Cara lancar speaking bahasa Inggris dalam 1 bulan untuk kamu yang ingin bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Seperti yang sudah banyak orang tahu, agar bisa menguasai bahasa Inggris secara keseluruhan, kamu harus bisa 4 skill ini, yaitu listening, speaking, reading, dan writing

 

Tapi kalau tujuanmu hanya ingin bisa ngobrol dengan bahasa Inggris, maka kamu cuma perlu fokus melatih skill speaking saja. Banyak orang Indonesia menganggap kalau skill speaking itu susah untuk dilatih. Padahal skill speaking cukup mudah dipelajari, bahkan secara otodidak.

 

Buat kalian yang pengen lancar speaking bahasa Inggris dalam waktu 1 bulan saja, yuk ikuti beberapa cara berikut ini. Check it out!

 

 

Cara Lancar Speaking Bahasa Inggris dalam 1 Bulan

 

1. Fokus mempelajari vocab yang umum dipakai

Vocabulary dalam bahasa Inggris yang harus dipelajari banyak sekali jumlahnya. Kamu tidak mungkin bisa menghafalkan seluruh vocabulary yang ada dalam bahasa Inggris dalam waktu 1 bulan saja. Jadi, kamu hanya perlu menghafalkan dan mempelajari vocab yang sering dipakai untuk percakapan.

 

Pilih lah vocab yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kamu ingin belajar speaking untuk mempersiapkan interview kerja. Kamu bisa mengumpulkan vocab-vocab yang berhubungan dengan interview kerja dan mulai menghafalkannya.

 

Jangan hanya dihafalkan ya! Gunakan juga vocab yang sudah kamu pelajari tersebut untuk praktek speaking

 

 

2. Perbaiki cara pronunciation-mu

Punya aksen Indonesia atau aksen medok sebenarnya tidak akan mempengaruhi skill speaking-mu. Yang paling penting yaitu kamu harus bisa mengucapkan (pronounce) kata per kata bahasa Inggris dengan jelas. 

 

Jika cara pronunciation kamu kurang jelas, bisa jadi orang lain yang sedang kamu ajak ngobrol tidak paham dengan informasi yang kamu sampaikan. 

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki pronunciation. Satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pronunciation adalah dengan cara bicara dengan lebih pelan. Lancar speaking tidak sama dengan speaking cepat. 

 

So, take your time saat bicara. Berbicara secara perlahan akan membuat kamu merasa lebih santai dan dapat berkonsentrasi untuk membuat kalimat bahasa Inggris yang benar.

 

 

3. Jangan terlalu fokus dengan grammar

Grammar itu memang penting. Tapi, jangan sampai skill grammar-mu yang belum begitu bagus menghalangi kamu untuk bisa lancar speaking bahasa Inggris. 

 

Kadang, skil grammar tidak begitu diperhatikan saat speaking. Kecuali kamu memang sedang berada di kelas bahasa Inggris ya. Guru atau tutor pasti akan memperhatikan penggunaan grammar-mu saat speaking.

 

Tapi, jika tidak sedang berada di kelas khusus bahasa Inggris, orang yang sedang kamu ajak ngobrol tidak akan begitu memperhatikan grammar yang kamu pakai selama orang tersebut dapat memahami dengan jelas informasi yang kamu sampaikan.

 

Kalau kamu sudah bisa membuat kalimat bahasa Inggris dengan simple tense, artinya kamu punya kesempatan untuk bisa lancar speaking bahasa Inggris. 

 

 

4. Mendengarkan audio berbahasa Inggris

Apa hubungannya antara listening dengan speaking? Sebenarnya skill listening, speaking, reading, dan writing saling berhubungan. Jika kamu ingin jago speaking, kamu butuh skill lainnya untuk mendukung skill tersebut. 

 

Skill yang paling mendukung untuk meningkatkan skill speaking adalah skill listening. Dari mendengarkan audio berbahasa Inggris, kamu bisa meniru cara, kalimat, kata, atau intonasi orang dalam audio. 

