Sebagai pembelajar bahasa Inggris, kamu pasti sering kesulitan mencari cara menghafal vocab baru Bahasa Inggris. Saat sudah berusaha menghafal, vocab tersebut seperti tidak nyantol di otak. Hari ini dihafal, besoknya sudah lupa lagi.

Kenapa, sih kita susah menghafal vocab? Banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal ini. Salah satunya karena metode menghafal yang kamu pakai tidak cocok buat kamu. Tiap orang punya metode masing-masing agar mudah menghafal sesuatu.

 3 Cara Mudah Menghafal Vocabulary

Untuk sobat Englishvit yang sedang kesulitan menghafal vocabulary, berikut ada 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan agar bisa menghafal vocab dengan cepat!

1. Buatlah flashcard sebagai media menghafal

Metode menghafal vocab dengan flashcard ini cocok untuk kamu visual learner atau orang-orang yang lebih mudah menyerap informasi melalui indera penglihatan. Setiap kamu menemukan vocab baru yang ingin dihafal, tuliskan vocab itu di sebuah kertas kecil dan tuliskan juga arti vocab itu di bagian kertas sebaliknya. 

Kartu-kartu yang sudah kamu buat dimainkan dengan cara membaca lalu menebak arti yang ada dibalik kartu. Dengan cara itu kamu bisa melatih otak kanan kamu untuk mengingat, lho. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri, namun akan lebih efektif jika kamu memainkan flashcard dengan bantuan teman.

2. Gunakan vocab-vocab yang ingin dihafal saat praktek

Praktek berbicara bahasa Inggris dengan orang lain maupun menulis dapat membantu kamu menghafal vocab. Memakai vocab yang baru kamu pelajari untuk praktek, membuat vocab tersebut mudah melekat di otak. 

Untuk kamu yang kesulitan menemukan teman untuk praktek, kamu bisa lho mengucapkan vocab itu dengan lantang dalam sebuah kalimat, meskipun hanya untuk diri sendiri di depan kaca. Semakin sering kamu praktek dengan vocab yang ingin kamu hafal, semakin besar pula kesempatan kamu untuk hafal vocab tersebut.

3. Perbanyak membaca tulisan berbahasa Inggris

Saat mendengar kata ‘tulisan berbahasa Inggris’, otak kita pasti selalu tertuju pada buku, padahal tulisan berbahasa Inggris tidak cuma ada di buku, lho. Banyak sekali sumber-sumber bacaan berbahasa Inggris yang lebih pendek seperti, di berita, resep makanan, artikel, bahkan caption Instagram juga bisa jadi sarana buat kamu untuk menghafal vocab.

Dengan lebih sering membaca tulisan berbahasa Inggris, kamu jadi akan tau konteks tulisan itu. Hal tersebut bisa membantu kamu mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga membantu kamu mengulang dan mengingat vocab yang sudah kamu pelajari.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah yang bisa sobat Englishvit lakukan untuk menghafal vocabulary agar tidak mudah lupa. Untuk tau tips belajar Bahasa Inggris lainnya, kamu bisa cek Instagram, TikTok, dan Youtube Englishvit ya! 

Jika kamu masih kesulitan juga menggunakan vocabulary saat bercakap-cakap, kamu bisa 

ikut live class Daily Conversation di Englishvit lho. Di kelas Daily Conversation kamu akan belajar speaking dan langsung praktek dengan berbagai topik percakapan yang paling sering dibutuhkan komunikasi sehari-hari. Kamu bisa klik DI SINI untuk mendaftar live class Daily Conversation!