Belajar bahasa Inggris otodidak sudah banyak yang membuktikan berhasil .  Mereka bisa belajar bahasa Inggris sampai bisa tanpa harus pergi kursus.  Tapi sayangnya tidak banyak yang tahu gimana caranya belajar bahasa Inggris secara otodidak yang benar. Oleh karena itu kali ini Englishvit akan mereview, gimana caranya belajar bahasa Inggris yang secara otodidak yang benar.

Belajar bahasa Inggris  saat ini sudah sangat fleksibel, kita bisa belajar di kursusan konvensional, maupun di kursusan online. Tapi sebenarnya ada satu yang menarik, yaitu belajar bahasa Inggris secara madiri juga bisa menjadi alternatif yang perlu di coba. Tidak melulu harus bolak-balik ke kursusan, dengan 5 CARA CEPAT BELAJAR SPEAKING OTODIDAK dari Englishvit kamu bisa meningkatkan speakingmu secara significant.


Di bawah ini adalah beberapa 5 cara yang bisa kamu aplikasikan ketika ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak,  Anda perhatikan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Semua tahapan yang englishvit berikan di sini adalah tahapan belajar yang benar-benar sudah dibuktikan oleh banyak orang ya guys! Jadi kamu jangan lewatkan satu tips pun, harus disimak sampai habis. 

1.  HARUS FOKUS MENGHAPAL VOCABULARY


belajar bahasa Inggris kuat sekali koneksinya dengan menghapal banyak vocabulary, karena hal ini memang sangat penting untuk meningkatkan skill speaking kamu. Dengan memiliki banyak vocabulary kamu tidak akan terbata-bata saat speaking. Tetapi meskipun begitu, kamu harus utamakan menghapal vocabulary dengan topik-topik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu menghapal vocabulary yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhanmu. 

Kamu bisa memulai dengan belajar vocabulary sehari-hari dengan buku vocabulary yang banyak tersedia di toko buku. Tapi kami sarankan kamu membeli buku vocabulary yang terbaik dari kampung inggris yang sudah terbukti berhasil membantu jutaan orang dalam belajar bahasa Inggris. Terutama speaking. 

2. MENDENGARKAN AUDIO CONVERSATION.


Well, kita sekarang berada di tips yang ke dua. Di tips yang kedua ini, aku mau bilang bahwa belajar bahasa Inggris secara otodidak harus diimbangi dengan semangat yang tinggi, terutama untuk mengkonsumsi konten-konten yang ada kaitannya dengan bahasa Inggris. Nah buat kamu yang fokus belajar bahasa Inggrisnya adalah speaking, englishvit saranin kamu untuk mulai mendengarkan audio-audio speaking sebanyak-banyaknya. 

Kebanyakan dari kamu yang ingin belajar bahasa Inggris tidak suka belajar listening atau mendengarkan. Sehingga biasanya ini mempengaruhi kemampuan pronunciation atau pengucapan kamu. Dengan banyak mendengarkan Audio conversation, pronunciation kamu akan meningkat dengan sendirinya. Ini sudah terbukti banyak dikalangan orang yang belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Kamu yang belajar bahasa inggris pemula, Kamu bisa mulai mendengar dari yang level mudah dulu, kemudian setelah kamu merasa dapat memahami semua yang ada dalam audio tersebut, kamu bisa lanjut menuju level menengah, dan kemudian ke level advance.

Intinya belajar bahasa Inggris harus benar-benar konsisten dan bertahap ya.  

Oh ya, untuk tahapan-tahapan belajar bahasa Inggris yang baik, kamu bisa ikuti pembahasannya bersama Mr. Lang di salah satu video englishvit channel ya. Klik di sini untuk menonton

Jika kamu konsisten melakukan proses listening audio conversation sesuai dengan yang englishvit saranin, tidak sampai waktu tiga bulan kamu akan mendapatkan banyak sekali peningkatan dalam bahasa Inggrismu. Satu hal yang harus kamu pahami, konsistensi dalam belajar harus benar-benar kamu perhatikan. Tidak boleh terlalu cepat menyerah. 

3. PRAKTIS LANGSUNG DENGAN TEMAN.

Belajar bahasa Inggris tanpa praktik adalah suatu yang sangat disayangkan, ini terjadi hampir kepada semua orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Kebanyakan mereka hanya fokus dengan menghapal banyak kosa kata dan mempelajari grammar tanpa praktik. Jika ini yang kamu lakukan, kamu tidak akan memiliki skill active English. 

Active English Skill atau kemampuan berbahasa Inggris secara aktif adalah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik secara tertulis maupun lisan/speaking. Hal ini sesuai dengan kompetensi komunikasi aktif yang dipersyaratkan dalam test kemampuan bahasa Inggris, yaitu SPEAKING dan WRITING. 

Kamu yang ingin meningkatkan bahasa Inggris aktif, kamu harus mulai praktik-- baik praktik berbicara atau pun menulis. Untuk praktik berbicara, kamu bisa mengajak teman, sahabat, keluarga atau bahkan pacar kamu untuk berdiskusi dalam bahasa Inggris. 

