englishvit.com - Gimana sih tips untuk bisa menjawab soal listening TOEFL? Karena biasanya ketika ngerjain tes TOEFL, pasti ngeblank sendiri gak tau apa jawabannya. Soalnya kita harus ngelakuin dua kegiatan secara bersamaan, yaitu dengerin audionya plus cari jawabannya. Belum lagi kita gagal paham si speaker tuh ngomong apa sih. Apalagi kalau misalkan speaker-nya pakai British accent. Siap-siap deh mumet dengerin Harry Potter jadi pengisi suara tes TOEFL, hehehe.

Untuk memecahkan problem ini, kita akan bahas nih tips untuk menjawab soal listening TOEFL. Jadi setelah ini gak ada alasan kamu bingung ngejawab bagian listening section karena udah tau tips nya.

Tips Menjawab Soal TOEFL Listening

Kalau kamu mau ikut tes TOEFL, harus tau dulu bentuk soal yang ada di dalam tes TOEFL. Karena TOEFL terdiri dari 2 jenis, yaitu TOEFL PBT dan TOEFL iBT. Bentuk soal TOEFL PBT adalah listening section, structure and written expression, dan reading comprehension. Sedangkan untuk soal TOEFL iBT terdiri dari listening section, reading section, speaking section dan writing section.

Hampir tiap section punya tingkat kesulitannya masing-masing. Seperti bagian structure kita harus tau mana susunan grammar-nya yang tepat, atau bagian reading harus paham topik yang dibahas baru bisa jawab. Nah, bagian listening juga sama. Kita perlu dengerin dulu audio percakapannya biar tau apa yang dibicarakan.

Tapi masalahnya, kita sering kesusahan tiap dengerin audio-nya. Kebanyakan problem yang muncul adalah accent yang digunakan serta gaya bicaranya terkesan cepat. Misalkan dapet audio listening-nya adalah British accent, kita sering salah tangkap dengan kata yang diucapkan. Harusnya denger kata warm, malah dengernya worm. Contoh lain, ketika dapet audio listening-nya adalah American accent, sering banget kita gagal paham karena gaya bicara si speaker yang kecepetan. Dari masalah ini, kita jadi susah untuk dapet skor di bagian listening bagus karena banyak jawaban yang salah. Padahal, menjawab soal listening section itu ga sesulit menjawab soal structure atau reading section kok!

Harus tau bentuk soal

Sebelum kita bahas tips nya, kamu harus tau kalo soal listening terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian A, bagian B dan bagian C. Bagian A adalah bentuk 30 short dialogues antara dua orang yang masing-masing percakapan akan diakhiri dengan satu pertanyaan yang harus kamu jawab. Untuk menjawabnya, usahakan berfokus pada speaker kedua karena jawaban biasanya ada pada speaker kedua. Dan juga kamu harus tau bentuk-bentuk expression, seperti agreement, suggest, surprise karena pasti akan muncul di setiap soal.

Sedangkan bagian B merupakan longer dialogues yang selalu diikuti pertanyaan di setiap percakapan. Agar bisa menjawabnya, pahami topik atau tema yang dibicarakan. Sebisa mungkin kamu menyimak percakapan karena informasi percakapan biasanya tentang tempat, waktu, apa, dan siapa yang dibicarakan.

Dan untuk bagian C adalah Long Speech yang dibicarakan oleh 1 orang saja. Karena ini adalah audio terpanjang, maka fokuslah mendengarkan sambil memperhatikan awal-awal kalimat yang biasa ditanyakan pada soal. Kamu juga bisa menentukan topik yang dibahas dan kata kunci yang ada di setiap kalimat, lalu membandingkan pada setiap poin jawaban.

Bagi waktu untuk menjawab setiap bagian soal

Durasi mengerjakan soal listening adalah 40 menit, yang mana dengan waktu ini kamu harus bijak menggunakan waktu untuk menjawab semua soal. Dari 40 menit ini, kamu bisa bagi waktu untuk mengerjakan setiap bagian dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Jangan hanya fokus pada 1 bagian saja. Perlu diingat juga, kamu cuman bisa dengerin audio listening selama 1 kali saja, jadi kamu perlu fokus untuk dengar setiap audio dan menjawab soalnya.

Sering latihan soal

Seperti kata pepatah, Tak kenal Maka Tak Sayang. Sama halnya dengan soal TOEFL, jika kamu sering latihan mengerjakan soal TOEFL tentunya kamu bakal terbiasa dengan bentuk soalnya serta cara membagi waktu mengerjakan. Kamu bisa temukan latihan soal-soal TOEFL dari Google yang bisa kamu unduh secara gratis dan coba mengerjakannya.

Atau kamu juga bisa ikut tes TOEFL secara online di englishvit yang mana soal-soal TOEFL ini dibuat berdasarkan standar TOEFL ETS. Selain itu, jika kamu ikut tes TOEFL online di englishvit kamu akan tau jumlah skor TOEFL serta mendapat sertifikat yang diakui secara nasional. Jadi bisa kamu gunakan untuk keperluan sekolah, pekerjaan, atau lainnya. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa langsung cek disini atau chat admin jika ingin tanya-tanya lebih lanjut tentang program tes TOEFL online-nya yaa!