Englishvit.com - Banyak orang bilang belajar bahasa Inggris itu sulit dan membingungkan. Bahkan tak jarang banyak yang menyerah untuk mempelajarinya. Salah satu faktor terbesar adalah penguasaan kosakata. 

Kosakata atau vocab adalah salah satu kunci lancar ngomong bahasa Inggris. Walaupun grammar kamu perfect, kalau pengetahuan kosakata-mu kurang, kamu bakal susah ngomong dengan lancar.

Pengen tahu gimana cara meningkatkan kosakata bahasa Inggris? 

Nah artikel ini akan memberimu tips belajar kosakata atau vocab yang menyenangkan.

Berikut 10 tips yang dapat meningkatkan pengetahuan kosakata dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

1. Write

Semakin sering menggunakan kosakata yang sudah kita ketahui, semakin menancap kosakata tersebut di otak kita. Buatlah kalimat dari kosakata yang telah kamu pelajari sesering mungkin. Kamu bisa menyusunnya di otak, kalau kamu tak bisa menuliskannya.

2. Act

Praktekkanlah kosakata yang kamu pelajari ke dalam sebuah gerakan. Atau, bayangkan seoalah-olah kamu melakukan suatu aktivitas yang berhubungan dengan kosakata yang kamu pelajari. Kalau kamu memiliki partner, kamu bisa bermain tebak kata. Kalau kamu sendirian, kamu dapat menggunakan cermin dan berpura-pura seolah kamu sedang bercakap-cakap dengan seseorang menggunakan kosakata tersebut.

3. Create

Buatlah sebuah flash card yang dapat kamu gunakan untuk belajar di waktu senggang. Perbaharuilah seminggu sekali, namun tetaplah mengulasnya kembali. Membuat flash card akan membantumu mengingat kosakata yang kamu pelajari, terutama kalau kamu adalah tipe kinesthetic learner.

4. Listen

Dengarkanlah radio, podcast, atau berita dalam bahasa Inggris. Cara ini akan membantumu memahami cara melafalkan kata dan menggunakannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

5. Choose

Ingatlah bahwa kamu akan lebih cepat mempelajari sesuatu yang kamu suka. Untuk itu, pilihlah kosakata yang sekiranya berguna atau menarik untukmu. Pilihlah topik yang sesuai dengan sesuatu yang sedang kamu hadapi saat ini agar kosakata yang kamu pelajari lebih relevan.

Contohnya, kalau kamu punya jadwal meeting minggu depan, pelajarilah vocab atau kosakata yang berkaitan dengan meeting. Walaupun kamu tidak menggunakaannya saat meeting, mempelajari kosakata yang berkaitan dengan situasi yang kamu hadapai akan memudahkanmu untuk mengingtnya dengan lebih baik.

6. Be Consistent

Jangan hafalkan kamus dalam 1 hari! Batasilah dirimu untuk menghafalkan 15 kata per hari supaya kamu tidak kewalahan dan lebih efektif dalam mengingat kosakata. Mempelajari kosakata secara konsisten akan lebih mudah diingat daripada menghafalkan banyak kosakata dalam sekali waktu.

7. Observe

Perhatikan koskata yang kamu pelajari baik saat reading maupun listening. Menulis contoh penggunaannya dalam real-life akan membantumu mengetahui cara menggunakan kosakata tersebut dengan tepat. Jangan hanya berfokus dengan kosakata yang kamu pelajari, memperhatikan kata setelah atau sebelum kosakata tersebut sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuanmu akan common collocation.

Ingat, kamu gak perlu menggunakan semua tips di atas, pilihlah yang paling cocok untukmu. Kita punya cara belajar yang berbeda, mungkin saja hal yang cocok untuk kita tak akan cocok dengan orang lain. Tips manapun yang kamu gunakan, pastikanlah untuk memperhatikan perkembangan kosakata barumu, jadi kamu dapat mengetahui kemajuanmu, dan yang terpenting, jangan lupa bersenang-senang saat belajar!

Untuk memudahkanmu dalam meningkatkan kosakata, kita merekomendasikan buku keren untukmu nih, Expert English DAILY VOCABULARY. Buku ini tersusun dari kosa-kata sehari-hari yang dikelompokkan sesuai jenis dan kelas kata yang akan sangat membantumu.Selain itu, karena ukuranya yang praktis, kamu dapat mempelajari atau menghafal kosakata dalam buku ini dimanapun dan kapanpun.

Kalau kamu tertarik atau ingin bertanya-tanya seputar info lebih lanjut. Kamu boleh chat langsung dengan admin untuk berkonsultasi GRATIS. KLIK DISINI.