Belajar bahasa inggris dari nol itu mudah untuk dilakukan, asal tau cara memulainya. Supaya kamu gak bingung, Englishvit bakalan share tips-tipsnya nih. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris meskipun kamu sudah berumur sekalipun. 

Seperti yang kamu sudah tahu, bahasa Inggris saat ini sudah secara global digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi sehari-hari maupun di lingkungan pendidikan dan bisnis. Saat kamu sudah menguasai bahasa Inggris, kamu mendapat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, menerima beasiswa, paham teknologi, dan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dari orang lain.

Penasaran gimana caranya belajar bahasa Inggris dengan mudah? Ini dia 4 cara mudah belajar bahasa Inggris dari nol yang bisa kamu lakukan.

1. Menghafal kosakata bahasa Inggris paling sering digunakan

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat kata ‘Majesty (Yang Mulia)’ saat nonton film-film dari Inggris. Tapi, apa kamu akan menggunakan kata itu dalam sebuah percakapan bahasa Inggris sehari-hari? Kemungkinan tidak ya.

Saat baru memulai belajar bahasa Inggris, cobalah mempelajari kosakata yang benar-benar akan kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mulai belajar kosakata bahasa Inggris yang digunakan untuk bertanya, minta tolong, menyapa, menunjukkan waktu, tentang makanan, transportasi dan lain-lain. Buatlah daftar kosakata dengan buku atau gadgetmu untuk melacak kosakata yang akan dan sudah kamu kuasai.

2. Pelajari aturan dasar grammar terlebih dahulu

Sebagai orang yang baru mulai belajar bahasa Inggris, kamu tidak perlu merasa terintimidasi dengan kata ‘grammar’. Tenses yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah simple present tense dan simple past tense. Jika kamu sudah menguasai simple present tense dan simple past tense kamu sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan bahasa Inggris, lho. Berikut pengertian simple present tense dan simple past tense yang wajib kamu ketahui!

Simple present tense = S+V1/V1+s/es

Simple past tense biasanya digunakan untuk menggambarkan aktivitas atau keadaan saat ini atau menjelaskan fakta dan kebiasaan.

Contoh: 

  • I don’t know where she goes. (Aku tak tahu ke mana dia (perempuan) pergi.)
  • We finish the task in the middle of the day. (Kami menyelesaikan tugas di tengah hari.)
  • She hates that kid. (Dia (perempuan) membenci anak itu.)

Simple past tense = S+V2

Simple past tense biasanya digunakan untuk membicarakan hal-hal yang terjadi di masa lampau.

Contoh:

  • I deleted his message (Aku menghapus pesannya.)
  • I saw you last night (Aku melihat kamu semalam.)
  • Arum went to Ambaruko Yesterday. (Arum pergi ke Ambarukmo kemarin.)

3. Luangkan waktu untuk membaca teks bahasa Inggris

Pernah dengar pepatah ‘Membaca adalah jembatan ilmu’? Pepatah itu juga berlaku buat kamu yang baru belajar bahasa Inggris. Ketika membaca teks dalam bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan hafalan jumlah kosakata, skill grammar, dan keterampilan menulis secara bersamaan.

Saat membaca teks bahasa Inggris, pilihlah bacaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu belum hafal banyak kosakata, kamu bisa mulai dengan membaca buku cerita anak. Buku cerita anak biasanya mempunyai isi yang lebih pendek, menggunakan kosakata dasar, dan mempunyai struktur kalimat yang sederhana.

4. Gunakkan hafalan kosakata dan grammar untuk berlatih

Gunakkan materi-materi yang sudah kamu kuasai untuk dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari seperti berbicara atau menulis. Kamu bisa mulai praktek menulis dari hal-hal kecil seperti bikin caption Instagram atau ngetweet lho! Saat praktek menulis kamu punya banyak waktu untuk memastikan bahwa tulisan yang kamu buat benar. Layanan gratis seperti Google Translate, Vocabulary.com atau Dictionary.com bisa kamu manfaatkan jika kamu masih ragu dengan pilihan kata atau susunan tulisanmu.

Untuk praktek speaking, kamu bisa latihan dengan cara mencari partner speaking. Partner speaking bisa teman atau guru. Jika kamu praktek speaking dengan orang lain, partner kamu bisa membantu mengoreksi kesalahan kamu saat speaking. Kamu juga jadi akan terbiasa ngobrol dengan bahasa Inggris dengan orang lain tanpa malu.

Nah, itu tadi 4 cara mudah belajar bahasa Inggris buat para sobat Englishvit yang baru mulai. Gampang kan cara-caranya?  

Kalau kamu masih bingung nih mau mulai belajar bahasa Inggris darimana, Englishvit punya program live class English for Basic buat kamu yang lagi mulai belajar bahasa Inggris. Di kelas English for Basic, kamu akan belajar skill dasar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA. Yuk klik di sini untuk mendaftar!