Dari keempat skill bahasa Inggris (speaking, listening, reading, writing), skill apa yang menurutmu paling susah dipelajari? Kalau jawabanmu listening artinya you come to the right place

 

Kemampuan listening bahasa Inggris memang cukup challenging untuk dilatih. Banyak orang yang baru melatih skill listening mereka saat sudah akan ikut tes TOEFL. Truth be told kemampuan listening nggak bisa dilatih dalam waktu singkat lho. 

 

Butuh waktu cukup lama lho untuk melatih skill ini supaya kita bisa paham betul saat mendengar ucapan atau audio bahasa Inggris. Ada 3 alasan yang bikin kita susah paham saat ngobrol atau mendengar audio berbahasa Inggris.

 

Alasan Susah Paham saat Listening Bahasa Inggris

 

1. Tidak hafal banyak kosakata bahasa Inggris

Alasan utama kamu tidak paham saat mendengar audio bahasa Inggris yaitu karena kosakata bahasa Inggris yang kamu ketahui masih sedikit. Kalau kamu tidak tahu arti dari kosakata yang digunakan dalam percakapan atau audio, maka kamu tidak akan bisa memahaminya.

 

Nggak ada cara lain untuk mengatasi masalah ini selain memperbanyak hafalan kosakata bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit skill listening kamu akan ikut semakin meningkat dengan meningkatnya vocabulary yang kamu hafal.

 

2. Aksen yang susah dipahami

Pasti sudah familiar dengan aksen British dan American dong? Yups, kedua aksen itu memang aksen yang paling populer dipakai dalam bahasa Inggris. Sebenarnya masih ada lho aksen bahasa Inggris lainnya. 

 

Kadang aksen yang tidak familiar kita pakai atau dengarkan cukup sulit untuk dipahami. Wajar sekali terjadi miskom saat ngobrol dengan orang yang aksennya tidak familiar.  

 

3. Audio terlalu cepat untuk dipahami

Alasan yang ketiga ini sedikit nyambung dengan alasan sebelumnya yaitu tentang kecepatan audio bahasa Inggris yang kita dengarkan. Semakin cepat cara bicara seseorang kadang bisa membuat kita tidak bisa mendengar jelas hal yang dibicarakan.

 

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah meminta orang tersebut untuk memelankan cara bicaranya. Kalau dalam tes TOEFL atau IELTS tidak mungkin ya kita melakukan hal itu. Karenanya, kamu harus membiasakan diri mendengarkan audio TOEFL dan IELTS agar terbiasa. 

 

tips latihan listening bahasa inggris

 

Cara Melatih Skill Listening Bahasa Inggris

Supaya cepat paham saat mendengarkan percakapan dan audio bahasa Inggris, ikuti tips-tips cara melatih skill listening bahasa Inggris berikut ini!

 

1. Mulai dengan mendengarkan audio pendek

Untuk mengawali langkah melatih skill listening bahasa Inggris, sebaiknya kamu bisa mulai dengan mendengarkan audio berdurasi pendek terlebih dahulu. Khususnya untuk para beginner, jangan memaksakan diri untuk mendengarkan podcast bahasa Inggris atau TED Talks kalau kamu memang belum bisa.

 

Mulai dari langkah kecil terlebih dahulu seperti mendengarkan lagu bahasa Inggris atau sesimpel menonton video TikTok atau Instagram berbahasa Inggris. Durasi audio yang kamu dengarkan tidak akan berpengaruh asalkan kamu benar-benar paham dengan isinya. So, know your limit and start with a small step!

 

2. Konsisten mendengarkan audio bahasa Inggris

Tips dan cara yang kedua ini masih berhubungan ya dengan cara sebelumnya yaitu kamu harus konsisten latihan listening setiap hari. Luangkan waktu 15-30 menit hanya untuk benar-benar fokus latihan listening. 

 

Setelah beberapa hari konsisten latihan, kamu akan makin cepat paham saat mendengarkan kata-kata dalam audio. Pilihlah bahan listening yang sesuai dengan kesukaanmu. Ada banyak sumber audio bahasa Inggris, mulai dari video Youtube, film, series, interview, podcast, dan masih banyak lagi!

 

cara belajar listening bahasa inggris

 

3. Menonton dengan subtitle bahasa Inggris

Cara lain untuk meningkatkan skill listening yaitu dengan cara membaca sekaligus mendengarkan secara bersamaan. Menonton video bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk memahami isi video itu.

 

Cara ini juga efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang vocab bahasa Inggris. Ingat penjelasan awal di artikel ini kalau kamu tidak paham banyak kosakata, kamu akan makin susah paham saat ngobrol pakai bahasa Inggris.

 

Kamu juga bisa menerapkan cara ini saat sedang mendengarkan podcast. Ada banyak podcast yang mencantumkan transkrip dari apa yang dikatakan speakers. Kamu bisa mendengarkan dan membaca informasi yang sama di waktu yang bersamaan pula.

 

4. Ikut komunitas belajar bahasa Inggris

Komunitas bahasa Inggris yang nantinya kamu ikuti juga bisa membantu meningkatkan skill listening lho. Dari komunitas itu kamu jadi terbiasa mendengarkan cara orang lain bicara dengan aksen yang berbeda-beda. 

 

Lewat komunitas itu kamu juga bisa sekaligus melatih skill speaking kamu untuk getting know each other dengan orang-orang yang ada di komunitas. Ikut komunitas belajar bahasa Inggris juga bisa jadi jalan pintas kalau kamu tidak punya English environment yang bagus. Kamu juga akan makin sering menggunakan bahasa Inggris jika ikut komunitas itu.

 

So, itulah 5 tips dan bagaimana caranya untuk melatih skill listening bahasa Inggris kamu secara mandiri. Melatih skill listening tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam aja. Butuh konsistensi dan dedikasi tinggi supaya kamu bisa cepat jago listening bahasa Inggris.

 

Kalau kamu mau belajar listening untuk tes TOEFL, Englishvit punya satu program yang cocok buat kamu, yaitu program learning package TOEFL Listening Mastery

 

Di program TOEFL Listening Mastery kamu bisa belajar secara mandiri materi tes listening TOEFL, contoh dan pembahasan soal listening TOEFL, latihan soal, dan juga tips and trick untuk menjawab soal listening TOEFL dengan cepat dan tepat! 

 

Kamu juga bisa akses program ini dimanapun dan kapanpun lho! Menarik, kan? Langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar program TOEFL Listening Mastery.

 

Kalau kamu tertarik join, tapi ingin bertanya-tanya dulu seputar program TOEFL Listening Mastery, kamu bisa langsung menghubungi admin di bawah untuk konsultasi secara GRATIS.