Kamu pernah cari tahu ngga gimana caranya biar skill Bahasa Inggris bisa meningkat dan berkembang dengan baca novel, atau mungkin kalian udah tau caranya gimana? Nah buat kali ini aku bakal cerita sedikit tentang cara menemukan hal baru terkhususnya vocab dengan novel Bahasa Inggris. 

Kamu tau kan Maudy Ayunda, salah satu Artis sekaligus penyanyi Indonesia yang juga terkenal dengan hobi belajarnya. Suatu hari aku pernah liat dia bagi-bagi rekomendasi buku yang dia baca. Dia bilang kalau buku itu punya cerita yang menarik dan pesan moral yang bagus. Sayangnya buku itu berbahasa Inggris dan bikin ragu buat baca. Namun ternyata keinginanku untuk membaca buku itu lebih besar daripada ketakutanku terhadap Bahasa Inggris, jadilah keesokan harinya aku beli buku dan membacanya. 

Baca novel memang hobiku tapi baca novel Bahasa Inggris? Huh! Aku membutuhkan tenaga yang sangat extra dan tentu saja akan berbeda dengan membaca novel Bahasa Indonesia. Memakan waktu yang banyak memang untuk membaca novel ini apalagi aku mempunyai ketebatasan dengan Bahasa Inggris. Tapi...tapi...tapi….setiap kemauan selalu ada jalan. Yupp! Pada akhirnya aku berhasil menyelesaikan novel itu dan tentu saja paham dengan apa yang dimaksud dari novel tersebut. 

Seperti yang sudah kukatakan membaca novel bahasa inggris sangat tidak mudah tapi, tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Entah ini kebetulan atau memang sudah takdir, aku memiliki teman yang mempunyai tips mempermudah membaca novel bahasa inggris. Sebut saja dia Zula yang sangat baik karena bersedia memberikan tips untukku. Seperti inilah kira-kira beberapa tips nya: 

  • Menandai Vocab Asing dan Mencari tahu Artinya

Tips pertama yang Zula berikan adalah tandai vocab dan cari artinya di kamus ataupun google. Tapi Zula juga menyarankan kalau alangkah lebih baiknya untuk jangan pakai google translate, dia lebih menyarankan jika aku mencari tahu arti dengan “eat meaning” atau “eats means” karena arti yang mucul bakal lebih rinci.

  • Tulis Vocab 

Zula juga menyarankanku untuk menulis arti dari vocab yang tidak ku ketahui, ini berguna ketika aku lupa akan dengan mudah menemukan dan tidak repot untuk buka kamus atau googling. 

  • Baca Sedikit-sedikit

Karena aku bercerita kepada Zula betapa melelahkannya membaca novel Bahasa Inggris, Zula memintaku untuk membaca sedikit demi sedikit. Bisa setengah halaman perhari ataupun 1 halaman, yang terpenting paham dan mengerti dari novel tersebut. 

  • Baca Ulang 

Dan tips terakhir yang Zula berikan adalah harus lebih sering untuk membaca ulang halaman yang sebelumnya dibaca. Itu berguna untuk mengingat vocab maupun cerita yang sebelumnya. 

Kamu harus tau betapa aku sangat senang bisa memahami novel bahasa inggris pertamaku. Dan hal yang pertama ku lakukan adalah berterima kasih kepada Zula karena sudah memberikan tips yang sangat bermanfaat dan berhasil membawaku satu titik lebih pintar bahasa inggris dari pada sebelumnya. Untuk kamu yang sedang mencoba membaca novel bahasa inggris tips diatas boleh banget untuk dicoba. Oiya tips di atas mungkin bisa diaplikasikan untuk kamu yang setidaknya sudah memiliki skill bahasa inggris ya. Buat kamu yang sama sekali belum bisa bahasa inggris dan butuh tips untuk menambah skill Bahasa Inggris let me know and I will tell you later. Dan buat yang pengen baca novel Bahasa Inggris tapi bingung mau baca apa, Rekomendasi Novel Bahasa Inggris bisa kamu baca disini.