Selama PPKM ini pasti banyak yang kerjaannya cuma nganggur dirumah sambil binge watching, hayoo ngaku deh! Aku juga kok hhhh. Binge watching emang seru banget si, tapi bakal lebih seru lagi kalo kita bisa binge watching dan tetap produktif, ya ngga? Apalagi kalau kalian lagi belajar bahasa Inggris. Bisa banget manfaatin hobi nonton film kalian sebagai sarana belajar bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris dari film tuh seperti diskon guys, awalnya lihat-lihat lama-lama bablas. Niatnya mau belajar, eh malah keterusan nonton. Supaya gak khilaf terus, EnglishVit bakalan share tips belajar bahasa Inggris dari film dengan 3 langkah super sederhana. Penasaran? Yuk langsung kita bahas!

Sebelum mulai belajar, list dulu nih judul film kesukaan kalian -jangan film Korea ya- utamakan yang bahasa Inggris seperti The Avengers, To All The Boys I love Before, The Silence, Riverdale, Stranger Things atau bahkan serial misteri seperti Sherlock Holmes. Kalau udah, baru nih kita mulai dari step pertama:

 

Menggunakan subtitle Indonesia

Iya betul kalian ngga salah baca, langkah pertamanya adalah menonton film kesukaan kalian menggunakan subtitle Bahasa Indonesia. Jangan lupa pakai headset maupun earphone ya, goals pertama disini adalah untuk membiasakan kalian dengan dialog bahasa Inggris. Nah kalau udah nonton filmnya dan mulai terbiasa dengan dialog bahasa Inggris, mulai deh mencocokkan apa yang sedang diucapkan aktor dengan subtitle.

“Dengan cara ini kalian pasti bisa menangkap satu atau dua kalimat Bahasa Inggris beserta maksud / konteksnya.”

Setelah selesai menonton dalam bahasa Indonesia, kalian harus tonton ulang filmnya. Jadi, pastikan untuk menonton film yang benar-benar kalian sukai ya. Btw, film apa nih yang paling kalian sering rewatch? Kalau aku suka banget sama Jurassic World, udah sampai rewatch lebih dari 20 kali dan hafal 75% dialognya (bukan dialog T-Rex sama Raptor ya). 

Buat kalian yang suka series juga bisa kok. Caranya, kalian bisa tonton episode satu pakai subtitle bahasa Indonesia lalu episode dua kalian nontonnya….

Menggunakan subtitle Bahasa Inggris 

         Karena sebelumnya udah menonton filmnya pakai subtitle Bahasa Indonesia, tentunya kita udah tau apa yang terjadi di filmnya kan. Jadi aksi menonton ulang yang kedua ini berfokus kepada kemampuan mengingat kalian. Coba pasangkan maksud subtitle bahasa Inggris yang keluar dengan konteks yang ada di ingatan kalian, jika memang perlu mencatat kalian boleh banget ni bikin list tentang hal yang ngga kalian paham dan searching jawabannya di google

Dengan melakukan hal ini, kalian bakal lebih mudah menghafal dan memahami kalimat bahasa Inggris dan konteksnya. Jangan lupa dipraktekkan juga ya guys kalimat-kalimat keren yang kalian dapat dari filmnya. Nah, kalau udah sampai tahap pakai subtitle bahasa Inggris, saatnya uji nyali, kita tes sejauh mana kemampuan kita menonton film... 

Tanpa menggunakan subtitle

         Kalau kalian berhasil melewati ujian ini, “slamet” -nama saya bukan “Slamet”- “selamat” maksudnya, congratulation, sekarang kalian greget, bisa nonton film tanpa subtitle. Kece abis deh pokoknya, Mad Dog, lewat...

 Supaya kalian beneran bisa, jangan cuma dibaca doang ya guys artikelnya, tapi langsung dipraktekin. Kalau udah paham satu film, coba ganti film tontonan kalian biar makin hari makin jago. Untuk kalian yang gak hobi nonton lama-lama, boleh banget kok pakai metode di atas untuk nonton film-film atau video pendek berbahasa Inggris. 

Banyak banget film pendek di YouTube yang bisa kalian tonton di channel-channel seperti Wong Fu Production, Omeleto dan Short of The Week. Semoga 3 langkah sederhana ini membantu ya. Kalau sudah biasa dan kurang greget, kalian bisa skip langkah pertama, langsung nonton pakai subtitle bahasa Inggris. Masih banyak nih cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan, stand by di blog EnglishVit ya untuk tips-tips selanjutnya.