Sering kali kita menemukan kata because dan because of dalam kalimat entah itu dalam speaking, writing atau reading. Nah, kita bener-bener harus memperhatikan penggunaan dua kata ini agar tidak salah karena penggunaan because dan because of ini sedikit berbeda. Sebenarnya apa sih perbedaan because dan because of? Simak perbedaannya disini ya!

 

Because

Because dalam part of speech punya peran sebagai subordinating conjunction atau sebagai kata yang dapat menghubungkan dua klausa. Kata ini digunakan untuk menyatakan sebab atau alasan yang langsung menyebabkan suatu kejadian atau tindakan. In addition, sebagai subordinating conjunction, kata ini dapat digunakan pada awal kalimat atau di tengah kalimat. Biar lebih jelas kita simak rumusnya yuk!

 

Rumus because

Because + Subject + Verb + (comma)+ Main clause 

Main clause + Because + Subject + Verb

 

Contoh Kalimat

  • I can't go to the party because I have to work. (Saya tidak bisa pergi ke pesta karena saya harus bekerja.)
  • He couldn't finish the project on time because he was sick. (Dia tidak dapat menyelesaikan proyek tepat waktu karena ia sakit.)
  • Because the weather is bad, the flight was cancelled  (Karena cuaca buruk, penerbangan dibatalkan.)
  • Because she received a gift from her friend, she felt happy. (Karena ia menerima hadiah dari temannya, dia merasa bahagia.)
  • The restaurant was crowded because it was a holiday weekend. (Restoran penuh sesak karena akhir pekan libur.)

 

Because of

Next, kalo because of dalam part of speech berfungsi sebagai preposition atau kata depan yang digunakan sebelum kata beda atau kata ganti. Because of juga digunakan untuk menyatakan alasan atau penyebab dari suatu kejadian atau kondisi. Yuk, simak rumusnya biar lebih paham.

 

Rumus Because of

Because of + Noun (phrase) / Pronoun / Verb-ing

 

Contoh Kalimat Because of

  • I missed the bus because of the traffic. (Aku ketinggalan bus karena macet.)
  • She couldn't come to the party because of her grandma's illness. (Dia tidak bisa datang ke pesta karena kesehatan neneknya yang sakit.)
  • The concert was cancelled because of the bad weather. (Konser dibatalkan karena cuaca buruk.)
  • We arrived late at the meeting because of the delayed flight. (Kami datang terlambat ke pertemuan karena penerbangan terlambat.)
  • He couldn't finish the project on time because of his busy schedule. (Dia tidak bisa menyelesaikan proyek tepat waktu karena jadwalnya yang padat.)

 

Nah itu tadi penjelasan perbedaan penggunaan Because VS Because of yang wajib kamu tahu. Walau keliatannya sama, jangan sampai salah ya!

 

Buat kalian yang masih mau tau tips bahasa Inggris kayak gini atau yang merasa perlu improve bahasa Inggris dari awal, kamu bisa banget join English For Basic dari Englishvit. Kelas ini cocok banget buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris dari 0 sampai bisa.

 

Selain guru yang profesional, kamu juga akan mendapatkan lingkungan belajar yang mendukung dengan teman-teman yang sama-sama masih belajar. Dijamin bahasa Inggris kamu semakin improve dalam kurun waktu 1 BULAN!

 

Tunggu apa lagi? hubungi admin DISINI untuk konsultasi dan pendaftar lebih lanjut GRATIS!