Yuk, lakukan tips-tips ini agar dapat skor 500 saat menjawab soal tes listening TOEFL. Listening section adalah bagian dari tes TOEFL yang bertujuan untuk menguji kemampuan mendengarkan percakapan atau pidato bahasa Inggris.

 

Menjawab soal listening dalam TOEFL butuh konsentrasi dan fokus yang maksimal lho, agar dapat skor yang maksimal pula. Sesi ini sering dianggap sesi paling susah dalam TOEFL karena merasa kesulitan memahami isi pembicaraan dalam audio.

 

Eits, kalian nggak perlu kebingungan lagi di artikel kali ini Englishvit bakalan ngasih kamu tips supaya nggak kesulitan saat mengerjakan soal listening dalam TOEFL.

 

Tips ini akan Englishvit bagi menjadi 2 bagian, yaitu tips saat sedang persiapan untuk tes dan tips saat sedang mengerjakan tes.

 

Preparation

Persiapan untuk tes TOEFL harus dilakukan minimal satu bulan sebelum tes, supaya kamu familiar dengan materi dan jenis-jenis tes yang akan muncul. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat belajar mempersiapkan diri menghadapi tes listening dalam TOEFL.

 

1. Rutin mendengarkan audio bahasa Inggris

Semakin banyak kamu mendengarkan audio bahasa Inggris, it will help you to increase your listening skill. So, do it consistently!

 

Kamu bisa ngelakuin tips ini di sela-sela kegiatanmu setiap harinya, saat beres-beres atau saat lagi pakai skincare. Sumber audio bahasa Inggris pun udah banyak banget tersedia gratis di internet, jadi kalau kamu pengen jago listening, make time for it!

 

 

2. Jangan cuma belajar dari 1 aksen bahasa Inggris

Saat belajar pastikan kamu berlatih dari beberapa sumber audio dengan aksen yang berbeda-beda. Kenapa? Hal ini supaya kamu terbiasa mendengarkan akses-aksen yang akan diperdengarkan dalam tes.

 

Karena kalau kamu hanya terbiasa mendengarkan satu aksen saja, kamu bakalan kebingungan kalau ada audio lain dengan aksen yang berbeda.

 

 

3. Pelajari pertanyaan yang sering muncul di tes listening

Agar tidak kaget saat mengerjakan soal listening, pastikan saat preparation kamu juga mempelajari jenis-jenis pertanyaan yang sering muncul dalam soal listening.

 

At least, kalau kamu sudah familiar dengan tipe pertanyaannya, kamu akan lebih mudah memahami pertanyaan yang akan keluar dalam tes, meskipun pertanyaannya tidak akan sama persis.

 

 

4. Berlatih menyimpulkan kalimat

Beberapa soal listening kadang tidak memasukkan jawaban yang benar dalam audio, jadi orang yang sedang mengerjakan tes terpaksa harus menyimpulkan sendiri jawaban dari audio yang diperdengarkan.

 

So, selama preparation kamu harus melatih skill ini, karena kemampuan untuk memparafrase dan menyimpulkan kalimat akan sangat membantu saat memilih jawaban.

 

 

During the test

Setelah persiapan, it is the time for you to take the test! Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengerjakan tes listening TOEFL. Apa saja yang harus diperhatikan? Cek listnya di bawah ini yuk!

 

1. Fokus perhatikan pembicara kedua

Ada beberapa tipe audio dalam tes listening, salah satunya tipe audio yang berupa percakapan yang terdiri dari 2 orang. Biasanya jika ada audio berupa percakapan, jawabannya kadang akan ada di pembicara kedua.

 

Jadi jika kamu tertinggal, kamu bisa langsung saja fokus mendengarkan speaker kedua, karena biasanya informasi penting akan ada di bagian itu.

 

 

2. Pilihlah jawaban sinonim dari informasi di audio

Jawaban dalam soal listening kadang dibuat agar orang yang sedang mengerjakannya terjebak, dan akhirnya memilih jawaban yang salah. Setelah kalian paham informasi dari audio, jangan telan mentah-mentah informasi itu.

 

Perhatikan baik-baik pertanyaan dan jawaban yang ada. Karena kadang pilihan jawaban dibuat seolah-olah sama dengan audio, padahal memiliki arti yang sangat berbeda dengan pertanyaan yang diajukan.

 

So, pilihlah jawaban yang bersinonim dengan informasi yang sudah kamu dapatkan dari audio. Remember, the most important thing you need to know is the information in the audio, and not the sound!

 

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan saat mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL. Hopefully after reading these tips you can get the best score on TOEFL. Good luck, guys!

 

Nah, buat sobat Englishvit yang lagi nyiapin diri untuk tes TOEFL buat di persyaratan kuliah ke luar negeri, daftar beasiswa, atau melamar kerja pernah nggak takut ngalamin hal ini saat tes ngerjain TOEFL?

  • Tidak mendapatkan skor akhir yang maksimal
  • Kesulitan memahami soal listening 
  • Kurang paham soal-soal grammar
  • Kesusahan saat mengerjakan soal reading karena tidak hafal vocab

 

Kalau iya, jangan langsung tes! Kalau gagal sayang lho biayanya mahal. Buat persiapan supaya nggak gagal, yuk siapin diri kamu dengan ikutan program TOEFL Master Class di Englishvit. 

 

TOEFL Master Class adalah kelas intensif persiapan test TOEFL yang komprehensif membahas trik rahasia mengerjakan soal-soal di semua sesi test (listening, reading dan structure and written expression). Gimana, tertarik buat daftar? Langsung aja klik DI SINI ya!

 

Kalau kamu tertarik join, tapi ingin bertanya-tanya dulu seputar program TOEFL Master Class, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Sampai Ketemu di kelas!