Kalau kamu punya cita-cita tinggal di luar negeri, jangan lupa untuk belajar conversation bahasa Inggris ya. Conversation bahasa Inggris bisa dengan mudah kamu lakukan saat kemampuan speaking bahasa Inggris kamu sudah bagus. Skill ini penting agar kamu bisa membangun conversation atau percakapan bahasa Inggris dengan warga lokal nantinya di luar negeri.

Kenapa sih speaking penting? Karena dengan speaking kamu jadi bisa bertukar informasi secara lancar. Kamu dipaksa harus bisa melakukan conversation dengan skill speaking kamu itu agar bisa bertahan hidup di negeri orang.

Cara Cepat Belajar Conversation Bahasa Inggris

Penasaran gimana caranya bisa cepat belajar conversation bahasa Inggris? Cek 4 cara di bawah ini ya!

1. Bicarakan hal-hal yang kamu sukai

Saat membicarakan yang hal-hal yang disukai, kamu pasti akan lebih banyak ngomong dan excited karena sedang membicarakan hal-hal yang relatable banget buat kamu. Saat ngobrol pun, kita sering lupa waktu karena asyik dengan topik yang kita suka. 

Nah, kamu bisa terapkan cara ini saat belajar conversation, lho. Bukalah obrolan tentang hal-hal yang kamu dan partner latihan speaking kamu sukai seperti hobi, makanan kesukaan, pengalaman liburan, dan lain-lain, sehingga percakapanmu dengan bahasa Inggris akan berlangsung lama.

2. Memakai slang saat speaking

Slang sama dengan bahasa gaul. Saat mulai belajar bahasa Inggris, kita pasti selalu terpaku mempelajari aturan-aturan grammar dalam bahasa Inggris yang tak ada habisnya. Namun saat berbicara dengan native speakers, semua aturan-aturan itu kadang tidak muncul dalam percakapan kamu. Kebanyakan native speakers menggunakan slang saat sedang bicara. Ada baiknya kamu membiasakan diri dengan slang yang digunakan oleh native speakers saat mereka berbicara agar bisa memahami betul hal yang mereka bicarakan.

3. Meniru cara bicara native speakers

Meniru native speakers saat bicara cocok untuk kamu yang kurang pede karena punya aksen medok atau aksen-aksen daerah lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan nonton interview atau wawancara berbahasa Inggris di YouTube. Dari video itu kamu bisa mempelajari gerak-gerik, ekspresi wajah, bentuk mulut pembicara di video.saat mengucapkan kalimat atau kosakata tertentu saat dua orang sedang bercakap-cakap. Kamu bisa meniru hal-hal yang ada di video untuk praktekkan saat berlatih agar skill speaking kamu terdengar seperti native speakers asli dan tidak medok lagi.

4. Carilah partner latihan speaking yang suportif

Pernah nggak lagi latihan ngomong pake bahasa Inggris terus dikatain sok Inggris? Semoga kamu nggak pernah mengalaminya, ya. Saat kamu sedang belajar bahasa Inggris, kamu perlu banget cari partner yang sedang belajar bahasa Inggris juga. Jadi, kalian bisa saling mensupport satu sama lain. Partner latihan kamu juga bisa membantu kamu mengoreksi kesalahan kamu saat bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Setiap percakapan bahasa Inggris yang kamu lakukan akan membantu meningkatkan kemampuan speaking kamu dari waktu ke waktu. Be proud of your progress, guys!

Itu tadi 4 cara yang harus kamu lakukan untuk bisa belajar conversation bahasa Inggris dengan cepat. Semoga keempat cara tadi bisa membantu kamu agar cepat lancar conversation bahasa Inggris. Jangan lupa untuk terus berlatih guys!

Kalau kamu sedang mencari partner untuk latihan conversation, Englishvit punya program live class English for Basic yang cocok buat kamu. Di kelas English for Basic, kamu akan mendapatkan 20x zoom class dengan guru yang profesional dan berpengalaman mengajar bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga berkesempatan bertemu dengan kawan-kawan yang juga sedang belajar bahasa inggris lho. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.