 

Tiru cara orang tersebut saat berbicara. Selain membantu memperbaiki pronunciation, mendengarkan audio bahasa Inggris juga bisa melatih kemampuan untuk memahami orang lain saat bicara. 

 

 

5. Luangkan waktu setiap hari untuk praktek

Cara ini adalah cara terbaik agar membiasakan kamu untuk speaking dengan bahasa Inggris. Makin sering kamu praktek, maka skill speaking kamu akan makin lancar juga. So, don’t forget to practice!

 

Kamu bisa mulai dengan berbicara sendiri di depan kaca atau membaca teks berbahasa Inggris untuk membiasakan organ tubuh yang digunakan untuk bicara. Setelah kamu lancar bisa lancar speaking bahasa Inggris sendiri, kamu bisa mencari teman untuk praktek ngobrol bahasa Inggris.

 

Saat ini sudah banyak aplikasi atau website gratis yang bisa kamu gunakan untuk mencari teman ngobrol dengan bahasa Inggris. Kamu juga bisa mencari komunitas yang berisi orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris supaya kamu tidak merasa belajar sendirian.

 

 

6. Ikut kursus bahasa Inggris

Kalau kamu merasa sudah melakukan cara 1 sampai 5 tapi merasa skill speaking kamu belum lancar juga, mungkin belajar bahasa Inggris sendiri kurang cocok buat kamu. It’s time for you to seek help from the professionals.

 

Cobalah untuk mendaftar les bahasa Inggris atau menyewa tutor private bahasa Inggris. Jangan khawatir, tidak semua tempat kursus bahasa Inggris mahal kok. 

 

Apalagi kamu cuma punya waktu satu bulan untuk bisa lancar bahasa Inggris, guru atau tutor yang kamu pilih pasti akan membantumu untuk mencapai tujuan tersebut.

 

 

Buat kalian yang sedang mencari tempat kursus agar lancar speaking bahasa Inggris, yuk ikut program live class di Englishvit! Kenapa sih harus belajar bahasa Inggris di Englishvit?

 

  • 75% pembelajarannya fokus untuk lebih banyak praktek speaking
  • Teacher yang mengajar sudah punya jam terbang tinggi, profesional, dan berkualitas
  • Terdapat speaking one on one antara teacher dengan student seminggu sekali selama masa periode pembelajaran
  • Teacher akan selalu ready 24/7 untuk menjawab pertanyaan student tentang materi bahasa Inggris

 

Buat para sobat Englishvit yang pengen jago speaking buat percakapan sehari-hari, Englishvit punya program Daily Conversation lho yang cocok buat kamu. Kelas Daily Conversation didesain khusus buat membantu kamu meningkatkan speaking skill untuk komunikasi sehari-hari. 

 

Hanya dalam waktu 1 bulan aja, kamu udah bisa lancar speaking lho! Selain skill speaking kamu yang diasah, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Daily Conversation, yaitu:

 

  • Lebih percaya diri untuk bicara dengan bahasa Inggris
  • Pengetahuan vocabulary dan ungkapan sehari-hari makin bertambah dan pronunciation kamu makin bagus
  • Dibimbing belajar bahasa Inggris dengan tutor belajar yang berpengalaman dan profesional
  • Punya English speaking environment yang suportif dan tidak judgmental
  • Tidak kesulitan memahami percakapan sehari-hari  karena sudah hafal banyak kosakata dan tidak perlu ribet menghafal grammar.

 

Yuk, kita dengarkan cerita salah satu alumni yang pernah join program live class Daily Conversation.

 

 

Kak Tri sudah membuktikannya lho. How about you?

 

Buat kalian yang pengen mengikuti jejak Kak Tri ningkatin skill bahasa Inggris, langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class Daily Conversation.

 

Kalau kamu tertarik join, tapi ingin bertanya-tanya dulu seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!