Yuk, cari tahu tips mengerjakan soal reading di tes TOEFL di artikel ini! Apapun jenis TOEFL nya, entah itu TOEFL ITP, TOEFL PBT, CBT, atau iBT, pasti ada tes kemampuan reading bahasa Inggris, lho.

 

Reading section ini sebenernya, section yang gampang-gampang sulit. Gampang karena kita hanya tinggal menjawab soal berdasarkan teks bacaan, tapi cukup susah juga karena waktu pengerjaan soalnya cukup singkat. Therefore, kamu harus tahu paham tips and trick ngerjain soal di reading section.

 

Buat sobat Englishvit yang lagi nyiapin diri buat tes TOEFL, yuk ikutin tips-tips ngerjain soal reading di bawah ini. Check it out!

 

Tips Saat Mengerjakan Soal Reading Tes TOEFL

 

1. Pelajari bentuk pertanyaan yang sering muncul

Pertanyaan yang sering muncul dalam soal TOEFL biasanya itu-itu aja, dan hampir sama, kok. Makanya, sebelum kamu ikut tes TOEFL kamu udah harus familiar, sama pertanyaan yang bakalan sering keluar di tes TOEFL bagian reading.

 

Pertanyaan yang sering muncul nggak bakal jauh-jauh dari menanyakan tentang topik bacaan, ide pokok dalam paragraf, tentang sinonim atau antonim kata, atau tentang factual questions dalam bacaan. Factual questions biasanya berupa pertanyaan 5W 1H (who, what, where, when, why, how).

 

 

2. Cek pertanyaan dengan seksama

Saat mengerjakan bagian reading, jangan langsung membaca teks bacaan secara menyeluruh. Bacalah pertanyaannya terlebih dahulu. Why? Karena, nggak semua informasi yang ada dalam bacaan bakalan ditanyakan dalam soal. Apalagi bacaan di tes TOEFL terkenal panjang-panjang banget!

 

Pahami dengan teliti pertanyaan dalam soal. Jangan sampai kamu salah memahami pertanyaannya ya! Dengan fokus membaca soal terlebih dahulu, kamu bakal bisa menghemat waktu untuk mengerjakan soal. Dan, langsung fokus untuk mencari jawaban dalam teks bacaan.

 

Makin cepat kamu paham pertanyaannya, akan makin cepat juga kamu mengerjakannya. Fokus dengan detail yang ditanyakan dalam pertanyaan ya! Jangan terkecoh. Kalau salah baca pertanyaan, hal ini bisa menghambat waktumu mengerjakan soal. 

 

 

3. Manfaatkan teknik membaca skimming dan scanning

Tips ketiga ini adalah lanjutan dari tips sebelumnya. Setelah kamu membaca soal carefully, langkah selanjutnya adalah mencari jawaban pada teks bacaan, dengan teknik membaca skimming dan scanning. Apa itu teknik skimming dan scanning

 

Skimming dan scanning adalah cara membaca cepat untuk memahami sebuah bacaan. Waktu pengerjaan soal yang terbatas, mengharuskan kamu harus bisa dengan cepat mencari informasi yang dibutuhin buat menjawab soal. Cari kata kunci dari pertanyaan dan secara cepat mencari jawabannya dalam bacaan.

 

Biasakan untuk membaca pertanyaan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan skimming jawaban di dalam teks. Cari kata kunci dalam pertanyaan dan pakai kata kunci itu untuk membaca cepat informasinya. 

 

Kalau masih kesulitan, cari jawaban dalam sinonim. Untuk mengecoh peserta ujian TOEFL, biasanya jawabannya dituliskan dalam bentuk sinonim. Makanya, penting banget untuk hafal dan tahu arti banyak kosakata sebelum ikut tes TOEFL.

 

Baca juga: Cara Mudah Menghafal Vocabulary

 

 

4. Jangan terlalu fokus dengan kosakata sulit

Kalau hafalan kosakata bahasa Inggris kamu masih biasa-biasa aja, wajar banget kalau nanti saat tes kamu nemuin banyak kosakata yang kamu anggep sulit, bahkan nggak tahu artinya! Tapi, jangan sampai kosakata-kosakata sulit itu bikin kamu panik, ya!

 

Ignore them! Abaikan aja, guys! Yang terpenting dari reading section ini kamu bisa mencari informasi dari bacaan dari teks dengan cepat, dan menjawab soal dengan benar. Kalau kamu nemuin soal tentang sinonim atau antonim, padahal kamu aja nggak tahu arti kata itu. Kamu bisa memahami arti kata itu, dari kata atau kalimat yang ada disekitar kata tersebut.

 

 

5. Membiasakan diri untuk latihan soal

Tenang aja, guys. Skill reading itu bisa dilatih kok. Caranya adalah dengan memperbanyak latihan soal biar bisa cepet dan tepat waktu ngerjain soal reading TOEFL. In this way, kamu bakalan makin familiar sama kosakata bahasa Inggris di tes TOEFL, pertanyaan yang sering muncul di tes. Dan, cara ini juga bisa ngelatih skill skimming dan scanning kamu buat nemuin jawaban di teks bacaan.

 

Sekarang ini udah banyak banget website-website yang nyediain latihan tes TOEFL gratis di internet. Soal-soal yang disediain pun, udah mirip lho sama tes TOEFL yang asli. Cara ini juga bisa jadi bahan latihan, buat tahu sejauh mana progress kemajuan bahasa Inggris kamu.

 

 

6. Perhatikan waktu selama mengerjakan soal

Dalam reading section biasanya akan ada 50 soal, dan peserta tes cuma dikasih waktu ngerjain selama 55 menit aja, lho. On the average, you only have one minute to answer one question. Kamu cuma punya waktu semenit buat jawab satu soal reading.

 

Kalau ketemu kamu ketemu soal yang susah, dan udah ngabisin waktu kamu selama lebih dari 1 menit. Mending di skip dulu aja soalnya! Nanti dikerjain ulang setelah soal-soal lainnya kejawab. Kalau kamu terlalu lama fokus ke satu soal aja, bisa-bisa kamu nggak cukup waktu buat ngerjain soal-soal lainnya. 

 

Nah, itu dia tips-tips yang bisa terapin waktu lagi ngerjain soal tes TOEFL bagian reading. Semoga tips ini bisa ngebantu kamu buat dapetin skor TOEFL yang maksimal, ya!

 

Buat sobat Englishvit yang butuh sertifikat TOEFL buat daftar yudisium, daftar kerja di BUMN, syarat pendaftaran CPNS, ataupun buat daftar beasiswa, yuk tes TOEFL online di Englishvit aja! 

 

Kamu bisa ngerjain tes TOEFL ini di manapun dan kapanpun, lho. Sertifikatnya juga bakalan langsung jadi dan bisa didownload, setelah kamu selesai ngerjain tesnya. Buruan! Tunggu apa lagi? Tes TOEFL online di Englishvit yuk! Klik DI SINI untuk mendaftar!

 

Kalau kamu tertarik buat test TOEFL tapi masih bingung dengan mekanismenya, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS! Good luck to everyone who is going to take TOEFL exam!