Buat kamu yang mau kuliah ke luar negeri, sertifikasi TOEFL maupun IELTS menjadi salah satu syarat wajib yang harus kamu miliki.

Tapi, mendapatkan skor TOEFL dan IELTS yang tinggi tentunya tidak mudah. Banyak hal yang menjadi tantangan tersendiri dalam tes ini, salah satunya adalah pada LISTENTING SECTION. Pada bagian listening, kamu dituntut untuk memiliki pendengaran yang ‘peka' akan logat dan pengucapan bahasa Inggris. Kemampuan ini bisa diperoleh dengan banyak berlatih. Kamu juga perlu membaca informasi atau tips & trik untuk menguasai jenis listening section ini.

Nah, kali ini kita akan membahas 5 tips dahsyat yang bisa kamu lakukan untuk menaklukkan listening section ini. Langsung aja!


1. Belajar Pengucapan (Pronunciation)

Bagaimana pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar atau disebut dengan pronunciation kadang menjadi hambatan saat kita berada pada listening section. Apalagi ketika kita tidak pernah belajar pengucapan kata yang benar, bisa jadi kata yang kita dengar jadi salah di pikiran kita dan akhirnya terjadi misunderstanding deh. 

Jika kita sudah terbiasa mendengarkan kata atau memahami pengucapan kata dalam bahasa Inggris, akan semakin muda kita dalam memahami pokok pembicaraan oleh speaker dan mengerti apa yang sebenarnya ditanyakan.


2. Berlatih listening

 Selain belajar pengucapan,  cara jitu untuk bisa melewati listening section ini dengan lancar adalah dengan berlatih listening section test itu sendiri. Caranya bagaimana? Kamu bisa mengunduh soal-soal listening dari berbagai sumber di Internet. Selain itu, kamu bisa mengikuti kursus bahasa inggris, melalui ini kamu biasanya akan sering mendapat latihan mendengarkan (listening). 

Selain latihan soal-soal listening, cobalah untuk membiasakan diri dengan berbicara dan mendengar banyak sumber menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa mendengarkan lagu, menonton film, menyimak berita internasional yang bisa melatih listening.


3. Konsentrasi

Saat akan menghadapi test nantinya, kamu perlu mempersiapkan kondisi fisik dan psikis kamu. Sebelum test, sebaiknya kamu banyak beristirahat, makan-makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup. Jangan lupa untuk sarapan atau mengisi perut saat menjelang tes!


4. Catat point penting saat mendengarkan

Catatlah poin-poin penting pada percakapan yang sedang kamu dengarkan, seperti topik pembicaraannya, apa yang menjadi pokok permasalahannya, bagaimana solusinya dan sebagainya. Namun, JANGAN mencoba mencatat semua detailnya ya!

Contohnya ketika ada jenis soal dialog di dalam kelas, CATAT POIN bagaimana langkah dan penjelasan dari dosen lalu hubungkan keduanya.


5. Perhatikan nada & suara speaker

Cobalah pahami intonasi pembicara/speaker. Intonasi ini akan menggambarkan bagaimana suasana dan latar dari percakapan tersebut.

Dengan memahami nada atau intonasi speaker, hal ini bisa membantu kamu mengerti bagaimana kondisi yang sedang terjadi pada percakapan tersebut.

 

Sekarang sudah tau kan tips listening section?

 

So, ingin tau cara mudah belajar bahasa Inggris lainnya? Langsung klik di bawah ini ya!!

↓↓↓ LESSON TODAY

 

WWW.ENGLISHVIT.COM

 

Untuk belajar santai kamu bisa follow ig kita di

www.instagram.com/englishvit

 

Belajar gratis lewat video kita di channel youtube di sini