Kamu merasa terdengar medok saat bicara dengan bahasa Inggris? Yuk ikuti cara ingin agar terdengar tidak medok lagi. Punya aksen medok saat bicara dengan bahasa Inggris sebenarnya bukan sesuatu yang memalukan lho. Aksen menunjukkan dari mana kita berasal. Selain itu, aksen juga merupakan salah satu identitas diri kita.

Namun tak semua orang pede terdengar medok saat berbicara dengan bahasa Inggris. Beberapa orang mencari-cari cara untuk mengurangi aksen medoknya saat bicara agar lebih terdengar seperti native speakers. Beberapa pekerjaan pun juga mengharuskan karyawannya agar tak terdengar medok saat melayani pelanggan.

7 Cara mengurangi aksen medok saat bicara dengan bahasa inggris

Buat kamu yang ingin memperbaiki pengucapan bahasa Inggris agar tidak medok lagi, yuk ikuti 7 cara-cara mudah di bawah ini.

1. Menirukan cara bicara native speakers

Kamu sebenarnya akan lebih mudah menghilangkan aksen medok saat bicara dengan bahasa Inggris jika tinggal di negara yang sehari-harinya berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Namun, karena keterbatasan ini kamu bisa dengan mudah melihat dan mendengar cara native speakers sedang berbicara melalui YouTube. 

Youtube penuh dengan video yang akan berguna untuk membantu kamu meningkatkan pronunciation bahasa Inggrismu. Pilihlah satu video dan tirulah cara orang yang ada di video saat berbicara dengan cara menanggulanginya. Berlatihlah minimal 15 menit setiap harinya agar aksen medok kamu berangsur-angsur berkurang, dan kamu akan mulai terdengar seperti native speakers saat bicara.

2. Pelan-pelan saja saat bicara

Ucapan seseorang dalam bahasa apapun akan lebih mudah ketika diucapkan secara lebih lambat dan perlahan. Begitu juga dengan bahasa Inggris. Kamu harus tahu bahwa saat berbicara dengan bahasa Inggris native speakers cenderung berbicara lebih lambat daripada saat orang Indonesia berbicara dengan bahasa Indonesia. 

Dengan memelankan tempo bicara, kamu juga akan menjadi fokus dengan cara pengucapan bahasa Inggrismu. Kata-kata yang kamu ucapkan akan menjadi lebih jelas. Semakin sering kamu memperlambat cara bicaramu, lama kelamaan kamu akan terdengar tidak medok lagi dan akan semakin terdengar seperti native speakers.

3. Fokus mempelajari satu aksen saja

Kamu pasti sudah familiar dengan british accent atau american accent. Kedua aksen itu merupakan aksen-aksen yang populer untuk dipelajari oleh orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Jika ingin memperbaiki pengucapan bahasa Inggris, kamu sebaiknya fokus dengan menggunakan satu macam aksen saja.

Fokus mempelajari satu aksen akan mempermudah kamu nantinya saat praktek, karena kedua aksen tersebut memiliki karakteristik cara pengucapan yang cukup berbeda. Kosakata yang dipakai pun juga cukup berbeda Jika kamu memiliki rencana menetap di Amerika, kamu sebaiknya mempelajari aksen Amerika saja. Sesuaikan pilihan aksen ini dengan tujuan kamu belajar bahasa Inggris kedepannya.

4. Memperhatikan intonasi suara saat bicara

Supaya pengucapanmu lebih terdengar seperti native speaker, kamu perlu memperhatikan intonasimu saat berbicara. Jika kamu berbicara dengan bahasa Inggris namun masih menggunakan intonasi saat berbicara dengan bahasa Jawa, kamu pasti akan terdengar lebih medok. Intonasi berhubungan dengan ketepatan naik turunnya suara, panjang pendeknya suara ketika berbicara atau membaca.

Intonasi bahasa Inggris bisa kamu latih dengan cara mendengarkan percakapan native speakers dan menerapkannya saat berbicara. Kamu bisa belajar melalui podcast, lagu, bahkan radio bahasa Inggris. Semakin kamu banyak mendengar orang-orang berbicara dengan bahasa Inggris, kamu pun akan terbawa mengikuti hal-hal yang sering kamu dengarkan tersebut.

5. Membaca teks bahasa Inggris dengan suara keras

Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang kita pakai sehari-hari untuk bercakap-cakap. Maka dari itu, organ-organ tubuh kita yang digunakan untuk memproduksi suara lebih terlatih berbicara dengan bahasa Indonesia. Saat kita bicara dengan bahasa Inggris aksen yang keluar akan mengikuti bahasa yang terbiasa kita pakai.

Salah satu cara untuk melatih organ-organ berbicara kita agar terlatih bicara dengan bahasa Inggris adalah dengan membaca teks bahasa Inggris dengan suara keras. Cara ini ampuh dan terbukti dapat memperjelas pengucapan bahasa Inggrismu, karena melatih dan memperkuat otot-otot yang digunakan untuk berbicara. Selain itu, kamu jadi terbiasa praktek bicara dengan bahasa Inggris.

6. Berkomunikasi secara aktif dengan native speakers

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencari native speakers untuk diajak berbicara. Seperti saat kita masih kecil, kita belajar bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia dari orang terdekat kita yang merupakan penutur asli bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Semakin banyak kamu berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris kamu akan terbawa-bawa pula mengikuti cara mereka berbicara. 

Kamu bisa mencari partner bicara dengan bahasa Inggris melalui internet. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi maupun website yang menyediakan layanan bicara dengan native speakers bahasa Inggris secara gratis. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan website, seperti ITalki, Speaky, InterPals, My Language Exchange, Penpaland, WeSpeke, dan masih banyak lagi!

7. Mengikuti kursus bahasa Inggris

Mengikuti kursus bahasa Inggris adalah cara terakhir dan merupakan cara terampuh yang bisa kamu lakukan untuk melatih pengucapan bahasa Inggrismu agar tidak medok. Dengan cara ini, akan ada guru yang profesional dan berpengalaman dengan bahasa Inggris yang dengan senang hati membantu memperbaiki pengucapanmu.

Tutor bahasa Inggris akan mengoreksi pengucapanmu saat terdengar medok dan mengajarkan serta memberikan contoh kepada kamu cara pengucapan bahasa Inggris yang baik. Cara ini cocok sekali jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa memilih sendiri guru yang sesuai dengan keinginanmu.

Nah itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi aksen medok saat bicara dengan bahasa Inggris. Mudah kan? Jika kamu melakukan cara-cara ini secara rutin setiap harinya, kamu akan semakin cepat terdengar seperti native speaker saat berbicara lho! 

Untuk sobat Englishvit yang ingin untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Kelas Next Level English cocok banget buat sobat Englishvit yang ingin meningkatkan penguasaan vocabulary, penggunaan grammar, dan mengembangkan kemampuan speaking bahasa Inggris dan akan dibimbing oleh guru yang profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.