Prepositional phrase adalah salah satu tipe frasa dalam bahasa Inggris. Kalau sebelumnya kita sudah membahas secara lengkap tentang materi noun phrase, kali ini kita akan membahas tipe phrase lainnya, yaitu prepositional phrase. 

 

Prepositional phrase beda lho preposition! Keduanya punya fungsi yang berbeda dalam kalimat bahasa Inggris. Preposition adalah kata yang digunakan sebelum noun atau pronoun untuk menunjukkan arah, lokasi, atau waktu, atau untuk memperkenalkan suatu objek.

 

Lalu, apa itu prepositional phrase? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Baca juga: Perbedaan Word, Phrase, Clause, dan Sentence

 

Pengen lancar ngomong pakai bahasa Inggris tanpa mikir? Yuk, kelas bahasa Inggris di Englishvit! Klik DI SINI buat join!

 

Pengertian Prepositional Phrase

Prepositional phrase adalah gabungan kata yang terdiri dari sebuah preposisi (preposition) dan kata benda (noun), kata ganti (pronoun), atau frasa kata benda (noun phrase). Noun, pronoun, atau noun phrase yang terletak setelah preposition dalam prepositional phrase disebut sebagai object of preposition.

 

Sebuah prepositional phrase berfungsi untuk menambahkan informasi ke dalam sebuah kalimat. Dalam menambahkan informasi, sebuah prepositional phrase dapat berdiri dalam kalimat bahasa Inggris sebagai adjective (kata sifat) atau sebagai adverb (kata keterangan).

 

Biasanya, Sebagai adverb (kata keterangan), prepositional adverb menjawab pertanyaan tentang how? (bagaimana), when? (kapan), atau where? (dimana).

 

Supaya lebih paham, perhatikan contoh di bawah ini.

 

Sentence

Preposition

Object of Preposition

I will get married in the future.

in

the future

Everything happens for a reason.

for

a reason

We are making a few changes to the house before we sell it.

to

the house

 

Rumus Membuat Prepositional Phrase

Membuat prepositional phrase sangatlah mudah. Sebuah prepositional phrase harus terdiri dari preposition dan object of preposition. Object of preposition dapat berupa noun, pronoun, atau noun phrase.

 

Rumus prepositional phrase:

 

Preposition + Object of Preposition

Preposition + Noun/Pronoun/Noun Phrase

 

Contoh penggunaan prepositional phrase dalam kalimat:

  • That boy at the park is so happy.

(Anak laki-laki di taman itu sangat bahagia.)

 

  • I felt out of place among foreigners.

(Aku merasa asing di antara orang asing.)

 

  • I haven’t seen you for ages.

(Aku sudah lama tidak melihatmu.)

 

  • All students speak at the same time.

(Semua siswa bicara di waktu yang sama.)

 

  • This model goes on sale next month.

(Model ini mulai dijual bulan depan.)

 

Nah, itu dia materi tentang prepositional phrase yang harus kamu pahami. Gampang kan? Buat kalian yang udah nyoba belajar bahasa Inggris sendiri tapi ngerasa skill bahasa Inggris kamu stuck dan gitu-gitu aja, yuk langsung aja join di kelas English for Basic di Englishvit!

 

Kelas English for Basic cocok banget buat yang pengen belajar bahasa Inggris dari dasar karena kamu bakal diajarkan skill-skill dasar bahasa Inggris langsung praktik dari NOL sampai BISA.

 

Setelah ikut kelas English for Basic, kamu dijamin bisa:

  • Punya skill dasar speaking, listening, writing, reading bahasa Inggris
  • PD ngomong pakai bahasa Inggris
  • Paham grammar dan hafal vocabulary untuk speaking
  • Punya partner belajar bahasa Inggris yang tidak judgmental

 

Selain itu, kamu juga bakalan dapetin berbagai macam benefits seperti ebook, audio, video, daily quiz dan group konsultasi pembelajaran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat gabung kelas English for Basic

 

Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class English for Basic, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai jumpa di kelas!