englishvit.com - Ada beberapa cara menghilangkan nervous saat speaking supaya kamu lebih pede ketika ngomong bahasa Inggris. Apa saja kira-kira? Simak artikel ini yaa.

Bagi sebagian orang, berbicara di depan orang banyak menjadi hal yang sangat sulit dilakukan.

Berbagai kesulitan seperti munculnya rasa nervous yang berlebihan, rasa takut jika perkataannya salah, tidak percaya diri, dan lain sebagainya dapat menjadi hambatan untuk tampil maksimal.

Begitu juga speaking English, rasa nervous kerap kali muncul saat kita mencoba berkomunikasi dengan bahasa Inggris walaupun tidak depan orang banyak.

Apakah hal ini yang membuat kita sulit untuk speaking English?

Beberapa alasan yang kerap menjadi keluhan yaitu takut salah dalam penggunaan tata-bahasa (grammar), pengucapan (pronunciation) yang kurang tepat, minimnya kosa-kata (vocabulary), hingga takut ditertawakan.

Tetapi, ada juga orang-orang yang tetap percaya diri berbicara bahasa Inggris meskipun hanya memiliki kosa-kata (vocabulary) yang terbatas.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan rasa takut atau nervous dan membangun rasa percaya diri kita ketika berbicara bahasa Inggris (Speaking English), walaupun kita masih memiliki banyak kekurangan:

1. Terima kenyataan bahwa kamu pasti melakukan kesalahan 

Terima aja! Kita disini sedang belajar bukan berlomba kesempurnaan.

Ketika kamu ingin belajar berbicara bahasa Inggris untuk pertama kali, kamu harus sadar bahwa kamu sedang berbicara untuk menjadi pembicara (public speaker) yang sempurna. So, membuat kesalahan adalah hal yang biasa.

Jangan takut untuk mengatakan sesuatu hal yang memang kita sadari kita masih kurang.

Maksudnya adalah meskipun kita tahu grammar kita yang belum sempurna disertai vocabulary yang terbatas, tapi langkah awal kita untuk mencoba membuka mulut untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris butuh kita apresiasi terlebih dahulu.

Di tahap ini yang terpenting adalah kamu hanya perlu untuk berani dahulu untuk speaking English tanpa memikirkan berbagai kekurangan yang kamu miliki.

2. Terus berbicara dengan bahasa Inggris sembari memperbaiki kesalahannya

Berbuat kesalahan di awal memang tidak masalah, tapi hal itu bukan berarti selamanya kamu harus berbicara dengan semau kamu.

Kamu harus melakukan evaluasi dan meng-upgrade kelasmu!

Selagi terus berlatih berbicara kamu juga harus mulai memperbaiki tata bahasa atau segala sesuatunya yang masih menjadi kendala.

Misalnya, kamu mulai memperhatikan grammar saat berbicara bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba menggunakan kalimat-kalimat yang simpel sebagai permulaan, mencoba menggunakan kosa-kata yang lain dan jangan berhenti untuk berlatih speaking.

Jika tahap ini dilakukan dengan konsisten, kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu bisa meningkat dan lama-kelamaan kamu akan bisa menggunakan bahasa-bahasa yang lebih komplek.

3. Tenggelamkan dirimu dalam lingkungan bahasa Inggris

Maksudnya bukan kamu harus nyebur ke dalam air sambil speaking English ya. Tapi, kamu bisa belajar berbicara bahasa Inggris di dukung dengan segala aktivitasmu dengan bahasa inggris.

Anggap saja kamu sedang berada di tengah-tengah negara Inggris yang tidak ada satu orang pun bisa berbicara bahasamu. Nah, lingkungan seperti ini bisa kamu ciptakan sendiri lho! Gimana caranya?

Pertama, bangunlah lingkungan pribadi mu dengan aktivitas yang selalu menggunakan bahasa Inggris, misalnya membaca buku-buku bahasa Inggris, menonton film barat tanpa subtitle, mendengar musik, radio atau podcast bahasa Inggris hingga membuat catatan harian dalam bahasa Inggris.

Nah, agar lebih efektif lagi kamu bisa membuat komunitas belajar bahasa Inggris. Jika kamu terbiasa dengan lingkungan bahasa Inggris, tentunya akan lebih mudah buat kamu memahami bahasa Inggris. Kamu juga akan lebih mudah untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

4. Carilah partner bicara / Speaking Partner 

Latihan speaking English jangan sendirian!

Kamu butuh banget teman yang bisa diajak speaking English, at least yang sepadan dengan kamu atau yang lebih baik darimu.

Kenapa? Karena belajar berbicara sendiri dengan kamu memiliki rekan diskusi akan sangat berbeda.

Jika kamu memiliki lawan bicara, maka kamu bisa lebih mengembangkan bahasa Inggris mu, selain itu kamu bisa melatih bagaimana memberi informasi, maupun menanggapi informasi. So, kamu bisa mencari partner untuk terus berlatih speaking English.

Lalu bagaimana ya menemukan partner in speaking English?

Tips sebelumnya sudah sedikit menyinggung lho! Caranya kamu gabung dengan komunitas bahasa Inggris, mengikuti kursus, mencari native English atau bule-bule yang datang ke tempat wisata. Bisa di coba kan? Tentunya.

5. Konsisten

Point terakhir yang harus menjadi perhatian lebih untuk kamu ketika kamu mau melatih bahasa Inggris agar tidak lagi muncul nervous adalah “konsisten”.

Konsisten berarti kamu harus rutin melakukan apa yang telah kamu mulai.

Misalnya, kamu sudah berniat melatih speaking English dan melakukan empat tips sebelumnya, berarti kamu harus melakukannya secara rutin hingga menjadi kebiasaan, bukan hanya sekali lalu berhenti.

Percaya atau tidak untuk belajar segala sesuatu kita harus melakukannya secara rutin/atau setidaknya konsisten dengan apa yang kamu jalani, dari situ baru kita akan mengetahui kemampuan kita dan perkembangan kemampuan kita.

Melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris memang bukan hal yang mudah, nervous yang sering muncul ketika kita akan speaking English terkadang menghambat kita.

Namun, lima tips di atas antara lain menerima kenyataan bahwa kamu pasti melakukan kesalahan, terus berbicara dengan bahasa Inggris sembari memperbaiki kesalahannya, menenggelamkan dirimu dalam lingkungan bahasa Inggris, memiliki partner bicara / Speaking Partner dan konsisten bisa menjadi langkah untuk meningkatkan kemampuan speaking English sehingga mampu mengurangi nervous kita ketika berbahasa Inggris.

Buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris lebih mudah dengan metode yang lain dari pada yang lain, langsung aja klik di bawah ini ya…

↓↓ LESSON TODAY

WWW.ENGLISHVIT.COM

Untuk belajar santai kamu bisa follow Instagram kita di :

www.instagram.com/englishvit

Belajar gratis lewat video kita di channel Youtube DISINI