Kuliah ke luar negeri untuk dapat pendidikan terbaik bukan jadi hal exclusive lagi. Everyone can study abroad now! Dengan bantuan beasiswa fully funded yang sudah banyak tersedia kamu juga bisa lho kuliah ke luar negeri.

 

Walaupun di Indonesia sudah banyak program studi dan universitas-universitas yang bagus, kenapa sih kok harus kuliah di luar negeri? Studying abroad will give you a lot of benefits! Buat kalian yang lagi nyari daftar beasiswa S1, S2, S3 yang akan buka tahun 2023 ini, cek list-nya di bawah ini ya!

 

8 Daftar Beasiswa Luar Negeri yang Buka Tahun 2023!

 

1. Chinese Government Scholarship

Deadline: Februari 2023

Program: S1, S2, S3

 

Kalau kamu ingin menuntut ilmu sampai ke negeri China, kamu bisa coba ikut daftar beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS) ini. Chinese Government Scholarship adalah program beasiswa S1, S2, dan S3 untuk mahasiswa internasional dari pemerintah China. 

 

Beasiswa ini termasuk dalam program fully funded ya! So, kamu gak perlu pusing mikirin biaya kuliah dan biaya hidup nantinya. Jurusan yang biasanya favorite di ambil mahasiswa internasional di kampus-kampus di China adalah jurusan business (bisnis) dan engineering (teknik).

 

Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Chinese Government Scholarship.

 

1. Biaya kuliah

2. Uang saku bulanan

- Program S1: 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan)

- Program S2: 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan)

- Program S3: 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan)

3. Uang buku

4. Asuransi kesehatan

5. Biaya tempat tinggal

 

2. Qatar University Scholarships

Deadline: 16 Februari 2023

Program: S1, S2, S3

 

Universitas yang terletak di negara penyelenggara FIFA 2022 juga membuka kesempatan untuk mahasiswa internasional untuk berkuliah di Qatar. Qatar University Scholarships adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Qatar University.

 

Beasiswa ini terbuka untuk program S1, S2, dan S3 lho. Beasiswa ini menanggung semua biaya dari A sampai Z. Sayang banget kalau kalian nggak daftar! For your information, Qatar University Scholarships adalah salah satu beasiswa paling terkenal untuk belajar di Qatar dibandingkan beasiswa lainnya. How about you? Tertarik daftar beasiswa ini?

 

Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Qatar University Scholarships.

 

1. Biaya kuliah

2. Uang saku bulanan

3. Uang buku

4. Tempat tinggal dan transportasi ke/dari kampus

5. Tiket pesawat pulang pergi

 

3. Erasmus Mundus Joint Masters scholarships

Deadline: February 2023

Program: S2

 

Erasmus Mundus Joint Masters scholarships adalah program beasiswa fully funded yang diselenggarakan oleh pemerintah Uni Eropa. Jika kamu diterima program beasiswa ini, kamu bisa bebas berkuliah di berbagai kampus di Eropa. 

 

Tiap tahunnya beasiswa Erasmus Mundus cuma menyediakan 80-90 beasiswa saja lho untuk seluruh calon mahasiswa di luar negeri. So, make sure you application stands out supaya bisa keterima beasiswa ini. Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Erasmus Mundus Joint Masters scholarships.

 

1. Biaya kuliah

2. Uang saku bulanan

3. Asuransi kesehatan

4. Uang transportasi dan akomodasi selama studi

 

4. Australia Awards Scholarships

Deadline: 30 April 2023

Program: S2, S3

 

Australia Awards Scholarships (AAS) adalah beasiswa yang paling ditunggu-tunggu buat calon-calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Australia. Nggak seperti beasiswa untuk kuliah di negara lain, beasiswa fully funded yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia hanya ada dua, yaitu beasiswa AAS ini dan beasiswa LPDP.

 

Kalau kalian pengen banget lanjut S2 atau S3 ke Australia, nggak boleh banget skip untuk nyoba daftar beasiswa ini. Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Australia Awards Scholarships.

 

1. Biaya kuliah

2. Biaya hidup

3. Tiket pesawat pulang pergi ke/dari Indonesia

4. Asuransi kesehatan

5. Biaya visa, pemeriksaan medis, dan rontgen

6. Dana penunjang pada saat kedatangan

 

5. Brunei Darussalam Government Scholarship

Deadline: D3, S1, S2

Program: 15 Februari 2022

 

Kalau mau kuliah di luar negeri, tapi nggak mau jauh-jauh. Kamu bisa daftar beasiswa gratis dari pemerintah Brunei. Uniknya, beasiswa ini nggak minta syarat sertifikat TOEFL buat pendaftarannya. Buat yang pengen ngelanjutin kuliah di tingkat diploma, S1, atau S2, bisa coba-coba buat daftar beasiswa ini.

 

Selain fully funded, kamu juga bakalan dapet uang saku sebesar kurang lebih 5 juta rupiah perbulannya. Other than that, kamu juga bakalan dapet tiket pesawat di awal dan akhir masa perkuliahan.

 

Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship.

 

- Biaya kuliah

- Uang tunjangan hidup BND$500,oo ( ±Rp 5.3 jt)

- Uang tunjangan buku

- Uang makan bulanan BND$150,00 ( ±Rp1.5 jt)

- Tempat tinggal atau asrama

- Asuransi kesehatan

- Uang pengiriman barang penerima beasiswa BND$250,00 ( ±Rp 2.6 jt)

 

6. Taiwan ICDF Scholarship

Deadline: S1, S2, S3

Program: 15 Meret 2022

 

Taiwan ICDF Scholarship adalah beasiswa fully funded yang rutin ditawarkan bagi mahasiswa internasional untuk berkuliah di Taiwan. Beasiswa ini ini dibuka untuk calon mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia. 

 

Don't worry about bahasa pengantarnya. Semua program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris lho. So, kalian harus prepare kemampuan bahasa Inggris kalian sebelum daftar! 

 

Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendapat beasiswa Taiwan ICDF Scholarship.

 

1. Biaya kuliah

2. Tempat tinggal

3. Asuransi kesehatan

4. Biaya buku kuliah

5. Biaya tiket pesawat pulang pergi Taiwan Indonesia

 

Nah, itulah 8 daftar beasiswa S1, S2, dan S3 ke luar negeri yang bakalan buka tahun 2023 ini. Mana nih kira-kira beasiswa yang paling menarik buat kamu? For your information, salah satu persiapan mendaftar beasiswa ke luar negeri yang paling challenging adalah mempersiapkan berkas-berkas persyaratan.

 

Salah satu berkas persyaratan yang nggak boleh skip disiapkan adalah sertifikat TOEFL atau IELTS. As we all know, tes TOEFL atau IELTS itu harganya gak murah ya. 

 

Supaya gak gagal waktu ikut tes TOEFL, mendingan ikutan kelas TOEFL Master Class di Englishvit! TOEFL Master Class adalah kelas intensif persiapan TOEFL dengan metode pembelajaran Kampung Inggris Plus. Kamu dijamin bisa dapat skor TOEFL 550+ dengan ikutan les TOEFL di Englishvit! Yuk, langsung aja klik DI SINI buat daftar kelasnya