Istilah bahasa Inggris tentang Hari Kemerdekaan Indonesia ini wajib kamu ketahui! MERDEKA! MERDEKA! MERDEKA! Tak terasa dua hari lagi seluruh rakyat Indonesia akan bersama-sama memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. 

 

Sejak dimulainya bulan Agustus, sebagian besar rakyat Indonesia sudah mulai merencanakan untuk memperingatinya, mulai dari mengadakan lomba, parade, pentas seni, dan masih banyak lagi. Nah, untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, yuk kita pelajari kembali istilah-istilah bahasa Inggris yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

 

Englishvit sudah merangkum beberapa istilah dan kosakata yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Langsung saja, simak daftar istilahnya di bawah ini!

 

 

Istilah Bahasa Inggris tentang Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

 

1. Hari Kemerdekaan

Bahasa Inggrisnya Hari Kemerdekaan adalah Independence Day. Jika kamu ingin mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia, kamu bisa mengubahnya menjadi Happy Independence Day, Indonesia.

 

Contoh kalimat:

  • How do you celebrate Independence Day

(Bagaimana kamu merayakan Hari Kemerdekaan?)

 

  • We used to celebrate Independence Day at my parents house. 

(Kami biasa merayakan Hari Kemerdekaan di rumah orang tua saya.)

 

2. Upacara Bendera

Salah satu acara yang identik dengan perayaan 17 Agustus adalah upacara bendera. Upacara bendera dalam bahasa Inggris disebut sebagai ceremony atau flag ceremony

 

Contoh kalimat:

  • The President was represented at the ceremony by the Vice-President. 

(Dalam upacara tersebut Presiden diwakilkan oleh Wakil Presiden.)

 

  • The ceremony opened with a fanfare of trumpets. 

(Upacara dibuka dengan tiupan terompet.)

 

3. Proklamasi

Proklamasi dalam bahasa Inggris disebut proclamation. Pada saat tanggal 17 Agustus 1945, tepatnya 77 tahun yang lalu, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

 

Contoh kalimat:

  • Today marks the 77th anniversary of the Proclamation of Independence of the Republic of Indonesia. 

(Hari ini memperingati 77 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.)

 

  • The Proclamation of Indonesian Independence was read at 10:00 on Friday, August 17th, 1945 in Jakarta. 

(Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada pukul 10.00 pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 di Jakarta.)

 

 

4. Lagu Kebangsaan

Salah lagu yang diperdengarkan dalam setiap upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan adalah Lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lagu kebangsaan dalam bahasa Inggris disebut sebagai national anthem.

 

Contoh kalimat:

  • Everyone stood up for the national anthem

(Semua orang berdiri saat lagu kebangsaan.)

 

  • During the flag ceremony, we sang the national anthem of Indonesia. 

(Saat upacara bendera, kami menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.)

 

5. Lomba 17 Agustus

Perayaan 17 Agustus identik dengan melakukan lomba 17 Agustus. Berikut adalah nama-nama lomba 17 Agustus dalam bahasa Inggris.

 

Nama-nama lomba Agustusan dalam bahasa Inggris:

  • Cracker eating competition = Lomba makan kerupuk
  • Greasy pole = Lomba panjat pinang
  • Tug of war = Lomba tarik tambang
  • Egg-and-spoon Race = Lomba balap kelereng
  • Sack race = Lomba balap karung
  • Pillow fight game = Perang Bantal
  • Stilts running race = Lomba Balap Egrang

 

Itulah 5 istilah penting yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dalam bahasa Inggris. Selain istilah-istilah yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, berikut adalah ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu gunakan. Check it out!

 

Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2022 dalam Bahasa Inggris

 

 

1. Let your spirit fly high with the Indonesian flag today. Happy Independence Day!

(Artinya: Kobarkan semangatmu setiggi bendera Indonesia hari ini. Selamat Hari Kemerdekaan!)

 

2. Freedom does not come without a price, and neither did ours. Never forget the bloodshed and brutality that this great nation has endured in the past. Happy Independence Day, Indonesia! 

(Artinya: Kebebasan tidak datang begitu saja, begitu pula dengan negara kita. Jangan pernah lupakan pertumpahan darah dan kebrutalan yang dialami bangsa ini di masa lalu. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!)

