Kamu harus tahu alasan-alasan penting kenapa harus belajar bahasa Inggris. Sebagian dari kita mulai mempelajari bahasa Inggris, karena bahasa ini diajarkan di masa sekolah dari sd hingga kuliah tanpa tahu alasan pasti kenapa bahasa Inggris harus dikuasai

Salah satu alasan diajarkannya bahasa Inggris saat sekolah adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di dunia untuk berkomunikasi secara global. 

Saat ini sudah ada 53 negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya dan sekitar 400 juta orang di seluruh dunia bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris digunakan dalam berbisnis, melakukan perjanjian, pertemuan, dan lain-lain. Selain itu masih banyak alasan penting lainnya yang mengharuskan kita belajar bahasa Inggris. 

6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris

Penasaran apa saja alasan penting belajar bahasa Inggris? Yuk cari tahu alasannya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan kesempatan mendapat pekerjaan

Sebagai bahasa komunikasi utama dalam berbisnis hampir di seluruh dunia, memiliki kemampuan berbahasa Inggris banyak digunakan sebagai syarat untuk mendaftar sebuah pekerjaan. Jika kamu sudah mahir, kamu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Tak hanya mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan, saat kamu bisa berbahasa Inggris, kamu juga meningkatkan kesempatanmu untuk bekerja di tempat yang lebih baik, seperti contohnya di perusahaan multinasional. Dengan bekerja di perusahaan yang lebih baik, kamu juga akan berkesempatan mendapatkan gaji yang lebih baik yang akan membantumu meningkatkan kualitas hidupmu.

2. Mempermudah saat mendaftar beasiswa

Pemberi beasiswa dalam negeri maupun di luar negeri biasanya sering meminta sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai syarat untuk mendaftar beasiswa. Jika kamu sudah bisa berbahasa inggris dengan baik, syarat ini tak akan jadi masalah besar buat kamu. Kamu bisa dengan mudah mengikuti tes-tes yang diperlukan sebagai syarat. Selain itu, kamu tidak perlu mengulangi berkali-kali untuk mendapatkan skor yang memuaskan agar tidak menghabiskan banyak biaya untuk tes TOEFL atau IELTS.

3. Bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri

Pernahkah kamu berencana untuk belajar di luar negeri? Negara-negara seperti Amerika dan Inggris adalah rumah bagi beberapa universitas dan perguruan tinggi baik di dunia. Karena bahasa Inggris digunakan di begitu banyak negara-negara lain, ada ribuan sekolah dan universitas di seluruh dunia yang menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Bahkan di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris pun juga menawarkan program studi bagi mahasiswa asing dalam bahasa Inggris. Hal ini berarti dengan  belajar bahasa Inggris kamu bisa lebih mudah mengakses pendidikan yang lebih baik dengan belajar di luar negeri.

4. Lebih mudah paham acara dan hiburan dalam bahasa Inggris

Banyak film, music, dan karya sastra terbaik di dunia diterbitkan dan diproduksi dalam bahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris, kamu akan mendapatkan akses ke banyak hiburan dan tidak terbatas hanya dari hiburan dari Indonesia saja.

Jika kamu sudah lancar berbahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi mengandalkan terjemahan dan subtitle untuk menikmati buku, lagu, film, dan acara TV dari luar negeri. Menonton film dan acara TV dalam bahasa Inggris juga merupakan salah satu cara untuk mempelajari budaya-budaya dari Negara lain. Menonton dan membaca hiburan dalam bahasa Inggris juga akan meningkatkan kemampuan bahasa, khususnya keterampilan mendengarkan dan keterampilan membaca.

5. Dapat mengikuti trend-trend terkini

Belajar bahasa Inggris sangat penting karena mempermudah kamu mengakses ke konten-konten yang sedang naik daun di Internet. Mengetahui cara membaca bahasa Inggris akan memberimu akses ke miliaran halaman informasi yang mungkin tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

Apalagi saat ini informasi dalam bahasa Inggris lebih cepat muncul. Jika harus menunggu orang menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia kamu akan ketinggalan informasi-informasi penting yang mungkin bisa mengubah hidup kamu, seperti informasi tentang pendaftaran kampus, informasi tentang beasiswa, informasi lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi belajar bahasa Inggris.

6. Tidak kesulitan saat liburan ke luar negeri

Dengan kemampuan memahami dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kamu dapat dengan mudah bepergian ke seluruh dunia. Meskipun tidak bepergian ke Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kamu tetap akan merasa lebih aman dan percaya diri jika bisa berbahasa Inggris tanpa tahu bahasa lokal negara tersebut.

Bahasa Inggris tidak hanya akan membantu kamu mendapatkan informasi mengenai perjalanan selama di luar negeri, tetapi juga akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan wisatawan lain atau bahkan dengan penduduk setempat. Hal ini bisa membuat perjalanan kamu lebih berkesan lho.

Nah itu tadi alasan-alasan penting kenapa kamu harus belajar bahasa Inggris. Semoga alasan-alasan di atas semakin membuat kamu untuk bersemangat belajar bahasa Inggris.

Kamu lagi nyari kursus bahasa Inggris yang terpercaya? Daftar kursus bahasa Inggris di Englishvit aja! Englishvit menyediakan kelas-kelas yang sesuai dengan kebutuhan kamu lho. Buruan daftarkan diri kamu! Klik DI SINI untuk mengetahui program-program kursus bahasa Inggris di Englishvit.