Aku mau sharing nih cara memanfaatkan kegiatan sehari hari untuk meningkatkan skill bahasa Inggris dengan pengalamanku. Jadi, awalnya tuh aku cuma iri sama kakak yang pinter bahasa Inggris. Rasanya keren banget bisa jago bahasa Inggris sampai dapat beasiswa IELTS. Terus namanya juga adek ya pasti suka ngikutin kakaknya dong. Jadi, aku ikutin banyak kegiatan kakakku sehari-hari biar aku juga bisa jago berbahasa Inggris. Apa aja sih kegiatannya? 

  • Yang pertama itu simple banget, Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Kalian suka dengerin lagu bahasa Inggris? Sama, kakakku juga suka banget. Lagi ngepel dengerin lagu, lagi belajar dengerin lagu, lagi masak dengerin lagu, lagi nyuci dengerin lagu, pokoknya selalu dengerin lagu. 

Menurut kakakku, nada-nada yang ada dalam lagu bikin lebih enjoy untuk menghafal vocab, ditambah lagi kalau sering menyanyikan, bakal jadi semakin terbiasa dengan pronunciation bahasa Inggris deh. Kalau perlu pergi karaoke juga ya guys

  • Yang kedua, Main Game (pasti kamu juga suka kan):

Dulu kakakku suka banget main Harvest Moon, The Legend of Zelda sama The Sims. Kalau lagi libur, seharian dia main 3 game ini. Aku dulu sering ngambek kalau main game bareng kakakku. Soalnya aku nggak ngerti instruksi game-nya, nggak bisa bahasa Inggris. 

Kalau lagi main game, pasti ada instruksi atau jalan cerita dan sebagainya kan. Nah, tiap ada kata yang gatau, aku disuruh nyatet dan nyari sendiri artinya pakai kamus. Pertamanya sih ribet, lama-lama aku jadi hafal dan paham. Lebih enjoy deh main game-nya. Jadi sebenarnya, aku ini belajar bahasa Inggris biar bisa main game guys, haha. 

  • Yang ketiga, kakakku tuh suka banget Nonton Film Bahasa Inggris (kegiatan favorit PPKM nih):

Kata kakakku, nonton film bahasa Inggris bisa bikin kita terbiasa dengan pelafalan dan konteks percakapan bahasa Inggris. Biasanya, kakakku tuh kalau nonton film nggak cuman sekali, tapi tiga kali.

Pertama-tama, dia mulai nonton film dengan subtitle bahasa Indonesia. Yang kedua kali, dia pakai subtitle bahasa Inggris. Yang ketiga, udah nggak pakai subtitle cuy, gokil gak?

  • Yang keempat, kakakku tuh suka banget Baca Bacaan Bahasa Inggris

Kakakku tuh bacaan favoritnya kalau nggak komik ya novel berbahasa Inggris. Kalau baca webtoon pun yang berbahasa Inggris. Katanya penting banget membiasakan diri kita membaca bacaan bahasa Inggris, sekecil apapun topik yang kita baca mau gosip lah, komik lah, koran lah, biasakan membaca dalam bahasa Inggris. 

Kalau ada vocab yang sulit, kakakku bakal list dulu vocabularies yang nggak dia tahu, terus setelah cari tau artinya, di baca lagi bacaannya, biar semakin paham dan lebih mudah mengingat katanya. 

  • Terakhir, of course, praktek speaking

Ada lagi nih, dari dulu, kakakku tuh suka banget ngomong sendiri, tapi pakai bahasa Inggris. Lagi siap-siap mau berangkat kerja, tiba-tiba dia nyerocos “We will wear dress today, and we need to eat before we go” semacam itu deh pokoknya. 

Aku juga sering diajakin ngobrol pakai bahasa Inggris. Mumpung ada partner katanya. Partner bisa siapa aja, bisa adik kalian, tetangga atau sahabat kalian. Tapi kalau masih belum PD, paling nyaman sih ngomong sendiri.

Itulah tadi beberapa kegiatan yang sering kakakku lakukan untuk melatih skill bahasa Inggris. Favoritku sih main game sama daily speaking in English. Kalau kalian favoritnya yang mana nih?