Harus pakai have been, has been, atau had been ya? Nah, kalau kamu masih bingung dengan aturan penggunaan have been, has been, dan had been dalam kalimat bahasa Inggris, kamu wajib baca penjelasannya di artikel ini.

 

Have been dan has been dipakai dalam tense yang sama, sedangkan had been dipakai dalam tense yang berbeda. Penasaran sama penjelasannya? Langsung aja scroll ke bawah ya!

 

Perbedaan Has Been, Have Been, Had Been

 

1. Has Been dan Have Been

Have been digunakan karena subjek kalimatnya I, you, they, we, sedangkan has been digunakan untuk subjek he, she, it. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, has been dan have been dipakai dalam tenses yang sama yaitu dalam present perfect tense dan present perfect continuous tense.

 

a. Penggunaan Has Been dan Have Been dalam Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah sebuah tenses yang fungsinya adalah untuk menunjukkan suatu hasil. Have been hanya digunakan dalam present perfect tense bentuk nominal atau tidak mengandung tindakan. Berikut contoh kalimatnya:

 

  • We have been her employees in this company for 3 years. (Kami telah menjadi karyawannya di perusahaan ini selama tiga tahun)
  • You have been beautiful since you were born. (Kamu telah cantik sejak kamu lahir)
  • He has been a very faithful friend to me. (Dia telah menjadi teman yang sangat setia bagi saya.)
  • This has been the longest week of my life. (Ini adalah minggu terpanjang dalam hidupku.)

 

a. Penggunaan Has Been dan Have Been dalam Present Perfect Continuous Tense

Present continuous tense digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang telah dimulai masa lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

 

Dalam present perfect continuous tense baik bentuk verbal maupun nominal has been dan have been digunakan sebagai auxiliary verbs. Berikut contoh kalimatnya:

 

  • She has been watching this movie since she was in high school. (Dia telah menonton film ini sejak dia SMA.)
  • Rudy hasn’t been feeling well lately. (Rudy merasa tidak enak badan belakangan ini)
  • I have been working hard all morning. (Saya telah bekerja keras sepanjang pagi.)
  • They have been living under the most appalling conditions for two months. (Mereka telah hidup dalam kondisi yang paling mengerikan selama dua bulan.)

 

2. Had Been

Perbedaan had been, have been dan has been adalah had been digunakan untuk kejadian masa lampau. Hanya dua tense yang menggunakan had been yakni past perfect continuous tense dan past perfect tense. Berikut penjelasannya.

 

a. Penggunaan Had Been dalam Past Perfect Continuous Tense

Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah aksi yang terjadi di masa lalu dan telah selesai pada suatu titik tertentu di masa lalu pula.

 

Contoh kalimat: 

  • She had been watching the movie even though her boyfriend didn’t come. (Dia tetap menonton film itu meskipun pacarnya tidak datang)
  • I had been eating when I saw police outside my neighbor’s house. (Aku sedang makan ketika melihat polisi di luar rumah tetanggaku)
  • They had been working for 16 hours straight. (Mereka telah bekerja selama 16 jam berturut-turut.)
  • He had been drinking mugs of coffee to keep himself awake. (Dia telah minum cangkir kopi untuk menjaga dirinya tetap terjaga.)

 

b. Penggunaan Had Been dalam Past Perfect Tense

Past Perfect Tense digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Had been hanya digunakan dalam present perfect tense bentuk nominal atau tidak mengandung tindakan.

 

Contoh kalimat:

  • He had been a talented musician in his youth. (Dia sudah menjadi musisi berbakat di masa mudanya.)
  • It had been an exhausting day. (Hari itu melelahkan.)

 

Itu dia aturan cara penggunaan has been, have been, dan had been saat membuat kalimat bahasa Inggris. Kalau kalian baru mulai belajar bahasa Inggris, yuk gabung kelas English for Basic di Englishvit. Di kelas English for Basic, kamu akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA yang nantinya akan jadi landasan buat untuk menguasai bahasa Inggris. 

 

Selain guru yang profesional, kamu juga bakalan dapetin berbagai macam benefits seperti ebook, audio, video, daily quiz dan group konsultasi pembelajaran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat join program Daily Conversation.  

 

Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class English for Basic, kamu bisa langsung menghubungi admin di bawah ini untuk konsultasi bahasa Inggris secara GRATIS! Sampai ketemu di kelas!