Englishvit.com - Saat menyatakan waktu dan ruang, ada 3 kata yang sering digunakan, yaitu: inon, and at. Kata tersebut dinamakan preposisi atau kada depan yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata dalam kalimat. Beberapa preposisi sangatlah mudah dimengerti, seperti: behind, over, under, next to, etc.

Namun, beberapa terkadang membingungkan, penggunaan in, on, at misalnya. Dalam artikel kali ini, kita bakal jelasin peraturan tentang penggunaan inon, dan at pada sebuah kalimat. Untuk menjelaskan waktu dan tempat urutan preposisi dari general ke spesifik adalah inon, lalu at.

 

Prepositions and Time

Kita mulai dari waktu dulu ya. English speaker menggunakan in untuk merujuk kepada sesuatu yang lebih umum dan lama jangka waktunya, seperti bulan, tahun, dekade atau abad, misalnya: “in April,” “in 2015” atau “in the 21st century.”

Untuk jangka waktu yang lebih pendek dan spesifik, kita gunakan on untuk menyatakan hari, tanggal dan holiday. Oleh karena itu, biasanya kita mendengar kalimat seperti, “I went to work on Monday,” atau “Let’s have a picnic on Memorial Day.”

Untuk waktu yang paling spesifik atau untuk holiday yang tidak menggunakan kata “day,” kita gunakan at, seperti, “Meet me at midnight,” atau “The flowers are in bloom at Easter time.”

 

Prepositions and Place

Saat merujuk pada tempat, kita gunakan in untuk dimensi yang paling luas dan umum, seperti “Monas is located in Jakarta” atau “for the best beach, try to visit a beach in Bali.”

Untuk tempat yang lebih spesifik seperti jalan, gunakan preposisi on. Contoh: You may know that Hamengkubowono lives on Rotowijayan Street in Yogyakarta.

Untuk tempat yang paling spesifik seperti alamat atau persimpangan, kita gunakan preposisi at, seperti, “Come to my office at Jl. Abimanyu, Kasihan, Bantul.” To be exact, it’s at the corner of the Street.”

Selain itu, dalam bahasa Inggris, terdapat pengecualian dalam menggunakan preposisi. Misalnya, dalam konteks menggunakan transportasi. Kita gunakan on untuk kendaraan umum seperti bus atau kereta, begitupun kendaraan kecil seperti sepeda, “I rode there on my bicycle.” Namun, kita gunakan in untuk mobil, misalnya, “I saw him in a car.

Preposisi on digunakan untuk transportasi yang terbuka, seperti : horse, bicycle, etc. Sedangkan, preposisi in digunakan untuk menyatakan transportasi tertutup, seperti: car, helicopter, taxi, truck, van, etc.

Preposisi on juga dapat digunakan untuk menyatakan jenis transportasi tertutup yang memungkinkan kita untuk berjalan di dalamnya, seperti: airplane, train, etc. Berbeda dengan car, helicopter, truck atau taxi, walaupun sama-sama tertutup kita tidak dapat melakukan aktivitas seperti berdiri dan berjalan-jalan di dalamnya.

Itulah tadi penjelasan tentang penggunaan in, on, at dalam kalimat beserta contoh-contohnya. Kalau kamu merasa ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar ya!  KLIK DI SINI untuk konsultasi, GRATIS!