Apa itu noun phrase? Noun phrase bisa dibilang materi lanjutan dari parts of speech dalam bahasa Inggris. Kamu mungkin sering membaca atau mendengar penggunaan noun phrase di kalimat bahasa Inggris tapi tidak sadar saja.

 

Familiar dengan kata ‘a beautiful woman’ atau ‘a handsome boy’? Nah, kedua ungkapan itu termasuk dalam contoh dari noun phrase lho. Supaya nggak bingung lagi,  simak pembahasan dan contoh noun phrase dalam bahasa Inggris berikut ini! Check it out!

 

Pengertian Noun Phrase

Noun phrase adalah kumpulan dua kata atau lebih dalam kalimat yang punya fungsi sebagai sama seperti kata benda (noun), yaitu sebagai subjek, objek, pelengkap, atau sebagai objek preposisi. Dalam bahasa Indonesia noun phrase dikenal dengan istilah frasa kata benda. 

 

Tujuan penggunaan noun phrase adalah untuk memberikan deskripsi lebih detail tentang noun dalam sebuah kalimat. Jadi, orang yang mendengar atau membaca kalimat kita bisa paham betul deskripsi dari noun yang kita sebutkan dalam kalimat.

 

Noun phrase memang terdiri dari dua kata atau lebih, tapi sebuah noun phrase tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat ya. Hal ini karena noun phrase bukanlah kalimat yang lengkap. Sebuah noun phrase tidak punya subjek dan predikat.

 

Contoh Noun Phrase

 

 

1. Noun phrase sebagai subject

Sebuah kalimat membutuhkan subjek agar jadi jadi kalimat lengkap. Noun phrase bisa dipakai sebagai subjek dalam kalimat bahasa Inggris. 

Contoh: 

  • His new car got towed yesterday. (Mobil barunya diderek kemarin.)
  • My cat woke me up this morning. (Kucingku membangunkanku tadi pagi.)
  • The haunted house is bought with a cheap price. (Rumah berhantu itu dibeli dengan harga murah.)

 

2. Noun phrase sebagai object

Sebuah kalimat juga kadang membutuhkan sebuah objek. Noun phrase juga bisa berfungsi sebagai objek dalam sebuah kalimat.

Contoh: 

  • I bought shoes with black stripes. (Aku membeli sepatu dengan garis-garis hitam.)
  • I want the last Harry Potter novel as my birthday present. (Aku mau novel Harry Potter terakhir sebagai hadiah ulang tahunku.)

 

3. Noun phrase sebagai object of preposition

Object of preposition adalah kata benda ataupun pronoun yang letaknya setelah kata depan (preposition), seperti in, on, at, by, to, into, dan lain-lain. 

Contoh: 

  • Most people consider our manager a great boss. (Kebanyakan orang menganggap manajer kita sebagai bos yang hebat.)
  • Harry Potter is her most favorite novel. (Harry Potter adalah novel favoritnya.)

 

Nah, itulah penjelasan tentang noun phrase dan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris. It’s easy, right? Penggunaan noun phrase di kalimat bahasa Inggris berfungsi untuk membuat kalimat itu makin lebih detail penjelasannya. 

 

Untuk kalian yang sering merasa kurang PD speaking karena takut salah grammar, atau sering berhenti ditengah kalimat saat speaking karena bingung harus pakai grammar apa, don’t worry! Masalah itu bisa kamu atas dengan ikut kelas Grammar for Speaking di Englishvit!

 

Di kelas Grammar for Speaking kamu akan belajar dan memahami cara penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan. Setelah ikut kelas Grammar for Speaking, kamu dijamin bisa:

  • Tidak kesulitan memahami percakapan karena paham teori grammarnya
  • Nggak lagi diketawain orang karena salah grammar
  • Bisa ngomong cas cis cus karena nggak lagi takut membuat kalimat yang salah

 

Tertarik untuk belajar bahasa Inggris bersama di Englishvit? Langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class Grammar for Speaking. Kamu juga bisa berkonsultasi dulu secara GRATIS terkait program dengan admin DI SINI ya! See you in one of our classes!