Ini dia kalimat-kalimat ucapan doa dan belasungkawa untuk korban bencana alam dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Akhir-akhir ini banyak sekali bencana alam yang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri. Ketika teman atau saudara ada yang terdampak bencana alam, kamu pasti tergerak untuk sekedar menanyakan kabar dan mengucapkan bela sungkawa atas musibah yang sedang terjadi. 

 

Jika tidak punya kenalan yang sedang terkena dampak dari bencana alam, kamu juga bisa mengucapkan doa dan belasungkawa lewat social media, sebagai tanda bahwa kamu peduli terhadap orang-orang yang sedang tertimpa musibah.

 

Berikut contoh-contoh ucapan doa dan belasungkawa yang bisa kamu ucapkan pada korban yang sedang tertimpa musibah.

 

Ucapan Doa untuk Korban Bencana Alam dalam Bahasa Inggris

 

1. Deep condolences to earthquake victims in Japan

(Artinya: Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk para korban gempa di Jepang)

 

2. I know you have lost a lot because of the earthquakes, but I just pray that you have not lost the confidence in you and the faith in Almighty.

(Artinya:  Aku percaya kamu sudah kehilangan banyak hal karena gempa ini, tapi aku berharap kamu tidak kehilangan kepercayaan dan iman terhadap Tuhan.)

 

3. Pray for Japan. We are mourning to hear of your loss. Be strong.

(Artinya: Berdoa untuk Jepang. Kami berduka mendengar kabar kehilangan kalian. Jadilah kuat.)

 

4. Sending our sympathy to all people in Japan during this incredibly difficult time. We wish you better days ahead and that you are able to rebuild your lives as quickly as possible.

(Artinya: Turut berduka cita kepada semua orang di Jepang selama masa yang sangat sulit ini. Kami berharap hari-hari kalian akan lebih baik di depan dan kalian bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala.)

 

5. I was so relieved that you are okay. It was such a terrifying time and though the aftermath will be tough. I’m just so pleased you’re alright.

(Artinya: Aku sangat lega kamu baik-baik saja. Saat ini adalah waktu yang menakutkan dan berakibat fatal. Aku sangat senang kamu baik-baik saja.)

 

 

6. You must be distraught after such a frightening experience. Thankfully it’s all over now and I hope you’re recovering well.

(Artinya: Kamu pasti terkejut setelah mengalami pengalaman yang menakutkan ini. Syukurlah semuanya sudah berakhir dan aku harap kamu bisa pulih seperti semula.)

 

7. The earthquake was a great tragedy. My family and I are praying for you. We’ll call you soon to check in, but keep strong in the meantime. Please accept our sincere condolences for your loss. feel free to call in if you need anything.

(Artinya: Gempa ini adalah tragedi yang luar biasa. Aku sekeluarga mendoakanmu. Kami akan segera menghubungimu untuk mengecek. Terimalah rasa belasungkawa kami atas kehilangan yang kamu alami. Jangan ragu untuk menelpon jika kamu butuh sesuatu.)

 

8. Please accept my deepest sympathies for your loss in the earthquakes. You and your family will always be in my prayers.

(Artinya: Turut berduka cita atas kehilangan yang kamu alami karena gempa bumi ini. Kamu dan keluargamu akan selalu ada dalam doaku.)

 

9. My deepest sympathy to the families who lost their loved ones to the recent earthquake. May He grant you peace, comfort, and strength during this time of sadness.

(Artinya: Turut berduka cita atas yang sedalam-dalamnya pada keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai karena gempa baru-baru ini. Semoga Tuhan memberimu kedamaian, kenyamanan, dan kekuatan selama masa-masa yang sulit ini.)

 

10. Just wanted to tell you that you and your family are in my prayers. May God help you get over the pain the earthquakes have left you with.

(Artinya: Aku hanya ingin memberitahu kalau kamu sekeluarga selalu ada dalam doaku. Semoga Tuhan membantumu mengatasi rasa sakit yang kamu alami akibat gempa bumi ini.)

 

 

11. To all people of Japan, we extend warm sympathies for the loss you have incurred due to natural calamity. May God give you all the strength to get over what you have lost.

(Artinya: Kepada semua orang Jepang, kami menyampaikan turut berduka atas kerugian yang kalian alami akibat bencana alam ini. Semoga Tuhan memberi kalian semua kekuatan untuk melupakan apa yang telah hilang.)

 

12. Thank God you're okay. We hope you've been evacuated and that you're safe. We are all praying for you.

(Artinya: Terima kasih Tuhan kamu baik-baik saja. Kami harap sudah dievakuasi dan sudah aman. Kami semua berdoa untukmu.)

 

13. In such difficult times, I just want to tell you that I am there for you. 

(Artinya: Di masa-masa yang sulit ini, aku hanya ingin memberitahu kalau aku akan selalu ada untukmu.)

 

14. There are no words to express how sorry I am to learn of your loss. I can’t understand how awful it must be. All I can do is pray for you to find some peace.

(Artinya: Tidak ada kata-kata untuk mengungkapkan betapa sedihnya aku saat tahu keadaanmu. Aku tak bisa membayangkan betapa mengerikannya hal itu. Yang bisa aku lakukan hanyalah berdoa agar kamu menemukan kedamaian.)

 

 

15. I am so sorry to hear about the disaster you experienced. May the family which is left behind are given the strength to get through this difficult time.

(Artinya: Turut berbela sungkawa atas musibah yang kamu alami. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan untuk melewati masa-masa sulit ini.)

 

Nah itu tadi 15 ucapan doa untuk para korban bencana alam dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memodifikasi ucapan-ucapan itu sesuai kondisi serta jenis bencana alam yang terjadi ya!

 

Buat kamu yang pengen meningkatkan kemampuan percakapan sehari-hari, gabung live class Daily Conversation di Englishvit yuk! Di program Daily Conversation, kamu akan dapat materi-materi yang berkaitan dengan skill speaking untuk percakapan sehari-hari. Kelas ini akan mengajak kamu belajar speaking langsung praktik dengan berbagai topik percakapan yang paling sering dibutuhkan komunikasi sehari-hari. 

 

Hanya dalam waktu 1 bulan aja, kamu udah bisa lancar speaking lho! Selain skill speaking kamu yang diasah, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Daily Conversation, yaitu:

  • Lebih percaya diri untuk bicara dengan bahasa Inggris
  • Pengetahuan vocabulary dan expressions sehari-hari makin bertambah dan pronunciation kamu makin bagus
  • Punya English speaking environment yang suportif dan tidak judgmental
  • Tidak kesulitan paham percakapan sehari-hari karena sudah hafal banyak kosakata dan gak perlu ribet ngapal grammar.

 

Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat join program Daily Conversation

 

Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa langsung menghubungi admin di bawah ini untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai jumpa di kelas!