Seringkali kita sering dengar ungkapan check it out dan check this out dalam percakapan sehari-hari yang lebih non-formal. Banyak influencer di sosial media juga menggunakan ungkapan ini. Sebenarnya apa perbedaan check it out dan check this out

 

Halo learners! Masih semangat kan belajarnya! Talk about this topic, kedua frasa ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama yang mana untuk menunjukkan sesuatu yang penting pada orang lain. Dalam bahasa indonesia bisa diartikan “lihat!” Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya, yuk! Scroll ke bawah ya!

 

Penggunaan It vs This

Sebelum kita masuk ke perbedaan “Check it Out vs Check This Out”, kita harus tahu dulu nih perbedaan “it vs this”!

 

“It” dalam bahasa Indonesia yang dapat bermakna ini, itu, atau dia. Nah, bedanya dengan yang lain, it maknanya luas banget dan bisa mencakup berbagai konteks dan sesuatu yang kita tunjuk dengan it tidak berada di dekat kita. Nah fungsi lainnya apa aja sih?

 

Secara umum, it bisa berfungsi sebagai pronoun atau kata ganti untuk benda atau hewan yang tunggal atau singular.

 

contoh: 

  • I have a cat. It is so cute. (Aku punya kucing, kucing itu lucu banget)
  • That cake is delicious. My mom made it. (Kue itu enak. Ibuku yang membuatnya)
  • I hate spider. It makes me nervous. (Aku benci laba-laba. Itu membuatku grogi)

 

Alright, how about “this”? This dalam bahasa Indonesia bermakna “ini” merupakan demonstrative determiner yang digunakan untuk menunjuk objek tunggal yang jumlahnya satu. Nah, harus di highlight kalo this wajib digunakan untuk membicarakan objek yang dekat dengan pembicaranya.

 

Setelah tau perbedaan it dan this sekarang kita simak langsung penggunaan check it out vs check this out yuk!

 

Check It Out

Check it out dapat dimaknai “ayo lihat! atau ayo periksa!” yang biasanya disampaikan sebagai permintaan atau ajakan. Frasa ini digunakan untuk meminta atau mengajak temen kamu untuk memeriksa atau melihat sesuatu yang tidak ada disekitar kamu atau temen kamu. Why? Karna menggunakan “it”.

 

Contoh kalimat:

  • "Check it out, there's a new restaurant that just opened up down the street." (Cek ini, ada restoran baru yang baru saja buka di sebelah.)
  • "Check it out, I just found a great deal on a new laptop online." (Cek ini, aku baru aja nemuin penawaran bagus buat laptop baru online.)
  • "Check it out, I just learned a new trick on my skateboard." (Liat ini, aku baru aja belajar trik baru skateboardku.)
  • "Check it out, there's a new exhibit at the museum that looks really interesting." (Liat ini, ada pameran baru di museum kayaknya menarik.)
  • "Check it out, I just got a new car and I want to take you for a ride." (Cek ini, Aku baru aja dapetin mobil baru dan aku mau jalan-jalan sama kamu.”

 

Check This Out

Nah, kalo check this out memiliki makna yang sama dengan check it out yang digunakan untuk meminta seseorang untuk melihat dan memeriksa sesuatu, namun bedanya sesuatu tersebut berada dekat sama kamu.

 

Contoh kalimat:

  • "Hey, check this out! I just learned a new dance move!" (Lihat ini! Aku baru aja belajar gerakan tari baru!)
  • "Check this out, I found a really cool vintage jacket at the thrift store today!" (Lihat ini, aku nemuin jaket vintage yang sangat keren di toko barang bekas hari ini!)
  • "You have to check this out, my friend just got a tattoo of a dragon on his back!" (Kamu harus lihat ini, temanku baru aja membuat tato naga di punggungnya!)
  • "Check this out, I just discovered a new hiking trail that leads to an amazing waterfall!" (Lihat ini, aku baru aja nemuin jalur hiking baru yang mengarah ke air terjun yang bagus banget!)
  • "You've got to check this out, I just made the most delicious chocolate cake ever!" (Kamu harus lihat ini, aku baru aja bikin kue cokelat yang paling lezat sepanjang masa!)

 

Nah, itu tadi perbedaan penggunaan check it out dan check this out. Gimana? gampang kan? Kalo kamu masih mau tau tips daily phrase dan conversation kayak gini biar speakingmu lebih improve, kamu harus banget join Daily Conversation dari Englishvit.

 

Kenapa Daily Conversation? Karena di kelas ini kamu akan dapetin tips-tips speaking percakapan sehari-hari yang tentunya dijamin bikin speakingmu lebih jago dan improve!

Setelah ikut kelas ini kamu dijamin bisa:

  • Lancar percakapan seputar kebiasaan sehari-hari
  • Improve speaking kamu lebih cepat dan lebih baik
  • Lebih percaya diri dalam speaking bahasa Inggris
  • Punya pemahaman basic tentang bahasa Inggris

 

So, tunggu apa lagi. Diskon khusus buat kamu kalo daftar sekarang juga. Klik DISINI untuk pendaftaran atau konsultasi kelas secara GRATIS.