Panggilan buat para pejuang beasiswa yang ingin lanjut S2 dan S3 ke Prancis, yuk kumpul! Ada program Eiffel Excellence Scholarship yang bakalan cocok buat kamu. Sebelum membahas tentang benefits, persyaratan, serta cara pendaftarannya, yuk kita kenalan dulu apa itu beasiswa Eiffel Excellence. Check it out!

 

Eiffel Excellence Scholarship 2023

Deadline: 10 Januari 2023

 

Eiffel Excellence Scholarship adalah program beasiswa master (S2) dan PhD (S3) yang diselenggarakan Kementerian Eropa dan Luar Negeri untuk menarik mahasiswa asing belajar di Prancis. Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk para calon-calon mahasiswa terbaik dari berbagai negara untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Prancis. 

 

Sayangnya, program Eiffel Excellence Scholarship membatasi bidang studi pendaftarnya. Hanya jurusan di bidang tertentu saja yang bisa berkesempatan mencoba beasiswa ini. Berikut adalah daftar bidang studi yang bisa mengikuti beasiswa ini.

 

1. Bidang Studi Teknik dan Sains 

  • Jurusan Biologi dan Kesehatan
  • Jurusan Ekologi
  • Jurusan Matematika dan Digital
  • Jurusan Sains dan Teknologi

 

2. Bidang Studi Ilmu Sosial dan Humaniora

  • Jurusan Sejarah
  • Jurusan Bahasa Prancis
  • Jurusan Hukum dan Ilmu Politik
  • Jurusan Ekonomi dan Manajemen

 

Pendaftaran beasiswa ini masih akan dibuka sampai 10 Januari 2023 lho. Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, masih ada kesempatan untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. 

 

 

Biaya yang ditanggung Eiffel Excellence Scholarship:

Beasiswa ini tidak fully funded ya, hanya partially funded saja. Hanya uang saku, tiket pesawat, dan uang transportasi saat datang dan pulang saja yang di-cover oleh beasiswa. Biaya kuliah dan biaya tempat tinggal (kos) masih ditanggung penuh oleh penerima beasiswa. Berikut list benefits yang akan didapatkan dari program Eiffel Excellence Scholarship:

 

1. Uang saku

  • Uang saku bulanan jenjang S2: €1.181 atau sekitar 19,7 juta
  • Uang saku bulanan jenjang S3: €1.700 atau sekitar 28,3 juta

2. Asuransi kesehatan

3. Tiket pesawat pulang pergi 

4. Dana mengikuti kegiatan budaya

5. Tiket kereta atau taksi saat kedatangan dan kepulangan

 

Kriteria pendaftar Eiffel Excellence Scholarship

Kriteria pendaftar beasiswa ini cukup ketat lho, bahkan kandidat yang sudah pernah ditolak beasiswa ini tidak bisa mendaftar lagi di tahun berikutnya. Langsung saja simak kriterianya di bawah ini.

1. Warga negara Indonesia dan bukan warga negara Prancis

2. Belum pernah mendaftar beasiswa ini. Jika sebelumnya sudah pernah mendaftar dan ditolak, maka tidak bisa mendaftar lagi

3. Berusia tidak lebih 25 tahun untuk program S2 (lahir setelah 31 Maret 1997)

4. Berusia tidak lebih dari 30 tahun untuk program S3 (lahir setelah 31 Maret 1992)

5. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya saat mendaftar

6. Sudah pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Prancis

7. Mempunyai LoA dari kampus di Prancis

8. Memiliki kemampuan bahasa sesuai dengan program studi yang dipilih

 

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Jika kamu sudah memenuhi seluruh kriteria di atas, kamu bisa mulai menyiapkan dokumen-dokumen untuk mendaftar beasiswa ini. Berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan dengan lengkap.

 

1. CV yang berisi informasi lengkap tentang kandidat

2. Motivation letter yang menjelaskan alasan belajar di Prancis, menjelaskan program studi yang akan dipilih dan study plan

3. Ijazah dan transkrip nilai

4. Salinan KTP atau paspor

5. Sertifikat bahasa Prancis dan/atau Inggris

 

Kamu bisa mendaftar beasiswa ini dengan sertifikat TOEFL lho. Supaya gak gagal waktu tes TOEFL, mendingan ikutan kelas TOEFL Master Class dulu sebelum ikutan tes! Sayang uangnya kan kalau cuma dapet skor dikit? Yuk, langsung aja klik DI SINI buat daftar kelasnya!

 

Catatan penting

Sebelum mendaftar beasiswa ini, kamu sudah harus diterima dulu ya di salah satu kampus di Prancis. Nantinya, kampus di mana kamu diterima itu yang akan mendaftarkan kamu ke program Eiffel Excellence scholarship, jadi tidak bisa mendaftar sendiri. Informasi dari website resmi beasiswa Eiffel Excellence bisa kamu akses DI SINI.   

 

Nah, itulah informasi-informasi penting yang perlu kamu tahu tentang Eiffel Excellence Scholarship 2023. Masih ada waktu beberapa minggu untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. So, pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya bisa diterima kuliah di Prancis! Good luck, guys!