Tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan mengikuti cara mudah belajar writing dalam bahasa Inggri. Belajar menulis dalam bahasa Inggris seringkali tak jadi prioritas bagi para pemula karena biasanya orang-orang akan lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan speaking saat pertama kali memulai belajar bahasa Inggris agar bisa secara lisan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Padahal belajar writing bahasa Inggris juga penting lho. Apalagi untuk kamu yang ingin bercita-cita berkuliah di luar negeri. Salah satu syarat untuk mendaftar kuliah atau beasiswa di luar negeri adalah sertifikat IELTS. Dimana saat ini masih mengetes kemampuan writing dalam bahasa Inggris.

Ternyata penting ya belajar writing bahasa Inggris? Buat kamu yang lagi nyari-nyari cara belajar writing, berikut 7 cara yang bisa kamu praktekkan untuk melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.

Cara mudah dan cepat melatih penulisan bahasa inggris:

1. Memperbanyak penguasaan kosakata bahasa Inggris

Kamu harus mempunyai banyak penguasaan kosakata bahasa Inggris agar bisa mengekspresikan ide-ide yang ada di kepalamu dengan jelas dan runtut melalui tulisan. Penguasaan kosakata bukan berarti hanya hafalan saja, namun benar-benar tahu cara menggunakan kosakata itu dengan tepat dan cocok dengan konteks kalimat. Saat mempelajari kosakata baru, jangan hanya hafalkan definisi dan artinya dalam bahasa Indonesia. Pelajarilah dengan mencari contoh kalimat yang ditulis dengan menggunakan kosakata baru itu.

2. Manfaatkan aplikasi grammar checker

Untuk mencegah kesalahan ejaan atau kesalahan lain saat menulis kamu bisa memanfaatkan aplikasi pemeriksa grammar yang saat ini sudah banyak tersedia secara gratis. Kamu bisa menggunakan aplikasi, seperti Grammarly, Hemingway, NounPlus, Ginger, After the Deadline, dan masih banyak lagi untuk membantu kamu selama berlatih menulis dengan bahasa Inggris. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu saat menulis. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya membantu kamu mengoreksi ejaan, grammar, dan memberikan saran tentang pemilihan kata di dalam kalimat.

3. Tingkatkan pemahamanmu tentang grammar

Pasti guru atau tutor bahasa Inggrismu seringkali memberi tahu bahwa grammar bahasa Inggris sangat penting sekali dalam kepenulisan. Berbeda dengan saat speaking, ucapan bahasa Inggris kita pasti tidak mungkin bisa didengarkan lagi, berbeda saat dengan menulis. Kamu atau orang lain akan bisa membaca tulisanmu secara berulang-ulang. Jadi kamu harus banget paham grammar bahasa Inggris. Untuk awalan, kamu bisa banget belajar terlebih dahulu rumus-rumus Simple Present Tense, Simple Past Tense, dan Simple Future Tense sebagai dasar untuk menulis.

4. Tumbuhkan kebiasaan rutin menulis setiap hari

Melatih kemampuan menulis dengan bahasa Inggris harus dilakukan secara konsisten. Kamu harus mencoba menulis dengan bahasa Inggris setiap hari agar menjadi terbiasa. Melakukan hal yang sama secara berulang-ulang akan sangat membantu menumbuhkan keterampilan menulis kamu. Menulis secara rutin juga akan membantu membentuk gaya tulisanmu sendiri. Untuk memastikan bahwa kamu tidak melewatkan satu haripun untuk latihan menulis, mulailah menulis buku harian. Ceritakan hal-hal yang kamu lakukan selama satu hari dengan bahasa Inggris secara rutin, kamu pasti akan menuliskan hal-hal yang berbeda setiap harinya.

5. Mencari orang lain untuk menilai tulisanmu

Jika kamu menulis tulisan yang akan banyak dibaca oleh, orang kamu perlu pendapat orang lain untuk menilai hasil tulisanmu. Orang yang biasa menilai tulisan disebut sebagai editor. Editor bisa membantumu mengubah tulisan yang tidak dapat dipahami menjadi tulisan yang lebih baik dengan penyampaian ide yang lebih jelas. Seorang editor profesional akan bisa menunjukkan inkonsistensi informasi, mengoreksi kesalahan ketik, tata bahasa, dan ejaan, memeriksa referensi tulisan yang sudah kamu buat.

6. Rutin melihat dan membaca ulang tulisanmu sendiri

Setelah kamu membangun kebiasaan menulis, bangun pula kebiasaan untuk membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat. Membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat memberikan gambaran sejauh mana kamu telah berkembang dan merenungkan hal yang selama ini sudah kamu tulis. Kamu juga bisa mengoreksi kesalahan-kesalahan yang selama ini kamu buat selama menulis. Mengoreksi tulisan membantumu memastikan bahwa ide atau pemikiran yang ingin kamu sampaikan ditulis dengan kalimat-kalimat pendukung yang jelas dan beraturan.

 

7. Perbanyak membaca tulisan bahasa Inggris lain

Penulis yang baik adalah pembaca yang baik pula. Rutin membaca teks berbahasa Inggris bisa meningkatkan keterampilan menulis kamu lho. Membaca juga membiasakan kamu dengan berbagai macam jenis teks bahasa Inggris. Dari teks-teks berbahasa inggris kamu bisa mempelajari struktur kalimat, pilihan kata, dan melihat bagaimana orang lain menyampaikan ide-idenya melalui tulisan. Selain itu, membaca juga bisa meningkatkan penguasaan kosakata kamu.

Nah itu tadi 7 cara mudah belajar writing bahasa Inggris dengan cepat. Sekarang sudah tahu kan apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan writing kamu? Jangan lupa memperbanyak latihan menulis ya!

Buat sobat Englishvit yang sudah bisa berbahasa Inggris tapi ingin meningkatkan kemampuan writing, speaking, reading, dan grammar, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Kelas Next Level English cocok banget buat sobat Englishvit yang sudah bisa bahasa Inggris dan ingin menambah penguasaan vocabulary, penggunaan grammar, dan mengembangkan kemampuan speaking bahasa Inggris bersama guru yang interaktif, profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.