Tapi ingat, untuk bisa berdiskusi secara lancar, kamu membutuhkan perobaanm yang berulang-ulang. Jangan berpikir bahwa orang yang pandai atau mahir dalam bahasa Inggris tidak melakukan praktik yang berulang-ulang. Tanamkan dalam dirimu sifat pembelajar yang tangguh, satu kali percobaan gagal, kamu terus bersemangat untuk mencoba lagi dan lagi.

Saran dari Englishvit   adalah jangan pernah memulai praktik dari sesuatu yang susah atau tidak kamu sukai. Mulailah praktik dengan topik-topik yang kamu sukai, dan dengan orang-orang yang kamu sukai juga. Karena dengan rasa suka, belajar akan terasa lebih menyenangkan dan mudah.

Jika kamu bingung untuk memilih Topik-topik untuk praktik, kamu bisa menggunakan topik yang englishvit rekomendasikan berikut ini:

· Talking about daily habit.

· Telling about happiest moment in your life.

· your favorite movie.

· What sport do you like?

· What country do you want to visit?

· What job do you want to work on?

Ya, apa pun topiknya, yang jelas harus yang kamu sukai. Jangan sampai kamu putus belajar karena banyak keterpaksaan dalam proses belajarmu.

4. MULAI BELAJAR GRAMMAR. 


Meskipun banyak yang bilang kalau grammar itu tidak penting, tapi ternyata kalau kamu sama sekali tidak belajar Grammar kamu bisa mempermalukan dirimu sendiri. 

Kamu mau tahu kenapa bisa seperti itu?

Coba kamu bayangkan, jika kamu tidak belajar grammar, sangat besar kemungkinannya kamu akan mengucapkan kalimat-kalimat sepeti berikut ini:

· I am forget.

· I am boring.

· You are eaten. 

· My mother forgetful.

· You beautiful.

Kalimat-kalimat di atas, mungkin masih bisa kamu mengerti maksudnya jika kamu artikan kata perkata. Tetapi jika di lihat dari ilmu bahasa Inggris yang benar, kamu akan tahu bahwa kalimat di atas semuanya salah. 

· I am forget.   harusnya I forget.

· I am boring. Harusnya I am bored.

· You are eaten. Harusnya You have eaten.

· My mother forgetful. Harusnya My mom is forgetful.

· You beautiful. Harusnya You are beautiful.

Nah, itu baru beberapa contoh dalam struktur dasar. Kalau mau dalam struktur tata bahasa yang lebih banyak lagi kesalahan yang kita lakukan dan harus kita perbaiki secara perlahan-lahan. 

5. MEMBUAT DAILY PROGRESS. 

Untuk mengetahui perkembangan belajarmu, kamu harus membuat sebuah catatan yang kamu jadikan sebagai evaluator keberhasilanmu. Dengan Evaluator ini kamu bisa mengetahui bagaiman perjalanan bahasa Inggrismu setiap harinya. Kamu harus belajar untuk konsisten meningkatkan skillmu di setiap harinya. 

Perlu kamu catat, belajar pelan-pelan setiap hari secara konsisten itu lebih baik dari pada kamu belajar dengan super cepat tapi hanya dalam dua tiga hari konsistensi. 

Berikut adalah contoh evaluator yang bisa kamu gunakan dalam mengetahui perkembangan belajarmu. Kamu bisa jadikan evaluator ini sebagai contoh untuk nantinya kamu kembangkan sendiri. 

DAY

 VOCABULARY

LISTENING

SPEAKING PRACTICE

GRAMMAR LESSON

Monday

10 Verb

20 Minutes

Daily Habit (20 Minutes)

Simple Present Verbal

Tuesday

10 Adjectives

30 Minutes

Talking About Sport (20 Minutes)

Simple Present Nominal

Wednesday

10 Nouns

20 Minutes

Talking About Film (20 Minutes)

Simple Present Exercise

Thursday

10 Adverbs

30 Minutes

Talking About Favorite Place (minutes)

Simple Past Verbal

Friday

10 Verbs

20 Minutes

Talking About Holiday

Can And Could

SATURDAY

WATCHING

ENGLISH

 MOVIE WITH

ENGLISH SUBTITLE.

Oh ya, dalam membuat evaluator belajar, kamu juga harus memperhatikan jam istirahat kamu. Jangan terlalu memforsir dirimu sehingga kamu tidak memiliki jam Istirahat. Usahakan kamu tetap memiliki istirahat yang cukup dan juga waktu. Gunakan minggu sebagai waktu istirahat kamu, bisa digunakan dengan menonton movie atau pun serial yang kamu suka. Santuy gitu! Get some relax!

Well, itu semua tips dari Englishvit tentang bagaimana cara kita belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kamu boleh coba terapin semua yang kamu suka, atau ambil beberapa yang kamu rasa cocok buat kamu.

See you on the next video! Oh ya buat buat belajar secara otodidak, kamu bisa ikuti video-video dari kita di youtube channel kita ya! Klik di sini untuk nonton video-video kita.