Banyak orang yang menganggap soal listening dalam tes TOEFL adalah bagian dari tes TOEFL yang paling susah. Soal listening dianggap paling sulit karena audio yang diputar dalam tes hanya diputar sekali dan tidak bisa diulang lagi. 

 

Dalam tes listening, waktu menjawab juga terbatas. Saat tes, kamu juga tidak boleh mengosongkan jawaban, karena halaman itu nantinya juga tetap saja tidak bisa dibuka lagi. Makanya, sebelum ikut tes TOEFL kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

 

Yuk, simak penjelasan dan daftar materi bahasa Inggris yang sering muncul dalam tes TOEFL. Check it out!

 

Materi Bahasa Inggris dalam Listening TOEFL

 

1. Sinonim

Sinonim jadi materi yang sering muncul dalam tes listening. Sinonim, atau synonym dalam bahasa Inggris, adalah 2 kata atau lebih yang mempunyai arti yang sama atau hampir sama. Biasanya kata yang saling bersinonim biasanya punya tulisan dan bunyi yang berbeda. 

 

Dalam tes TOEFL, kamu tidak akan diminta mencari sinonim dari sebuah kata. Nantinya, kamu baru bisa menjawab soal jika kamu mengetahui sinonim kata tersebut. Karena antara audio dan pilihan jawaban memakai kata yang berbeda. 

 

Contoh sinonim dalam bahasa Inggris:

 

Word

Meaning

Synonym 

Beautiful

Indah, cantik

Gorgeous, Dazzling

Begin

Memulai 

Start, Initiate

Destroy 

Menghancurkan 

Ruin, Demolish

Fast

Cepat 

Quick, Rapid

Love

Mencintai, menyukai

Like, Admire

Right

Benar 

Correct, true

 

2. Kalimat negatif

Kalimat negatif atau negative sentence adalah kalimat yang berfungsi untuk menyatakan bahwa ada sesuatu yang tidak benar atau salah. Seperti yang sudah kita tahu, cara paling umum yang digunakan untuk menunjukkan sebuah kalimat negatif adalah dengan adanya kata not dalam kalimat. 

 

Dalam tes TOEFL, kemunculan kalimat negatif tidak hanya dengan kata not. Sebuah kalimat bisa bermakna negatif jika terdapat negative expressions atau kalimat tersebut mengandung kata yang diawali dengan prefix negative, seperti un-, in-, dis-, im-.

 

Contoh kata:

a. Negative words: hardly, little, never, only, scarcely, seldom, no one, nobody, nothing, nowhere, none, dan lain-lain.

b. Negative words dengan prefix: disappointment, dishonest, imperfect, impossible, undone, impolite, unbearable, invalid, unfamiliar, insecure, dan lain-lain.

 

Contoh kalimat: 

  • I'm not interested in your offer. (Aku tidak tertarik dengan tawaran mu.)
  • I do not care whether it rains or not. (Aku tidak peduli apakah hujan atau tidak.)
  • The place was none too clean. (Tempat itu tidak terlalu bersih.)
  • Reports that he has resigned are nonsense. (Laporan yang mengatakan bahwa dia telah mengundurkan diri adalah omong kosong.)
  • She seemed so impatient. (Dia tampak sangat tidak sabar.)
  • I think that you're being unfair. (Aku merasa kamu tidak adil.)

 

Baca juga: Tips Menjawab Soal Listening TOEFL

 

 

3. Comparative

Salah satu cara untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu adalah dengan membandingkan bahwa sesuatu memiliki kualitas lebih baik daripada seseorang atau sesuatu yang lain. Caranya adalah dengan menggunakan comparative, dengan menambahkan -er di akhir kata sifat (adjective), atau menempatkan kata more sebelum kata sifat.

 

a. Jika kata sifat yang hanya terdiri dari satu suku kata, maka tambahkan akhiran -er di akhir kata sifat

Contoh kalimat:

  • Today is even hotter than yesterday. (Hari ini bahkan lebih panas dari kemarin.)
  • It will be cooler when the sun has set. (Akan lebih sejuk saat matahari terbenam.)
  • Last winter was colder than average. (Musim dingin yang lalu lebih dingin dari biasanya.)

