our project. Nice to meet you all.

 

Artinya:

(Selamat pagi semua. Hari ini adalah hari pertama saya di kantor, jadi saya ingin memperkenalkan diri. Saya Poppy, manajer proyek baru. Saya akan bekerja dengan Anda semua dalam proyek kantor. Senang bertemu dengan kalian semua.)

 

 

Nah, itulah contoh-contoh teks perkenalan diri bahasa Inggris yang bisa kamu pakai. Kamu bisa mengganti beberapa informasi dengan informasi tentang diri kalian masing-masing. Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak akan bingung lagi saat disuruh memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris.

 

Englishvit juga punya video pembelajaran tentang cara memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris lho. Langsung aja klik video di bawah ini ya!

 

 

Buat kalian yang pengen jago speaking buat percakapan sehari-hari, yuk join program live class Daily Conversation di Englishvit! Kelas Daily Conversation didesain khusus buat ngebantu kamu meningkatkan speaking skill buat komunikasi sehari-hari. 

 

Hanya dalam waktu 1 bulan aja, kamu udah bisa lancar speaking lho! Selain skill speaking kamu yang diasah, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Daily Conversation, yaitu:

 

  • Lebih percaya diri untuk bicara dengan bahasa Inggris
  • Pengetahuan vocabulary dan ungkapan sehari-hari makin bertambah dan pronunciation kamu makin bagus
  • Dibimbing belajar bahasa Inggris dengan tutor belajar yang berpengalaman dan profesional
  • Punya English speaking environment yang suportif dan tidak judgmental
  • Tidak kesulitan memahami percakapan sehari-hari  karena sudah hafal banyak kosakata dan gak perlu ribet ngapal grammar.

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join live class Daily Conversation? Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Daily Conversation.

 

Kalau kamu tertarik dan ingin bertanya-tanya dulu seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!