Cara belajar bahasa Inggris sendiri dengan cepat dan efektif untuk pemula. Skill bahasa Inggris sekarang ini sudah jadi skill persyaratan umum, entah itu saat melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, magang, saat jual beli, dan masih banyak lagi! Makin lama skill bahasa Inggris makin penting untuk dikuasai. 

 

Buat kalian para pemula yang nggak punya banyak budget untuk les bahasa Inggris, mengundang tutor, atau nggak punya waktu mengikuti jadwal di tempat kursus, kamu bisa lho belajar bahasa Inggris sendiri secara otodidak. Sudah punya kuota, internet, dan gadget kan? Cuma dengan ketiga hal itu kamu sudah punya modal buat belajar bahasa Inggris sendiri.

 

Tertarik untuk belajar bahasa Inggris sendiri? Yuk, simak cara-cara belajar bahasa Inggris sendiri secara otodidak di bawah ini, untuk meningkatkan skill dan level penguasaan bahasa Inggris-mu. Let’s get started!

 

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

 

 

Ada 4 skill bahasa Inggris yang wajib kamu latih saat belajar bahasa Inggris sendiri, supaya bisa lancar berkomunikasi pakai bahasa Inggris. Apa saja skill bahasa Inggris yang harus dipelajari?

 

1. Speaking atau skill berbicara 

2. Listening atau skill mendengarkan

3. Writing atau skill menulis

4. Reading atau skill membaca

 

Keempat skill itu seluruhnya harus kamu pelajari, supaya kamu nggak bingung saat ngobrol dan chatting pakai bahasa Inggris. Yuk, kuti cara-cara untuk meningkatkan skill bahasa Inggris-mu di bawah ini.

 

 

1. Tentukan tujuanmu belajar bahasa Inggris

Sebelum memulai untuk belajar, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan kamu belajar bahasa Inggris untuk apa. Apakah untuk persiapan mendaftar pekerjaan, TOEFL, IELTS, kuliah, tinggal di luar negeri, atau mendaftar beasiswa?

 

Tujuan ini akan mempengaruhi materi-materi pembelajaran bahasa Inggris apa saja yang harus dikuasai untuk mendukung tujuanmu. Misalnya kamu berencana belajar bahasa Inggris untuk persiapan mengikuti tes TOEFL. Vocabulary dan materi yang akan dipelajari akan berbeda saat kamu berencana belajar bahasa Inggris untuk persiapan melamar kerja. 

 

Jadi, dari awal proses belajar bahasa Inggris, tujuanmu sudah harus jelas supaya kamu bisa fokus untuk mencapai tujuan tersebut.

 

 

2. Tonton acara kartun atau animasi bahasa Inggris

Kenapa harus nonton kartun? Acara kartun dan animasi bahasa Inggris biasanya menggunakan vocabulary bahasa Inggris yang mudah dan umum digunakan sehari-hari. Karena salah satu target penontonnya adalah anak-anak. Walaupun tidak semua kartun target penontonnya anak-anak ya.

 

Kamu bisa memilih acara kartun yang memang ditargetkan untuk anak-anak, seperti acara Kipo and the Age of Wonderbeasts, Hilda, Gravity Falls, Dug Days, Ask the StoryBots, The Owl House, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mulai nonton kartun dengan subtitle bahasa Indonesia, lalu dengan subtitle bahasa Inggris, dan tanpa subtitle.  

 

Selain memperkaya vocabulary dan melatih skill listening, dari nonton kartun kamu juga bisa mempelajari skill conversation dari percakapan antar tokoh dalam acara. 

 

 

3. Bergabunglah dengan klub buku bahasa Inggris

Cari teman praktik bahasa Inggris memang gampang-gampang susah, karena nggak semua orang mau membantu orang lain untuk belajar bahasa Inggris. Jadi, kalian harus mencari sendiri komunitas yang berkomunikasi dengan bahasa Inggris, seperti book club atau klub buku.

 

Dengan ikutan book club kamu jadi punya tempat untuk praktik bahasa Inggris dengan orang-orang yang suportif dan tidak judgmental.

 

Di Indonesia, sudah ada banyak book club yang pertemuannya memakai bahasa Inggris, seperti The Mad Tea Book Club, Non-Fiction Session, Urban Women Book Club, The Diversitea Book Club, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari-cari book club lainnya lewat social media.

 

 

4. Ganti pengaturan gadget jadi bahasa Inggris

Cara ini emang simple tapi berpengaruh lho membantu kamu belajar bahasa Inggris. Saat kita berada di lingkungan yang penuh dengan penggunaan bahasa Inggris, lama-lama kita jadi akan semakin terbiasa menggunakan bahasa Inggris.

