Semua orang sekarang bisa kuliah ke luar negeri lho! Nggak perlu lagi khawatir sama biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri karena ada banyak banget beasiswa buat mahasiswa Indonesia.

 

Nah, buat kalian yang lagi nyari-nyari info beasiswa buat kuliah ke luar negeri, you’re in the right place! Di artikel ini kita akan membahas beasiswa S1, S2, dan S3 ke luar negeri yang buka tahun 2023 ini. Penasaran list-nya? Langsung aja scroll ke bawah ya!

 

6 Beasiswa Luar Negeri yang Buka Tahun 2023!

 

1. NUS ASEAN Undergraduate Scholarship

Deadline: 31 Januari 2023

Program: S1

 

Mau kuliah di luar negeri tapi nggak mau jauh-jauh dari Indonesia? NUS ASEAN Undergraduate Scholarship solusinya! NUS ASEAN Undergraduate Scholarship adalah program beasiswa S1 yang diselenggarakan oleh National University of Singapore (NUS). 

 

Buat kamu yang baru lulus SMA dan pengen kuliah di luar negeri wajib banget cobain daftar program beasiswa ini. tentang aja guys, beasiswa ini udah fully funded kok. So, kamu nggak perlu pusing mikirin biaya hidup nantinya di Singapura.

 

Benefits yang akan kamu dapatkan:

- Biaya kuliah

- Biaya hidup 5,800 SGD per tahun atau sekitar 66 juta rupiah

- Tunjangan akomodasi 3,000 SGD per tahun atau sekitar 34 juta rupiah

- Tunjangan untuk membeli komputer satu kali 1,750 SGD atau sekitar 20 juta

 

2. Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship

Deadline: 2 Februari 2023

Program: S1

 

Kenal Jerome Polin? Ini nih program beasiswa yang Jerome ikutin! Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship adalah program beasiswa yang didanai langsung oleh Universitas Nagoya Jepang. Universitas ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa internasional untuk kuliah jenjang S1 dengan gratis. Kalau kalian pengen ngikutin jejak Jerome Polin buat kuliah di Jepang, kalian wajib daftar beasiswa ini!

 

Benefits yang akan kamu dapatkan:

- Biaya kuliah

- Biaya hidup tahunan

 

3. Fulbright Scholarship

Deadline: 15 Februari 2023

Program: S2, S3

 

Kuliah di Amerika emang terkenal mahal banget. Buat kuliah S1 aja kalau dirupiahin kamu bisa habis bermiliar-miliar lho! Nah, program Fulbright Scholarship bisa jadi solusi buat kamu yang punya mimpi kuliah di Negeri Paman Sam ini. Program ini fully funded lho! So, kau cuma perlu nyiapin syarat-syarat yang diminta aja dan usaha sekeras mungkin supaya dapet beasiswanya. 

 

Benefits yang akan kamu dapatkan: 

- Biaya kuliah

- Biaya hidup

- Asuransi kesehatan dan kecelakaan

- Tiket pesawat pulang pergi Indonesia Amerika

- Dukungan visa J-1

 

4. Turkiye Burslari Scholarship

Deadline: 20 Februari 2023

Program: S1, S2, S3

 

Siapa nih yang udah nungguin beasiswa kuliah gratis di Turki? Yups, akhirnya kesempatan buat kuliah ke Turki datang lagi, guys! Turkiye Burslari Scholarship adalah program beasiswa S1, S2, dan S3 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Turki.

 

Beasiswanya termasuk fully funded lho guys! Tapi, sebelum daftar kamu harus cek dulu bahasa pengantar saat proses kuliah nantinya karena ada program studi yang full pakai bahasa Turki dan ada juga yang full pakai bahasa Inggris.

 

Benefits yang akan kamu dapatkan:

- Biaya kuliah

- Uang saku bulanan

- Asuransi kesehatan

- Biaya tempat tinggal

- Tiket pesawat pulang pergi Indonesia Turki

- Kursus bahasa Turki 1 tahun

 

5. Mitsui Bussan Scholarship

Deadline: 17 Februari 2023

Program: S1

 

Mitsui Bussan Scholarship adalah program beasiswa S1 kuliah gratis di Jepang. Beasiswa ini didanai oleh sebuah perusahaan besar asal Jepang yaitu Mitsui & Co., Ltd. 

 

Jangan khawatir! Beasiswa ini fully funded lho. So, kamu cuma perlu belajar yang rajin aja kalau sudah dapet beasiswa ini. Selain dapet full biaya kuliah, kamu juga akan dapet program belajar belajar bahasa Jepang lho!

 

Benefits yang akan kamu dapatkan: 

- Biaya kuliah

- Uang saku bulanan

- Tunjangan kedatangan

- Kursus bahasa Jepang 1 tahun

- Asuransi kesehatan, penerbangan, dan kecelakaan

- Biaya tempat tinggal

- Tiket pesawat pulang pergi Indonesia Jepang

- Biaya akomodasi

 

6. Manaaki New Zealand Scholarships

Deadline: 28 Februari 2023

Program: S2, S3

 

Manaaki New Zealand Scholarships adalah program beasiswa S2 dan S3 fully funded yang diselengarakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan New Zealand untuk mahasiswa internasional. 

 

Sayangnya, nggak semua program studi atau jurusan bisa masuk lewat beasiswa ini. Cuma Jurusan yang yang berkaitan dengan topik climate change and resilience, economic resilience, education, good governance, dan health aja yang bisa daftar.

 

Benefits yang akan kamu dapatkan: 

- Biaya kuliah

- Tiket pesawat pulang pergi Indonesia New Zealand

- Asuransi kesehatan

- Biaya hidup

- Bantuan biaya penelitian dan tesis

 

Itulah daftar 6 beasiswa S1, S2, dan S3 ke luar negeri yang akan buka awal tahun 2023 ini. Sebenernya, masih ada banyak banget kesempatan beasiswa kuliah gratis ke luar negeri selain dari list di atas. So, nggak ada alasan lagi nggak punya biaya untuk kuliah ke luar negeri.

 

Salah satu persiapan penting buat kuliah di luar negeri adalah persiapan dokumen termasuk sertifikat TOEFL. Supaya gak gagal terus waktu tes TOEFL buat syarat daftar beasiswa, mendingan ikutan kelas TOEFL Master Class dulu sebelum ikutan tes! Sayang uangnya kan kalau cuma dapet skor dikit? Langsung aja klik DI SINI buat daftar atau konsultasi kelas GRATIS bareng admin!