Ini dia cara-cara menghafalkan kosakata bahasa Inggris agar tidak mudah cepat lupa. Berapa jumlah kosakata bahasa Inggris yang sudah kamu hafal? 100, 200, 500, 1000, atau 5000?

 

Orang yang hafal dan paham 250 hingga 500 kata disebut sebagai pemula. Sedangkan orang yang hafal 1.000 hingga 3.000 kata dianggap sudah bisa melakukan percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

 

 

Kenapa sih kita harus hafal banyak kosakata bahasa Inggris?

Kosakata adalah dasar penting dari bahasa. Jika kamu tidak hafal kosakata bahasa Inggris, kamu tidak bisa membuat kalimat untuk mengungkapkan ide atau perasaan, bertukar informasi, bahkan memahami ucapan dan tulisan orang lain.

 

Selain alasan di atas, masih ada alasan-alasan lain kenapa kita harus hafal banyak kosakata, yaitu:

a. Agar lebih mudah memahami teks bacaan bahasa Inggris

b. Bisa mengekspresikan diri secara tertulis maupun lisan

c. Dapat berkomunikasi secara lebih efektif 

d. Tidak terbata-bata saat speaking

 

Banyak pemula yang sering ngeluh kesulitan menghafal kosakata bahasa Inggris. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Salah satunya karena metode menghafal yang kamu pakai tidak cocok buat kamu.

 

Yuk, ikuti cara-cara di bawah ini untuk mencari tahu metode-metode menghafal vocabulary bahasa Inggris. Check it out!

 

Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris agar Tidak Mudah Lupa

 

 

1. Kategorikan kosakata berdasarkan hubungan antar kata

Dalam bahasa Inggris, metode ini bernama chunking. Chunking adalah proses memilah informasi dan mengkategorikannya ke dalam kelompok-kelompok kecil sehingga lebih mudah untuk diingat. 

 

Sebagai contoh, lihatlah kedua tabel di bawah ini. Menurut kamu, lebih mudah menghafal dengan tabel pertama atau kedua?

 

Tabel 1

 

bowl, broom, oil, mop, oven, tire, hose, stove, gasoline, apron, vacuum cleaner, carburetor, teapot, seat belt, squeegee, measuring cup, car seat, duster

 

Tabel 2

 

Kitchen gadget

Parts of car

Cleaning tools

Apron 

Tire 

Hose 

Stove 

Oil 

Mop 

Bowl 

Seat belt

Broom 

Teapot 

Car seat

Vacuum cleaner

Oven 

Gasoline 

Duster 

Measuring cup

Carburetor 

Squeegee 

 

Lebih mudah menghafalkan kosakata dengan cara dari tabel kedua, kan? 

 

Di tabel kedua kosakata dikategorikan berdasarkan peran dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan mempermudah kamu saat nantinya kembali kosakata-kosakata tersebut.

 

 

2. Pelajari kata sebagai bagian dari sebuah kalimat

Ketika menghafal kosakata baru, pastikan kamu tidak hanya mencari definisi dan artinya dalam bahasa Indonesia, tetapi juga mencari contoh kalimat yang mengandung kata itu. Dengan cara ini kamu tidak hanya hafal arti kosakata baru, namun juga memahami konteksnya saat digunakan dalam berkomunikasi.

 

Selain itu, tanpa mengetahui arti dan definisi suatu kosakata, kamu masih bisa memahami artinya dari kata lain dalam kalimat serta konteks di dalamnya.

 

My family often leaves the city to stay in a rural area for holiday. We love staying in a quiet place that is still surrounded by nature.

 

Perhatikan contoh kalimat di atas. Apakah kamu sudah tau arti kata ‘rural’? jika belum, kamu sebenarnya bisa mengetahuinya arti kata ‘rural’ dari kata-kata lain dalam kalimat tersebut.

 

Di kalimat itu, disebutkan bahwa ‘rural’ adalah tempat yang ada di luar area perkotaan, daerah itu masih sepi, dan juga masih dikelilingi oleh alam. Dari penjelasan ini kamu bisa simpulkan bahwa ‘rural area’ adalah tempat yang masih terpencil.

 

 

3. Pakailah kosakata yang sudah dihafalkan untuk praktek

Cara paling ampuh agar kosakata yang sudah kamu pelajari tak mudah lupa adalah dengan menggunakannya untuk praktek menulis atau bicara! 

 

Jika cara ini tidak dilakukan, kamu hanya akan hafal banyak kosakata tanpa benar-benar mengetahui cara yang benar menggunakan kosakata itu.

 

Saat praktek, kamu tidak hanya berbicara atau menulis. Secara tidak langsung kamu akan mendengar dan melihat kosakata itu secara berulang-ulang yang akan membantumu mengingat vocab ke dalam memori jangka panjang.

 

 

4. Visualisasikan kosakata dengan gambar

Menghafal vocab dengan flashcard cocok buat kamu para visual learner atau orang-orang yang lebih mudah menyerap informasi melalui indera penglihatan. 

 

Metode ini dilakukan dengan cara menuliskan dan menggambarkan kosakata yang akan dihafalkan di sebuah kertas, lalu menuliskan juga arti vocab itu di bagian kertas sebaliknya.

 

Kamu bisa membuat flashcard secara manual dengan kertas atau secara digital dengan menggunakan situs Brainscape. 

 

Di Brainscape kamu tidak hanya bisa membuat flashcard sesuai dengan kosakata yang ingin kamu hafal, tapi kamu juga bisa mengakses flashcard kosakata bahasa Inggris lain yang sudah dibuat oleh orang lain tanpa harus repot membuatnya sendiri.

 

Nah, itu tadi beberapa metode yang bisa dipakai untuk membantu kamu menghafal vocab agar tidak mudah lupa terus menerus. Jangan lupa untuk melakukan cara-cara ini secara rutin ya! 

 

Khusus buat kamu yang selama ini merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, pernah nggak ngalamin permasalahan di bawah ini?

 

  • Ngerasa skill speaking stuck dan gitu-gitu aja 
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar
  • Susah nyari partner ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Bingung merangkai kalimat walaupun tahu banyak vocab
  • Banyak filler a, e, a, e saat speaking

 

Kalau kamu ngalamin masalah-masalah di atas, Englishvit punya solusinya lho! Yuk, ikutan program live class VIP English Bootcamp di Englishvit!

 

Di kelas VIP English Bootcamp kamu akan belajar cara penggunaan grammar untuk speaking, pronunciation, dan tentunya practice speaking langsung dengan guru yang profesional dan berpengalaman. 

 

Program ini dijamin 10X lebih cepat bisa membantu kamu meningkatkan speaking skill kamu hanya dalam waktu 1 minggu aja! 

 

Kelas VIP English Bootcamp, cocok banget buat kamu yang pengen ningkatin skill speaking dalam waktu yang singkat. Setelah ikut program VIP English Bootcamp, kamu bakalan bisa:

 

  • Ningkatin kemampuan bahasa Inggris terutama dalam skill speaking
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan nggak judgmental
  • Bisa cepat merangkai kalimat saat sedang speaking dengan orang lain
  • Lancar speaking tanpa banyak jeda di tengah-tengah kalimat

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program VIP English Bootcamp. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program VIP English Bootcamp.

 

Kalau kamu tertarik join, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program live class VIP English Bootcamp, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!