 

Selain pengaturan bahasa di HP, laptop, atau komputer, kamu juga bisa mengubah pengaturan bahasa di seluruh aplikasi yang kamu punya menjadi bahasa Inggris.

 

Dengan cara ini kamu bisa membuat lingkungan berbahasa Inggris sendiri. Dan, mau tidak mau, kita jadi terpaksa belajar bahasa Inggris agar bisa memakai fitur gadget atau aplikasi yang kita miliki. Cara ini juga ampuh untuk membantu meningkatkan penguasaan vocabulary kamu lho.

 

 

5. Bangun kebiasaan membaca teks bahasa Inggris

Untuk melatih skill reading, kamu bisa memulainya dengan membangun kebiasaan membaca teks berbahasa Inggris setiap harinya. Luangkan sedikit waktu selama 15 menit sampai 1 jam setiap harinya untuk melatih skill ini. 

 

Kamu bisa membaca artikel berita, novel, cerita pendek, post di sosial media, dan lain-lain. Yang terpenting, kamu melakukannya rutin setiap hari. Kalau kamu masih kesusahan memahami tulisan-tulisan berbahasa Inggris, kamu bisa mulai dengan membaca teks yang dibuat khusus untuk anak-anak, seperti buku anak.

 

 

6. Manfaatkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris

Sekarang ini sudah banyak aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang didownload secara gratis di HP. Belajar bahasa Inggris lewat aplikasi bisa dimanapun dan kapanpun lho. 

 

Salah satu kelebihan lainnya, kamu nggak perlu nyari-nyari materi sendiri, karena aplikasi-aplikasi ini biasanya sudah menyediakan materi secara lengkap dan runtut sesuai dengan kebutuhanmu. 

 

Buat kamu yang pengen belajar bahasa Inggris pakai aplikasi, berikut rekomendasinya.

 

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Gratis

 

 

1. Englishvit App

Englishvit juga punya aplikasi belajar bahasa Inggris gratis lho. Di Englishvit App, ada banyak program belajar bahasa Inggris gratis. Salah satu program unggulan di Englishvit App, yaitu 30-Day Learning English. 

 

Di program itu, kamu bisa belajar secara intensif selama 30 hari tanpa biaya sepeserpun. Selain itu, akan ada artikel tentang materi bahasa Inggris setiap harinya. Yuk, download Englishvit App di gadget kesayanganmu!

 

2. Cake

Rekomendasi aplikasi kedua, yaitu Cake. Cake akan cocok buat kamu yang sedang mencari aplikasi untuk meningkatkan skill speaking. Di aplikasi ini, terdapat fitur mikrofon. 

 

Jadi, penggunanya bisa berlatih speaking dengan cara mengulangi materi yang sudah  didengar. Hasil latihanmu juga akan dinilai lho. Tertarik download aplikasi Cake?

 

 

3. Wannalisn

Kalau ingin meningkatkan skill listening, kamu wajib install aplikasi Wannalisn. Fitur-fitur yang ada dalam Wannalisn dibuat khusus untuk membantu penggunanya meningkatkan skill listening.

 

Di aplikasi ini, kamu akan belajar listening lewat cuplikan film, lagu, serial TV, video-video viral dan masih banyak lagi. 

 

4. Memrise

Ingin menambah hafalan vocabulary? Cocoknya kamu menginstal aplikasi Memrise. Di aplikasi ini, terdapat list kumpulan kosakata-kosakata bahasa Inggris per kategori. Dengan satu klik saja kamu sudah bisa menghafal berbagai macam kategori kosakata bahasa Inggris. Kosakata gaul terbaru bahasa Inggris pun juga tersedia lho. 

 

Nah, itulah cara-cara belajar bahasa Inggris sendiri dengan cepat dan efektif, serta rekomendasi aplikasi pembelajarannya. Lakukan seluruh tips ini supaya skill bahasa Inggris-mu cepat meningkat.

 

Buat kalian yang pengen belajar bahasa Inggris sendiri, Englishvit punya program Learning Package yang pembelajarannya flexible, lho. Jadi, kamu bisa belajar di manapun dan kapan pun! 

 

Cuma dengan sekali bayar, kamu bisa mengakses program ini seumur hidup! Menarik kan? Klik DI SINI untuk mendaftar!

 

Kalau kamu tertarik join, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program Learning Package, kamu bisa langsung menghubungi admin di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS.