Satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak listening konten berbahasa Inggris, podcast contohnya. Nah, kali ini aku bakal bagiin nih cerita salah satu temen yang berhasil upgrade skill listening-nya dengan cara dengerin podcast.

Lagi makan dengerin podcast. 

Beresin kamar dengerin podcast.

Bahkan perjalanan ke tempat kerja pun, Indah (temen aku) gak absen dengerin podcast. Bisa dibilang 4 sehat podcast sempurna kali deh saking seringnya dengerin podcast. 

Indah selalu pakai earphone kalau dengerin podcast, makanya aku nggak tau dia sering dengerin apa. Sampai akhirnya setelah aku kepoin ternyata Indah sering banget dengerin podcast bahasa Inggris. WAW!! keren juga si Indah dengerin podcast bahasa Inggris. Aku dengerin 2 menit aja langsung “OH MY GOD I CAN’T DO THIS!” 

Untungnya Indah itu pengertian, dia ngerti kalau temennya (aku) emang butuh didikan biar kemampuan listeningnya bisa meningkat. 

“Nih aku kasih tau ya, kalau mau dengerin podcast buat ningkatin kemampuan listening kamu bisa mulai dengan : 

PIlih Channel Podcast

Pertama, kamu pilih dulu channel podcast yang easy listening, pronunciation bagus dan nggak belibet, durasi waktunya juga kalau bisa yang sedikit aja jadinya kamu nggak bakal bosen dan enjoy sama isi podcastnya. Kamu bisa mulai dari dengerin Better at English kalau memang belum tau mau dengerin apa. 

Perlambat Kecepatan

Kedua, kalau kamu merasa pembicara di podcast terlalu cepat kamu bisa perlambat kecepatan dari yang semula 1x jadi 0,8x atau 0,5x. Aku sering banget nih begini. Ngebantu soalnya.

Melafalkan Kata

Ketiga, coba untuk mengulang kata-kata yang kamu dengar dari podcast. Jangan semua kata ya, bisa dua atau tiga kata yang kamu dengar dengan jelas dan pengen coba kamu lafalin. Ini kebiasaan aku aja sih, tapi kalau kamu mau coba juga bagus karena membantu buat ngebayangin tulisan dari kata itu.

Jadikan Kebiasaan

Dan yang terakhir, jadiin hal-hal di atas sebagai kebiasaan. Kalau kamu cuman praktekin sekali doang ya sama aja bohong. Pokoknya banyakin praktek! banyakin denger biar kupingnya juga terbiasa.”

Besoknya aku langsung coba tips yang indah kasih, and you know? It works!! Nggak abal-abal emang tips yang dikasih Indah. Dari yang biasanya dengerin podcast 2 menit udah engap dengan cara itu aku bisa bertahan 15 menit. Bangga sekali aku dengan diriku! Ini sih alamat dapet nilai sempurna di Listening Section pas TOEFL. 

Aku berharap sih cara ini bisa kamu coba ya atau kalau kamu emang udah coba tapi 

doesn’t work for you, tell me! I’ll find another tips

 yang (barangkali) cocok buat kamu. Dan buat kamu yang berhasil pakai cara ini buat ningkatin kemampuan listening, coba ceritain versi kamu di kolom komentar. 

I swear I'll read your story!