englishvit.com - Mengetahui cara mengerjakan soal reading TOEFL dengan cepat merupakan hal penting untuk diketahui. Karena kita tahu, skill tersusah di dalam soal TOEFL adalah reading section. Kenapa bisa begitu? Of course karena kamu harus melakukan dua kegiatan dalam satu waktu, yaitu kamu membaca reading text dan menjawab soal secara bersamaan.

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas Tips menjawab soal Listening TOEFL yang bisa kamu cek artikelnya disini. Untuk kali ini, kita masih membahas TOEFL yang mana berfokus pada Cara mengerjakan soal Reading TOEFL. Biar setelah ini bisa bantu kamu buat dapetin skor TOEFL yang bagus.

Cara mengerjakan soal reading TOEFL

Talking about TOEFL, khususnya reading section, waktu adalah segalanya. Artinya, kamu harus bisa maksimalkan waktu yang ada untuk bisa menjawab semua soal. Namun, kamu juga jangan terlalu fokus membaca text dari awal hingga selesai. Akibatnya, waktumu bakal habis untuk satu text saja dan kamu cuman punya waktu sedikit untuk membaca text lainnya.

Ketika kamu sadar waktu untuk mengerjakan soal lainnya tidak banyak, kamu jadi panik dan bingung harus melakukan apa. Saat panik, kamu jadi tidak fokus untuk menjawab soal dan berakhir dengan jawab asal-asalan. Pastinya kamu gak mau merasakan kayak gini, kan? Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengerjakan soal reading TOEFL.

Biasakan diri membaca

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah biasakan diri untuk membaca teks berbahasa Inggris. Coba untuk membaca 3-4 artikel berbahasa Inggris dalam sehari. Dan akan lebih bagus lagi kalau artikel yang dibaca punya tingkat kesulitan yang beda-beda, baik dari isi teks atau vocabulary-nya. Jika dalam artikel tersebut ada kata yang kamu gak tau artinya, kamu bisa catat dulu di notes dan cari artinya di kamus atau situs translation yang ada.

Kenali bentuk pertanyaan yang sering muncul

Hampir setiap soal reading TOEFL menggunakan pertanyaan yang sama, seperti:

  • What is this passage about? = Menanyakan tentang topik bacaan.
  • What is the author’s main purpose in this paragraph? = Bertanya tentang ide pokok paragraf.
  • The word “notorious” in paragraph 3 could be best replaced by… = Menanyakan tentang vocabulary atau synonym

Dengan tahu bentuk-bentuk pertanyaannya, jadinya kamu gak perlu mikir dulu maksud dari pertanyaannya saat mengerjakan soal. Sehingga waktumu bisa digunakan untuk membaca text dan mencari jawabannya.

Atur waktu selama mengerjakan soal

Walaupun kamu punya waktu untuk mengerjakan reading section selama 55 menit, jangan sia-siakan waktu untuk fokus baca 1 text saja. Ketika kamu hanya fokus pada 1 text aja, kamu gak bakal sadar ternyata kamu bisa menghabiskan waktu hingga bermenit-menit untuk mengerjakannya. 

Biar gak kayak gini, kamu bisa coba atur waktu sebaik mungkin, seperti membaca sekilas pertanyaannya dulu lalu baca text-nya untuk cari jawabannya. Namun, jika pertanyaan dari text tersebut ternyata susah dan perlu waktu untuk menemukan jawabannya, kamu bisa skip dulu dan kerjain text lainnya. Setelah menyelesaikan soal-soal yang mudah, kamu bisa lebih tenang untuk mengerjakan soal yang susah. 

Sering latihan soal

Dari semua cara yang dijelaskan sebelumnya, cara yang paling efektif dan sangat berpengaruh adalah sering latihan mengerjakan soal reading TOEFL. Jika kamu berlatih mengerjakan soal TOEFL, kamu bakal tahu strategi apa yang harus dilakukan saat mengikuti tes TOEFL nanti.

Kamu bisa mulai cari latihan soal-soal TOEFL di Google dan lakukan simulasi tes TOEFL sendiri. Jika menemukan soal yang susah atau tidak tahu arti vocabulary-nya, kamu bisa cari langsung artinya dengan situs translation online, seperti Google Translate, Cambridge Dictionary, dan masih banyak lagi.

Saat berlatih, coba hitung berapa lama waktu yang kamu gunakan untuk mengerjakan setiap text. Dari sini bisa jadi notes untuk kamu agar bisa mengatur waktu dengan baik lagi. Jadi saat mengikuti tes TOEFL resmi nanti kamu tidak menghabiskan waktu dengan text awal-awal saja.

Mulai untuk ikut Tes TOEFL

Setelah kamu sudah tahu semua cara untuk mengerjakan soal reading TOEFL, gak ada salahnya kamu bisa ikut tes TOEFL sebenarnya. Hal ini bertujuan biar kamu tahu sejauh mana hasil belajarmu selama ini juga skor terbaikmu.

Jika kamu sedang cari-cari program tes TOEFL dengan biaya terjangkau dan bisa dilakukan secara onl, englishvit punya nih program Tes TOEFL Online yang setara dengan TOEFL ETS. Maksudnya adalah, soal-soal TOEFL yang ada di englishvit dibuat berdasarkan standar TOEFL ETS. Selain setara dengan TOEFL ETS, program Tes TOEFL Online englishvit juga akan dapat sertifikat yang diakui secara nasional di akhir tes. Jadi sertifikat ini bisa kamu gunakan untuk keperluan sekolah, pekerjaan, dan lain-lain sesuai kebutuhanmu.

Tertarik untuk ikut Tes TOEFL-nya? Kamu bisa langsung cek disini atau kamu bisa chat admin dulu jika ingin tanya-tanya lebih lanjut tentang Tes TOEFL-nya. Jangan lupa juga untuk cek Instagram englishvit ya karena disana ada banyak sekali informasi seputar belajar bahasa Inggris, tips belajar dan juga program kelas dan tes online yang di update setiap harinya!