Teknik opening atau pembuka presentasi dalam bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang crucial yang harus diperhatikan semua presenter. Pembuka dalam presentasi inilah yang menentukan audiens tertarik atau tidak untuk mendengarkan presentasi kamu selanjutnya. 

 

Bayangkan jika kamu membuka presentasi dengan grogi dan membosankan. Audiens tidak akan tertarik untuk mendengarkan presentasimu karna sedari awal kamu sudah membuka presentasi dengan cara yang boring

 

Daripada membuka presentasi dengan cara salam dan perkenalan yang boring banget, ada beberapa teknik opening yang bisa kamu gunakan dalam presentasi kamu. Penasaran? Langsung scroll di bawah ya!

 

Teknik Opening Presentasi dalam Bahasa Inggris

 

Berikut adalah tenik-tenik pembuka presentasi dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

1. Mengutip quotes dari tokoh terkenal

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah membuka presentasi dengan quotes dari tokoh yang terkenal. Carilah quotes yang related dengan topik presentasi kamu dan gunakan quotes itu untuk menarik perhatian audiens kamu. Tentu saja ucapkan dengan suara lantang dan percaya diri.

Contoh:

  • “Intelligence plus character is the goal of true education.” –Martin Luther King Jr. (Kecerdasan serta karakter adalah tujuan dari pendidikan yang sejati.)

 

2. Mengajukan Pertanyaan

Teknik menarik lainnya adalah mengajukan pertanyaan kepada audiens tentang topik presentasi kamu. Nah, teknik ini bertujuan untuk mengajak audiens kamu berpikir tentang topik yang akan kamu sampaikan dalam presentasi. Dengan mengajukan pertanyaan, audiens kamu dijamin bakal penasaran dan tertarik banget dengan presentasi kamu. Kalo presentasi kamu tentang efek dari perubahan iklim, ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perubahan iklim juga.

Contoh:

  • "Did you know that the average temperature on Earth has increased by 1.1 degrees Celsius since the late 19th century?" ("Tahukah kamu bahwa suhu rata-rata di Bumi telah meningkat sebesar 1,1 derajat Celsius sejak akhir abad ke-19?")

 

3. Gunakan data atau statistik

Dalam membuka presentasi bahasa Inggris, kamu juga bisa menggunakan data atau statistik  yang mengejutkan yang related dengan topik presentasi kamu. Ini akan membuat pembuka kamu jadi kuat. Audiens akan tertarik jika kamu memberikan fakta menarik yang didasarkan pada data atau statistik yang kuat. Nah, kalo misalnya kamu mau presentasi tentang pentingnya tidur bagi manusia, kamu bisa cari data yang sesuai dengan topik ini.

Contoh:

  • Humans spend 1/3 of their life sleeping. (Manusia menghabiskan ⅓ hidupnya dengan tidur.)

 

4. Teknik bercerita

Teknik pembuka satu ini cocok banget buat kamu yang suka bercerita karna dengan teknik ini kamu bisa membagikan cerita yang relatable yang menghubungkan cerita kamu dengan topik presentasi kamu. Teknik ini akan membuat audiens kamu tertarik mendengarkan presentasi kamu karna kamu membuka presentasi dengan naratif yang santai yang disukai kebanyakan audiens. 

Contoh:

  • Long time ago, I was having difficulty learning English. I thought that I couldn’t even speak English. I struggled a lot and practiced my English every single day. Now, look at me! I am standing here doing this presentation in English. (Dulu aku mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris. Aku pikir aku nggak akan bisa berbahasa Inggris. Aku banyak berjuang dan melatih bahasa Inggrisku setiap hari. Sekarang, lihat aku! Aku berdiri di sini melakukan presentasi ini dalam bahasa Inggris.)

 

5. Statement Yang Kuat

Teknik terakhir yang bisa kamu gunakan adalah gunakan statement yang kuat sebagai pembuka presentasi kamu. Dengan menggunakan statement yang kuat dalam pembuka presentasi kamu, audiens dijamin akan langsung memperhatikan kamu. Statement yang kuat ini juga harus didukung dengan suara yang jelas dan kepercayaan diri agar audiens kamu semakin tertarik dengan presentasi kamu.

Contoh:

  • Mental illness is the leading cause of disability worldwide. (Penyakit mental adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia.)

 

So, itu tadi teknik opening presentasi anti boring yang bikin presentasi kamu menarik dan auto dilirik audiens.

 

Anyway, presentasi dalam bahasa Inggris jadi hal yang sangat penting dalam dunia kerja maupun pendidikan. Dalam banyak hal pasti kita akan melakukan presentasi, entah itu presentasi di kelas, presentasi di depan klien bisnis atau presentasi di depan pimpinan kerja. Maka dari itu, skill presentasi ini harus kamu asah dari sekarang. Aku rekomendasiin kamu buat join English Pro dari Englishvit. Kenapa English Pro?

 

Di kelas ini kamu bakal dapetin kelas intensif untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia profesional yang kompetitif, lho. Kamu juga akan belajar secara spesifik skill-skill yang dibutuhkan dalam dunia profesional speaking dan writing, seperti: Emailing Skills, Presentation Skills, Interview Skills, Small Talk Strategy.

 

Tunggu apa lagi? Yuk, improve skill presentasi kamu dari sekarang! Hubungi nomor admin DISINI untuk pendaftaran dan konsultasi lebih lanjut GRATIS!