Sadar nggak kalau hal pertama yang paling dicari oleh para pemula yang baru mulai belajar bahasa Inggris adalah cara agar bisa lancar speaking dalam waktu yang singkat.

 

Sering kali pemula bahasa Inggris merasa terbata-bata saat berbicara dan tidak paham saat mendengarkan orang lain bicara dengan bahasa Inggris. Kadang mereka tidak pede atau masih takut salah.

 

Kamu perlu ingat bahwa tujuan speaking adalah untuk menyampaikan informasi kepada lawan bicara, bukannya untuk pamer kemampuan speaking bahasa Inggris yang sempurna, atau grammar dan kosakata. Bahkan native speakers bahasa Inggris juga masih sering membuat kesalahan, kok.

 

4 Cara Mudah Lancar Speaking Bahasa Inggris dalam 1 bulan

 

 

Penasaran nggak caranya bisa speaking belajar bahasa Inggris dengan lancar hanya dalam waktu 1 bulan? Yuk ikuti tips speaking bahasa Inggris di bawah ini!

 

1. Membaca teks berbahasa inggris dengan suara keras

Awali cara ini dengan membaca buku yang isinya pendek, memakai kosakata dasar, menggunakan struktur kalimat sederhana, seperti buku anak, novel anak, atau cerita pendek dan mulailah membacanya dengan suara keras kata demi kata. 

 

Cari tahu arti kata-kata yang tidak diketahui di kamus dan terapkan cara ini setiap hari. Membaca buku dengan suara keras akan membuat kamu terbiasa berbicara bahasa inggris. Lama kelamaan, pronunciation kamu akan semakin jelas dan aksenmu akan lebih terdengar seperti native speakers.

 

 

2. Coba dengarkan audio bahasa Inggris sesering mungkin

Dengarkan sebanyak mungkin podcast bahasa Inggris, lagu, dan tonton film bahasa Inggris dan coba pahami bagaimana bahasa Inggris diucapkan lalu coba praktekkan hal itu. Semakin banyak kamu mendengarkan kata-kata bahasa Inggris, semakin baik pula pemahaman kamu tentang cara berbicara bahasa Inggris seperti bule-bule.

 

Selain itu, mendengarkan audio berbahasa Inggris membuat kamu jadi familiar dengan kosakata bahasa Inggris. Dengan menguasai banyak kosakata, kamu jadi bisa lebih lancar speaking karena seluruh kosakata yang ingin kamu gunakan sudah di luar kepala.

 

 

3. Praktek speaking bahasa Inggris setiap hari

Cara ini merupakan cara yang wajib kamu lakukan jika mau lancar speaking bahasa Inggris dalam waktu sebulan. Dengan praktek berbicara bahasa Inggris, kamu akan mengasah kemampuan kamu setiap harinya. Kamu juga bisa praktek speaking dengan Google Translate lho.

 

Google Translate punya fitur speech to text yang bisa kamu manfaatin. Kamu hanya perlu bicara dalam bahasa Inggris di Google Translate dan melihat apakah Google Translate bisa mendeteksi kalimat bahasa Inggris yang kamu ucapkan dengan sempurna. Cara ini akan sangat membantu memperbaiki dan melatih pronunciation kamu saat berbicara bahasa Inggris.

 

 

4. Mengikuti kursus bahasa Inggris

Kursus bahasa inggris memang tidak gratis, tapi cara ini sangat efektif jika kamu ingin mahir dalam waktu sebulan saja. Lembaga kursus bahasa Inggris akan menyediakan tutor profesional bagi kamu dan menyediakan materi-materi yang terstruktur. Selain sebagai guru, tutor juga bisa jadi partner kamu saat speaking. 

 

Mereka bisa membantu kamu membetulkan kata atau kalimat yang masih salah kamu gunakan. Materi yang disampaikan pun biasanya sudah diurutkan dari materi yang termudah hingga yang tersulit. Sehingga untuk kamu yang baru mulai tidak perlu khawatir akan diberi materi-materi tingkat atas.

 

 

Nah, itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan supaya cepat lancar speaking bahasa Inggris dalam waktu 1 bulan saja. Satu bulan bukanlah waktu yang panjang, namun jika kamu mendedikasikan waktu dan energi setiap harinya, pasti kamu akan berprogress juga.

 

Khusus buat kamu yang selama ini merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, pernah nggak ngalamin permasalahan di bawah ini?

 

  • Ngerasa skill speaking stuck dan gitu-gitu aja 
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar
  • Susah nyari partner ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Bingung merangkai kalimat walaupun tahu banyak vocab
  • Banyak filler a, e, a, e saat speaking

 

Kalau kamu ngalamin masalah-masalah di atas, Englishvit punya solusinya lho! Yuk, ikutan program live class VIP English Bootcamp di Englishvit!

 

Di kelas VIP English Bootcamp kamu akan belajar cara penggunaan grammar untuk speaking, pronunciation, dan tentunya practice speaking langsung dengan guru yang profesional dan berpengalaman. 

 

Program ini dijamin 10X lebih cepat bisa membantu kamu meningkatkan speaking skill kamu hanya dalam waktu 1 minggu aja! 

 

Kelas VIP English Bootcamp, cocok banget buat kamu yang pengen ningkatin skill speaking dalam waktu yang singkat. Setelah ikut program VIP English Bootcamp, kamu bakalan bisa:

  • Ningkatin kemampuan bahasa Inggris terutama dalam skill speaking
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan nggak judgmental
  • Bisa cepat merangkai kalimat saat sedang speaking dengan orang lain
  • Lancar speaking tanpa banyak jeda di tengah-tengah kalimat

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program VIP English Bootcamp. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program VIP English Bootcamp.

 

Kalau kamu tertarik, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program live class VIP English Bootcamp, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!