Kesalahan penggunaan grammar bahasa Inggris yang sering dilakukan ada banyak macamnya. Mulai dari salah penambahan ‘e’ atau ‘es’ di kata kerja atau se-simple penggunaan tanda petik dalam kalimat bahasa Inggris masih ada yang sering salah lho.

 

Orang yang sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun pun kadang masih sering salah grammar lho saat speaking atau writing, apalagi orang yang baru belajar beberapa bulan saja. Buat kamu yang mau memperbaiki kesalahan grammar bahasa Inggris, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

Kesalahan Grammar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan

 

1. One of my friend is a painter

Kesalahan penggunaan grammar selanjutnya yaitu tentang penggunaan kata one of. One of digunakan untuk menunjukkan satu dari beberapa. Maka dari itu setelah kata one of harus diikuti oleh plural noun atau kata benda jamak. 

 

ONE OF + PLURAL NOUN

 

Selain itu, jika konstruksi one of + plural noun ini digunakan sebagai subject dari sebuah kalimat, maka one of + plural noun harus diikuti singular verb, seperti is, was, has, writes, drinks, dan lain-lain.

 

Dalam kalimat one of my friend is a painter, kalimat tersebut tidak menggunakan plural noun setelah kata one of. Jadi, konstruksi kalimat yang benar menjadi one of my friends is a painter.

 

SALAH

BENAR

One of my friend is a painter.

One of my friends is a painter.

One of my friends are a painter.

One of my friends is a painter.

 

Pengen belajar lebih lanjut tentang cara penggunaan grammar bahasa Inggris untuk praktik? Yuk, join kelas Grammar for Speaking di Englishvit! Klik DI SINI buat konsultasi GRATIS dengan admin!

 

2. Nice to meet you

Nice to meet you biasanya diucapkan saat sedang bertemu orang untuk menyapa, atau diucapkan saat berkenalan dengan orang baru. Konstruksi expression nice to meet you sebenarnya benar. Tidak ada ada yang salah dengan expression tersebut. 

 

Yang sering salah adalah waktu penggunaannya. Nice to meet you hanya diucapkan saat kamu bertemu dengan orang baru untuk pertama kalinya. Jika sebelumnya sudah pernah bertemu atau sudah akrab dengan orang yang ingin kamu sapa, jangan gunakan expression nice to meet you

 

Kamu bisa menggunakan expression nice to see you again, good to have you back, great to see you again, dan lain-lain untuk menyapa orang yang sudah pernah kamu temui.

 

Expression 

Fungsi 

Nice to meet you

Hanya diucapkan pada pada pertemuan pertama dengan seseorang

Nice to see you again

Bisa diucapkan pada pertemuan kedua, ketiga, dst, atau dengan orang yang sudah dikenal sebelumnya

 

3. I can to swim

Kesalahan penggunaan grammar kedua yang sering dilakukan oleh orang yang baru belajar bahasa Inggris adalah penggunaan modal auxiliary verb. Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa macam modal auxiliary verb, seperti will, shall, can, could, may, might, must, would, dan should

 

Jika terdapat kalimat bahasa Inggris yang menggunakan salah satu modal tersebut, maka modal harus diikuti dengan bare infinitive atau kata kerja dasar. Kata kerja tersebut tidak boleh memakai imbuhan apapun.

 

MODAL + BARE INFINITIVE

 

Kalimat I can to swim menggunakan konstruksi yang salah karena setelah modal can diikuti to infinitive dan bukannya diikuti dengan bare infinitive. Sehingga, konstruksi kalimat tersebut yang benar adalah I can swim (Aku bisa berenang).

 

SALAH

BENAR

I can to swim

I can swim

 

4. She recommended me a book

Jika kamu ingin mengatakan ‘dia merekomendasikan aku sebuah buku’ menjadi ‘she recommended me a book’, maka kalimatmu salah. Bukannya buku yang direkomendasikan tapi ‘me’ yang direkomendasikan. Kata recommend selalu diikuti dengan noun. Noun tersebut merupakan benda atau hal yang direkomendasikan. 

 

ONE OF + NOUN/PRONOUN

 

Nah, kalau kamu ingin bilang ‘dia merekomendasikan aku sebuah buku’, maka konstruksi kalimat bahasa Inggris yang benar adalah she recommended a book to me. Got it?

 

SALAH

BENAR

She recommended me a book.

She recommended a book to me

 

Konstruksi kalimat recommend + me bisa digunakan dalam konteks kalimat sebagai berikut.

  • It was kind of you to recommend me as the new chairperson. 

(Kamu baik sekali merekomendasikan aku sebagai ketua baru.)

  • The supervisor recommended me for a promotion. 

(Supervisor merekomendasikan aku untuk dipromosikan.)

 

5. Funny vs. Fun

Pasangan kata yang sering salah digunakan adalah kata funny dan fun. Kedua kata tersebut merupakan adjective atau kata sifat, tapi mempunyai arti yang berbeda. 

 

Kata funny digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang membuatmu tertawa. Sedangkan kata fun digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang menyenangkan. Jika sesuatu dianggap menyenangkan maka hal tersebut fun.

 

Contoh kalimat:

  • My funny drawings amused the kids. 

(Gambar lucu ku menghibur anak-anak.)

  • He's so funny and always makes me laugh. 

(Dia sangat lucu dan selalu membuatku tertawa.)

  • Playing basketball is great fun

(Bermain basket sangat menyenangkan.)

  • I love visiting book stores, it’s always fun

(Aku senang mengunjungi toko-toko buku, itu selalu menyenangkan.)

 

Nah, itulah daftar kesalahan grammar bahasa Inggris saat speaking yang sering dilakukan pemula yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih paham dengan penggunaan grammar saat speaking ataupun writing

 

Kalau kamu pengen belajar lebih lanjut tentang cara penggunaan grammar bahasa Inggris untuk praktik, yuk join kelas Grammar for Speaking di Englishvit!

 

Di kelas Grammar for Speaking kamu akan belajar dan memahami cara penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan. Setelah ikut kelas Grammar for Speaking, kamu dijamin bisa:

  • Tidak kesulitan memahami percakapan karena paham teori grammarnya
  • Nggak lagi diketawain orang karena salah grammar
  • Bisa ngomong cas cis cus karena nggak lagi takut membuat kalimat yang salah

 

Tertarik untuk belajar bahasa Inggris bersama di Englishvit? Langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class Grammar for Speaking. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara GRATIS terkait program dengan admin DI SINI ya! See you in one of our classes!