 

3. No matter what our religion, race, and culture, in the end, we are all Indonesians. May our nation became the most prosperous in the world. Happy Independence Day! 

(Artinya: Apapun agama, ras, dan budaya kita, pada akhirnya kita semua adalah orang Indonesia. Semoga bangsa kita menjadi yang paling makmur di dunia. Selamat Hari Kemerdekaan!)

 

4. Happy independence day to our beloved Indonesia. May our country progress in everything and become the best country in the whole world. 

(Artinya: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia kita tercinta. Semoga negara kita maju dalam segala hal dan menjadi negara terbaik di seluruh dunia.)

 

 

5. We all are so different, but there is one thing that unites us and it is independence. We should honour it and never forget how hard it was to get it. Happy Independence Day!

(Artinya: Kita semua sangat berbeda, tetapi ada satu hal yang menyatukan kita, yaitu kemerdekaan. Kita harus menghormatinya dan tidak pernah melupakan betapa sulitnya mendapatkannya. Selamat Hari Kemerdekaan!)

 

6. To our freedom fighters, to our soldiers, annd to our heroes of the nation, they are the reason we are still alive and we should never forget their sacrifice. Happy Independence Day!

(Artinya: Untuk para pejuang kemerdekaan kita, prajurit, dan pahlawan bangsa kita, mereka adalah alasan kita masih hidup dan kita tidak tidak boleh melupakan pengorbanan mereka. Selamat Hari Kemerdekaan!)

 

7. I am proud to be Indonesian and wish all the Indonesians a Happy Independence Day! 

(Artinya: Aku bangga menjadi orang Indonesia dan aku mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan kepada semua orang Indonesia!)

 

8. Freedom is not a reason for us to stop fighting, but a reason to fight harder. Happy 77th Independence Day of the Republic of Indonesia and to all Indonesian. 

(Artinya: Kemerdekaan bukanlah alasan bagi kita untuk berhenti berjuang, tetapi alasan untuk berjuang lebih keras, Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan untuk seluruh rakyat Indonesia.)

 

 

9. Differences make us strong. As long as we are always united, obstacles will be challenges that we can be overcome! Happy Independence Day Indonesia! 

(Artinya: Perbedaan membuat kita kuat. Selama kita selalu bersatu, rintangan akan menjadi tantangan yang bisa kita atasi! Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!)

 

10. Thousands laid down their lives so that our country can celebrate this day. Never forget their sacrifices. Happy Independence Day!

(Artinya: Ribuan orang mempertaruhkan nyawa mereka agar negara kita dapat merayakan hari ini. Jangan pernah lupakan pengorbanan mereka. Selamat Hari Kemerdekaan!)

 

Nah, itulah istilah-istilah bahasa Inggris yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, serta ucapan Hari Kemerdekaan dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah hafalan kosakata bahasa Inggris kamu.

 

Buat para sobat Englishvit yang pengen jago speaking buat percakapan sehari-hari, Englishvit punya program Daily Conversation lho yang cocok buat kamu. Kelas Daily Conversation didesain khusus buat membantu kamu meningkatkan speaking skill buat komunikasi sehari-hari. 

 

Hanya dalam waktu 1 bulan aja, kamu udah bisa lancar speaking lho! Selain skill speaking kamu yang diasah, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Daily Conversation, yaitu:

  • Lebih percaya diri untuk bicara dengan bahasa Inggris
  • Pengetahuan vocabulary dan ungkapan sehari-hari makin bertambah dan pronunciation kamu makin bagus
  • Dibimbing belajar bahasa Inggris dengan tutor belajar yang berpengalaman dan profesional
  • Punya English speaking environment yang suportif dan tidak judgmental
  • Tidak kesulitan memahami percakapan sehari-hari karena sudah hafal banyak kosakata dan tidak perlu ribet menghafal grammar

 

Yuk, kita dengarkan cerita salah satu alumni Englishvit yang pernah join program live class Daily Conversation.

 

 

Kak Tri sudah membuktikannya lho. How about you?

 

Buat kalian yang pengen ngikutin jejak Kak Tri meningkatkan skill bahasa Inggris, langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class Daily Conversation.

 

Kalau kamu tertarik dan ingin bertanya-tanya dulu seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!