Ada banyak gaya pembelajaran yang bisa diterapkan untuk belajar bahasa Inggris. Dan tentunya setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pada artikel kali ini, EnglishVit bakal bahas 3 gaya belajar dan cara menerapkannya agar pembelajaran bahasa Inggris kalian lebih efektif.

Pada umumnya gaya belajar ada 3, auditory, visual dan kinestetik. Tapi menurut Kemendikbud, ada tambahan satu lagi nih, yaitu gaya belajar menulis dan membaca. Agar proses belajar lebih efektif, kalian harus tau nih gaya belajar yang cocok dengan pribadi kalian. Yuk, langsung aja kita bahas! 

Auditory learner 

Suka dengerin musik? Menyimak penjelasan? Diskusi?

Kalau kalian merasa kalian nyaman dengan hal-hal di atas dan maka kalian termasuk pembelajar auditori. 

Metode belajar bahasa Inggris untuk auditory learners yang bisa kalian coba, antara lainnya adalah :

  • Listening : Bisa dengerin podcast, siaran radio, atau yang ringan-ringan seperti lagu, tentunya yang berbahasa Inggris ya.
  • Having talking partner : Untuk meningkatkan skill speaking kalian, perlu banget nih kalian punya teman-teman yang bisa diajak bicara maupun diskusi bahasa Inggris. 
  • Talking to yourself : Ngomong sama diri sendiri juga bisa jadi cara belajar bahasa Inggris yang paling nyaman karena kalian nggak perlu malu dan takut salah. 
  • Record while you speaking : Kalau nggak punya partner, kalian bisa record suara kalian sendiri saat speaking supaya bisa self-evaluation. Jadi, proses belajar kalian akan lebih terukur. 
  • Read aloud : Cobalah membaca dengan suara lantang sehingga kalian dapat mendengarkan kalian sendiri. Jangan pakai suara hati ya guys, nanti dikira baca mantra.

Visual learner 

Kalian suka liat gambar, catatan warna-warni dan nonton film?

Bisa jadi, kamu adalah tipe visual learner. So, kalian bisa coba nih cara belajar berikut ini:

  • Watching : Selain gak membosankan, kegiatan satu ini sesuai banget nih dengan tipe belajar kalian.
  • Color coded : Visual learner lebih mudah belajar kalau catatannya appealing atau menarik. Kalian bisa coba mencatat materi pembelajaran bahasa Inggris kalian seperti tenses  dengan pulpen warna-warni ya. 
  • Draw : Buat gambar-gambar yang disamping keyword/vocabulary pembelajaran kalian agar lebih mudah ingat.

Kinesthetic learner 

Harus bergerak, nggak bisa diem aja, itu adalah ciri ciri kinesthetic learner. Kalau kalian termasuk kinesthetic learner kalian bisa coba metode belajar bahasa Inggris di bawah ini: 

  • Role playing : Main peran kayaknya paling tepat untuk kalian yang nggak bisa diam. Selain kalian jadi punya bakat acting, kalian bisa menambah banyak vocabularies dari peran yang kalian mainkan. 
  • Story telling : Banyak banget loh yang bisa kalian dapatkan dari belajar story telling, selain kalian melatih kepercayaan diri, gerak tubuh dan kemampuan mengingat, story telling juga bisa melatih pronunciation dan reading kalian loh. Cocok banget buat kinesthetic learner. 
  • Chewing Gum : Belajar sambil mengunyah permen karet sangat direkomendasikan buat para kinesthetic learner loh. Karena mengunyah permen karet sambil belajar bisa menjaga kalian tetap aktif. 
  • Charades : Kalian tau permainan charades? Main tebak-tebakan kata yang ada di atas kepala teman kalian itu loh. Charades cocok banget buat kinesthetic learner, dengan bermain charades kalian bisa belajar speaking dan memperluas synonym vocabulary waktu nebakin temen kalian. Kalau belum pernah main charades, segera coba ya.

Reading and writing learner

Pembelajar tipe ini memang terbiasa buat reading dan writing. Selain reading dan writing, kalian bisa lakukan beberapa hal dibawah ini biar kegiatan belajar bahasa Inggris kalian lebih bervariasi : 

  • Highlighting : Kalian bisa membaca novel atau bacaan bahasa Inggris kesukaan kalian, terus kasih garis bawah pada kata-kata yang kalian sukai atau kata-kata yang penting, agar kalian lebih mudah mengingat. 
  • Making vocabulary notes : Untuk kamu yang suka gatel kalau nggak nulis, coba deh beli buku kecil dan catat vocabulary yang kamu pelajari sehari-sehari. Mencatat nggak cuman membantumu memperbanyak hafalan vocab, tetapi juga membantumu tetap membaca dan menulis. 
  • Translating : Kalau kamu udah bosen membaca dan menulis, cobalah untuk menerjemahkan apa yang kamu baca.

Gimana? Udah tau belum kalian tipe pembelajar yang mana? Penting ya buat menyesuaikan tipe belajar dengan gaya pembelajaran kalian supaya belajar bahasa Inggrisnya semakin efektif! Kalau kalian gaya belajarnya yang mana? Jangan lupa pantengin blog EnglishVit terus ya!