Orang tua sering kebingungan mencari cara cepat mengajarkan bahasa Inggris ke anak. Indonesia bukanlah negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini sudah lebih banyak orang yang menggunakannya untuk bertukar informasi dengan bahasa Inggris.

Semakin maraknya penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari membuat kebanyakan orang tua saat ini ingin sekali mengajarkan bahasa Inggris ke anak. Padahal hal ini bukanlah suatu keharusan.

Mengajarkan bahasa Inggris ke anak ternyata mendatangkan banyak manfaat pula. Dengan strategi ini, orang tua dapat membantu meningkatkan prestasi anak saat di sekolah, menambah peluang anak untuk bisa belajar di luar negeri, mempermudah saat mencari beasiswa, dan meningkatkan kesempatan anak untuk mendapat informasi yang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

Untuk para orang tua yang ingin mengajarkan bahasa Inggris ke anak, ikuti 6 tips cepat mengajarkan bahasa Inggris pada anak di bawah ini.

6 Cara Cepat Mengajarkan Bahasa Inggris ke Anak

1. Mulailah sedini mungkin mengajarkan bahasa Inggris ke anak

Jika tujuan orang tua ingin anaknya cepat lancar berbahasa Inggris, sebaiknya orang tua mulai memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak sejak usia sedini mungkin. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak lebih mudah untuk belajar bahasa, karena otak dan sarafnya masih dalam proses pertumbuhan dan pembentukan, sehingga dapat mempelajari bahasa lebih cepat pula. 

Untuk itu, sebelum mengajarkan bahasa Inggris ke anak, orang tua juga harus memiliki pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris pula. Jika tidak, hal ini bisa jadi akan menyulitkan proses mengajarkan bahasa Inggris kepada anak.

2. Gunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama saat berkomunikasi

Bicaralah dengan anak atau dengan kerabat keluarga lainnya dengan menggunakan bahasa Inggris setiap harinya. Orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Saat anak-anak terbiasa mendengar dan melihat orang tuanya berbahasa Inggris setiap hari, baik di dalam rumah maupun di luar rumah, mereka akan menjadi terbiasa dan mulai mengikuti orang tua memakai bahasa Inggris untuk berkomunikasi. 

Anak-anak akan lebih mudah memahami sesuatu jika berada di dalam lingkungan yang mendukung penuh proses belajar mereka. Dengan cara ini, orang tua bisa secara tidak sadar membangun kebiasaan anak untuk memakai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

3. Memakai flashcard sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris

Penguasaan kosakata sangat penting bagi anak-anak, karena mereka akan mempelajari bahasa baru yang bukan merupakan bahasa ibu anak tersebut. Jika tidak menguasai banyak kosakata, anak pun nantinya akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

Orang tua bisa mulai mengenalkan kosakata bahasa Inggris baru pada anak dengan menggunakan media flashcard yang akan menampilkan tulisan kata itu dan gambarnya. Dengan melihat gambarnya, anak-anak akan lebih mudah menghafal dan memahami kosakata baru. Selain itu, media bergambar akan lebih menarik perhatian anak untuk belajar.

4. Mengenalkan lagu anak-anak dalam bahasa Inggris

Mengajarkan dan menyanyikan lagu anak bahasa Inggris jadi salah satu cara yang bagus dan efisien untuk membantu anak menguasai bahasa asing. Lagu anak bahasa Inggris efektif menambah kosakata baru dan mengajarkan pronunciation yang baik bagi anak. 

Meskipun anak belum bisa ikut bernyanyi lagu anak bahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk memperdengarkan lagu anak bahasa Inggris agar anak menjadi terbiasa mendengarkan kalimat bahasa Inggris seiring dengan perkembangannya. Lagu anak juga bisa menjadi fondasi bagi anak untuk selanjutnya belajar membaca dan mengeja.

5. Hanya menyetel kartun dan acara anak-anak dalam bahasa Inggris

Di masa awal pertumbuhan, anak-anak belajar berbicara dengan cara mendengarkan, mengulangi dan menirukan kata-kata dari perilaku yang biasa mereka lihat. Karenanya, banyak anak yang bisa berbahasa Inggris hanya dengan menonton kartun. Selain anak-anak dapat menonton karakter kartun favoritnya, mereka juga bisa menyerap bahasa yang ada dalam kartun tersebut. 

Cara ini membantu membantu anak mengingat kosakata dan ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan. Orang tua bisa mulai dengan menyetel kartun, seperti Peppa Pig, Mickey Mouse Clubhouse, Martha Speaks, Phineas and Ferb, dan masih banyak lagi.

6. Mendaftarkan anak ke sekolah internasional

Mendaftarkan anak ke sekolah internasional adalah cara terakhir dan cara paling ampuh yang bisa secara cepat mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Dengan bersekolah di sekolah internasional, otomatis anak tidak akan punya pilihan lain selain berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Paksaan inilah yang lama kelamaan akan menumbuhkan kemampuan bahasa Inggris pada anak. 

Selain itu, dengan bersekolah di sekolah internasional, anak akan berada di lingkungan yang selalu menggunakan bahasa Inggris, jika saat di rumah orang tua tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup bagus, anak-anak akan selalu memiliki teman untuk praktek menggunakan bahasa Inggris di sekolahnya.

Itu tadi 6 cara cepat mengajarkan bahasa Inggris ke anak yang bisa pada orang tua terapkan sesuai dengan kondisi anak masing-masing. Harus ada kemauan yang kuat dari kedua orang tua maupun support dari anggota keluarga lainnya untuk bersama-sama mengajarkan bahasa Inggris kepada anak.

Untuk para orang tua yang ingin anak-anaknya jago bahasa Inggris, yuk daftarkan anak-anak Anda di live class English for Basic di Englishvit. Kelas English for Basic, anak-anak akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA dengan guru yang interaktif, berpengalaman, dan profesional. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.