 

b. Jika kata sifat yang terdiri dari 2 atau lebih suku kata, dan tidak berakhiran ‘y’ maka tambahkan kata more sebelum kata sifat

Contoh kalimat:

  • The boy is more diligent than anybody else. (Anak itu lebih rajin daripada yang lainnya.)
  • Petrol is becoming more expensive. (Bensin semakin mahal.)
  • The situation was far more dangerous than before. (Situasinya jauh lebih berbahaya dari sebelumnya.)

 

c. Jika kata sifat yang terdiri dari 2 suku kata, dan berakhiran ‘y’ maka tambahkan akhiran -er di akhir kata sifat

Contoh kalimat:

  • You make me happier than I ever thought I could be. (Kamu membuat ku lebih bahagia daripada yang pernah ku pikirkan.)
  • I sometimes wonder who's crazier, him or me. (Kadang aku bertanya-tanya siapa yang lebih gila, dia atau aku.)
  • My little brother is much heavier than me. (Adikku jauh lebih berat dariku.)

 

4. English expression 

Salah satu penyebab kamu kesulitan saat mengerjakan soal TOEFL yaitu karena koleksi vocabulary bahasa Inggris yang kamu kuasai masih sedikit. Otomatis saat mendengarkan audio berbahasa Inggris kamu jadi tidak paham dan tidak bisa menjawab soal dengan benar.

 

Persiapkan diri kamu sebaik mungkin sebelum ikut tes TOEFL dengan mempelajari macam-macam expression dalam bahasa Inggris. Salah satu macam expression dalam bahasa Inggris yang sering muncul dalam TOEFL yaitu expression of agreement atau ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan persetujuan terhadap sesuatu.

 

Berikut adalah beberapa contoh expression of agreement.

 

Expression of Agreement

I agree with you.

You are perfectly right.

I could not agree with you more.

I am with you.

No doubt about it.

 

6. Homophone

Materi terakhir yang sering muncul di soal-soal listening TOEFL yaitu homophone. Apa itu homophone? Homophone adalah kata dalam bahasa Inggris yang punya cara pengucapan yang sama tapi artinya berbeda, seperti pada all ready dan already, ban dan banned, die dan dye, dan masih banyak lagi. 

 

Baca juga: Homophone dalam Bahasa Inggris

 

Saat tes listening TOEFL kamu tidak akan diminta untuk menjawab soal tentang homophone kok. Homophone ini nantinya muncul di soal listening TOEFL sebagai pengecoh. Kebanyakan orang biasanya menjawab soal sesuai dengan apa yang mereka dengar. Nah, inilah yang dimaksud dengan pengecoh. 

 

Antara audio dan pilihan jawaban dibuat seolah-olah kata yang sama, padahal katanya berbeda. Makanya, saat melakukan tes listening TOEFL jangan memilih jawaban yang tulisannya sama dengan kata di audio. Hindari kata yang bunyinya sama!

 

Berikut adalah beberapa contoh dari homophone dalam bahasa Inggris.

 

Word

Homophone 

Lie 

Lay 

One

Won 

Dyeing

Dying 

Complement

Compliment

Cite

Site

Brews

Bruise

Course

Coarse

 

Nah, itulah beberapa materi-materi bahasa Inggris yang sering muncul dalam tes listening TOEFL. Eitss, masih ada banyak materi bahasa Inggris lainnya yang sering muncul di soal listening TOEFL lho. Penasaran apa aja materi lainnya? Yuk, langsung aja daftar program TOEFL Listening Mastery.

 

Di program TOEFL Listening Mastery akan ada materi tes listening TOEFL, contoh dan pembahasan soal listening TOEFL, latihan soal, dan juga tips and trick untuk menjawab soal listening TOEFL dengan cepat dan tepat! Klik DI SINI untuk mendaftar.

 

Kalau kamu tertarik join, tapi ingin bertanya-tanya dulu seputar program TOEFL Listening Mastery, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS.